10 Makanan Terbaik Monbi, Si Labi-labi Moncong Babi dari Papua

Kura-kura moncong babi (Carettochelys insculpta) adalah labi-labi yang berasal dari Indonesia, tepatnya Pulau Papua. Labi-labi ini begitu unik karena mempunyai penampilan yang mirip seperti penyu. Itulah sebabnya, kura-kura ini dikenal pula dengan sebutan penyu air tawar. Tapi sayangnya nih populasi labi-labi monbi saat ini sudah semakin langka sehingga statusnya pun dilindungi. Jadi Anda tidak boleh memelihara labi-labi monbi ini dengan bebas. Anda harus mempunyai izin terlebih dahulu.

Soal makanannya, labi-labi monbi ini tak terlalu rewel kok. Ada cukup banyak bahan makanan yang bisa Anda berikan ke kura-kura tempurung lunak ini. Makanan kura-kura monbi tidak jauh berbeda dengan labi-labi yang lainnya. Karena memang labi-labi monbi merupakan kura-kura karnivora yang hanya mau memakan daging-dagingan saja. Anda bisa memberikan ikan, daging, ulat, sampai cacing. Namun untuk lebih lengkapnya, kami akan mencoba memberikan penjelasan secara mendalam tentang pakan ini.

Di bawah ini merupakan daftar makanan yang disukai oleh labi-labi moncong babi. Bagi Anda yang telah berhasil memiliki labi-labi monbi secara legal, silakan Anda bisa memberikan makanan berikut ini secara variatif supaya nafsu makannya tetap terjaga.

IKAN-IKANAN

Bahan makanan utama untuk labi-labi moncong babi tentu saja adalah ikan. Pada dasarnya, semua jenis ikan konsumsi alias ikan yang tidak beracun bisa Anda berikan kepada si labi-labi ini, baik ikan air tawar maupun ikan air laut. Ikan ini mengandung protein yang sangat tinggi sehingga sanggup mempercepat pertumbuhan labi-labi. Anda bisa memberikan ikan kecil yang masih hidup supaya labi-labi monbi dapat memburunya. Anda juga boleh memberikan daging ikan rebus atau kukus kepadanya.

DAGING & JEROAN AYAM

Jenis pakan selanjutnya yang dapat Anda berikan kepada labi-labi moncong babi yaitu daging ayam serta jeroannya. Jeroan ayam yang kami maksud meliputi hati, ampela, jantung, dan usus. Kadar protein yang tinggi di dalam daging dan jeroan ayam ini bagus sekali untuk mendukung pertumbuhan labi-labi monbi. Anda bisa memberikan daging/jeroan yang telah direbus atau dikukus terlebih dahulu. Hindarilah bahan makanan yang digoreng sebab bisa mencemari air serta menyebabkan labi-labi mengalami overweight.

DAGING-DAGINGAN LAINNYA

Daging-dagingan lainnya yang kami maksud di sini adalah daging selain daging ayam tanpa terkecuali. Pada kenyataannya labi-labi monbi memang mau memakan jenis daging-dagingan apapun. Di antaranya yaitu bebek, mentok, puyuh, merpati, sapi, kerbau, kambing, sampai unta. Sama seperti daging ayam, kami lebih merekomendasikan daging yang dikukus atau direbus terlebih dahulu, serta hindari daging yang digoreng. Anda bisa menyuwir daging tersebut agar si monbi lebih mudah memakannya.

TELUR-TELURAN

Semua jenis kura-kura air juga sangat suka memakan telur, apalagi bagian yang kuning. Telur ini dapat Anda rebus terlebih dahulu, jangan digoreng ya. Adapun telur-teluran yang kami maksud di sini meliputi telur ayam, telur bebek, telur puyuh, telur angsa, dan telur-telur dari binatang unggas lainnya. Anda bisa memberikan telur ini sedikit demi sedikit, khususnya untuk bagian kuning telur karena mudah pecah di dalam air. Rutin memberikan telur akan membuat labi-labi Anda cepat tumbuh besar.

UDANG-UDANGAN

Bagi Anda yang menginginkan warna kura-kura Anda menjadi lebih cerah, kami sarankan untuk memberi udang sebagai pakan utamanya. Sebab daging udang begitu kaya akan kandungan zat karoten yang telah terbukti dapat mencerahkan warna tempurung kura-kura dan labi-labi. Jenis udang-udangan yang kami maksud di antaranya udang air tawar, udang galah, udang tambak, udang air laut, udang mantis, sampai lobster serta kepiting. Anda harus membuang kepala dan kulitnya terlebih dahulu, berikan hanya daging udang saja.

JANGKRIK & BELALANG

Udang memang merupakan makanan yang sempurna untuk kura-kura seperti monbi. Faktanya monbi sangat menyukai udang ini serta gizi udang sangat baik untuk mendukung pertumbuhan monbi. Tetapi harga udang di pasaran terbilang cukup mahal. Jika Anda merasa tidak kuat kalau harus rutin memberi udang ke labi-labi, kami berikan alternatifnya yaitu jangkrik atau belalang. Kedua serangga ini juga cocok banget diberikan kepada labi-labi moncong babi.

CUMI-CUMI, GURITA, SOTONG

Bagi Anda penggemar seafood (makanan laut), jangan terlalu pelit ya. Kalau Anda kebetulan sedang menikmati hidangan seafood seperti cumi-cumi, gurita, atau sotong, maka Anda bisa memberikannya ke labi-labi monbi tersebut. Dia pasti akan sangat menyukainya. Anda dapat merebus atau mengukus cumi-cumi, gurita, atau sotong tadi terlebih dahulu. Kemudian potong kecil-kecil ya supaya monbi Anda lebih gampang memakannya. Dijamin deh dia pasti akan suka.

ULAT HONGKONG

Kalau sekarang bagi Anda yang pelihara burung pastinya Anda memiliki stock ulat hongkong yang cukup banyak di rumah, kan? Karena memang ulat hongkong ini banyak mengandung protein yang membuat suara kicauan burung semakin nyaring. Kabar baiknya nih Anda juga boleh memberikan ulat hongkong tersebut kepada labi-labi. Tetapi dengan aturan cukup memberikannya sesekali sebagai pakan selingan saja ya. Berikan satu per satu sampai labi-labi Anda merasa kenyang.

CACING-CACINGAN

Selanjutnya Anda bisa memberikan segala macam cacing kepada labi-labi moncong babi, tentunya Anda pilih cacing yang aman. Contohnya yaitu cacing tanah, cacing darah, dan cacing sutera. Kami sarankan untuk mencuci cacing tersebut terlebih dahulu sampai benar-benar bersih sebelum diberikan ke labi-labi ya. Mengapa? Sebab habitat alami cacing yang berada di lingkungan yang jorok membuat kuman dan bakteri kerap melekat di tubuhnya. Berikan cacing ini satu per satu ke si monbi.

PELET

Dan pakan terakhir yang bisa Anda berikan kepada kura-kura moncong babi ialah pelet. Kami sengaja menyebutkan pelet di daftar yang terakhir karena memang secara alami labi-labi ini tak memakan pelet. Begitu pula saat berada di perawatan kita, labi-labi tidak serta merta mau memakan pelet. Anda perlu melatihnya terlebih dahulu supaya labi-labi monbi mau memakan pelet. Di sini Anda dapat memberikan pelet khusus untuk kura-kura air ataupun pelet untuk ikan.