10 Macam Makanan Favorit Bulus atau Labi-labi

Bulus atau labi-labi termasuk salah satu jenis dari kura-kura. Bulus merupakan kura-kura yang memiliki tempurung lunak (soft-shell turtle). Berbeda dengan kura-kura brazil maupun aldabra, tempurung bulus ini lunak sekali. Kurang lebih tekstur tempurungnya mirip seperti tulang yang masih muda. Inilah salah satu keunikan labi-labi dibandingkan dengan kura-kura lainnya. Anda harus mencoba memeliharanya untuk melengkapi koleksi kura-kura di rumah.

Proses merawat labi-labi terbilang cukup mudah. Apalagi kalau Anda memelihara spesies labi-labi asli Indonesia. Contohnya seperti labi-labi bintang (Chitra chitra), labi-labi hutan (Dogania subplana), labi-labi raksasa cantor (Peochelys cantori), labi-labi moncong babi (Carettochelys insculpta), labi-labi raksasa papua nugini (Pelochelys bibroni), dan labi-labi papua nugini utara (Pelochelys signifera). Anda pasti tidak akan mengalami kesulitan saat memeliharanya. Namun pastikan labi-labi yang Anda pelihara didapatkan secara legal.

Dalam merawat bulus atau labi-labi, tentunya Anda harus memberinya makanan. Kira-kira apa makanan yang disukai oleh kura-kura jenis ini. Ternyata labi-labi mempunyai kecenderungan sebagai binatang karnivora. Artinya kura-kura ini lebih suka memakan daging daripada sayuran atau buah. Kami sarankan berikan daging yang segar dan matang kepada labi-labi. Sebaliknya Anda harus menghindari pemberian daging mentah, daging olahan, atau daging yang sudah terlalu lama disimpan.

makanan-labi-labi.jpg

Berikut ini macam-macam bahan makanan yang kami rekomendasikan untuk diberikan kepada labi-labi yang Anda pelihara!

IKAN

Bagi Anda yang baru saja membeli labi-labi, tak usah bingung mau memberinya makanan apa. Sebab labi-labi doyan sekali mengonsumsi daging ikan. Anda dapat memberikan daging ikan yang telah direbus kepadanya. Sesekali Anda juga bisa memasukkan pakan berupa ikan hidup ke dalam kolam agar labi-labi menangkap mangsanya sendiri. Dia pasti akan menyukainya. Tentu saja ukuran ikan yang dimasukkan perlu disesuaikan dengan postur labi-labi Anda. Anda bisa memberikan daging ikan murahan sampai ikan yang harganya mahal.

UDANG

Udang merupakan makanan favorit bagi semua kura-kura air. Tak terkecuali bagi labi-labi yang memang sangat suka memakan udang. Udang mempunyai aroma amis yang kuat dengan rasa gurih yang sudah tak terbantahkan lagi. Sebelum diberikan ke labi-labi, udang ini hendaknya dibersihkan terlebih dahulu. Anda bisa membuang bagian kepala dan ekornya, lalu mengupas kulitnya. Jadi hanya daging udang saja yang kita berikan sehingga lebih aman bagi kura-kura.

CACING BEKU

Di pasaran, kini telah tersedia produk makanan ikan dan kura-kura yang dapat disimpan dalam jangka waktu relatif lama. Salah satunya yaitu cacing beku (tubifex worm). Cacing ini sudah dikeringkan dengan sangat baik sehingga bisa menjadi makanan cadangan untuk kebutuhan sewaktu-waktu. Anda bisa memakai bahan makanan yang satu ini sebagai pakan selingan bagi labi-labi. Tentu saja labi-labi Anda pasti sangat menyukainya.

CACING SUTERA

Untuk bulus atau labi-labi yang masih bayi, Anda membutuhkan pakan yang ukurannya kecil sehingga labi-labi tersebut bisa memakannya. Maklum saja ukuran mulut bayi bulus tersebut cukup kecil sehingga perlu makanan yang berukuran kecil. Anda bisa mencoba memberikan cacing sutera kepadanya. Selain membelinya di toko ikan hias, cacing sutera ini biasanya banyak terdapat di selokan air. Anda bisa mendapatkannya secara gratis di sini.

JANGKRIK

Ternyata labi-labi juga sangat menyukai jangkrik loh. Bahkan jangkrik ini menjadi salah satu makanan favorit bagi beberapa spesies kura-kura seperti kura-kura ambon dan kura-kura brazil. Sebelum memberikannya ke labi-labi, kami sarankan buanglah kaki belakang jangkrik terlebih dahulu agar tidak melukai mulut labi-labi. Berikan jangkrik ini satu per satu. Barulah setelah jangkrik sebelumnya dimakan habis, Anda bisa memberikannya lagi.

ULAT HONGKONG

Anda juga bisa memberikan ulat hongkong kepada labi-labi. Namun pakan ini hanya boleh diberikan sesekali saja, maksimal 3 kali seminggu. Hal ini karena dagingnya yang bersifat panas sehingga sebenarnya kurang bagus untuk pakan kura-kura. Tetapi  untuk makanan selingan, mencegah labi-labi merasa bosan, dan menambah nafsu makannya, maka Anda bisa memakai ulat hongkong sebagai makanan selingan.

CUMI-CUMI

Labi-labi ternyata sangat menyukai daging cumi-cumi loh. Apalagi jika Anda membersihkannya dulu, merebusnya hingga matang, lalu memotong daging cumi-cumi ini menjadi ukuran yang kecil. Rata-rata bulus dan kura-kura jenis lainnya sangat menyukai daging cumi-cumi. Namun sekali lagi, Anda sebaiknya hanya menggunakannya sebagai pakan selingan saja. Karena meski labi-labi suka dengan cumi-cumi, tetapi dia akan mudah bosan dengan daging ini.

KEONG SAWAH

Kalau rumah Anda dekat dengan area persawahan, Anda bisa mencari makanan kura-kura di sawah secara gratis. Pakan yang kami maksud yaitu keong sawah. Keong merupakan makanan alami bagi kura-kura. Di habitat aslinya, kura-kura termasuk bulus memakan keong sawah ini. Anda pun bisa memberikan keong sawah kepada labi-labi yang Anda pelihara. Sebaiknya keong tersebut direbus dahulu, kemudian dagingnya dipotong kecil-kecil.

DAGING AYAM

Bahan makanan lain yang disukai oleh labi-labi yaitu daging ayam. Jika Anda ingin labi-labi yang dipelihara cepat besar, Anda bisa rutin memberikan daging ayam. Hindari memberikan daging ayam yang masih mentah kepada labi-labi. Karena daging ayam mentah tersebut biasanya mengandung bakteri yang berbahaya bagi kesehatan hewan peliharaan Anda. Sebaiknya Anda merebus daging ayam ini terlebih dahulu. Hindari pula memberikan daging ayam yang digoreng..

TELUR REBUS

Apakah Anda mau kura-kura peliharaan di rumah cepat tumbuh besar? Kalau iya, Anda bisa memberikan pakan yang banyak mengandung protein. Salah satunya yaitu telur ayam. Telur ayam yang direbus sampai matang merupakan contoh makanan yang bagus untuk labi-labi. Telur rebus ini mempunya kandungan protein yang sangat tinggi. Tidak hanya bagian putih telurnya saja, Anda juga bisa memberikan kuning telur tersebut.