10 Tips Membeli Kura-kura untuk Pemula yang Baru Pertama Kali

Kalau Anda mau memiliki binatang peliharaan yang unik, cobalah pelihara kura-kura. Yap, kura-kura memang bisa kita pelihara. Bahkan kalau sudah akrab dan sangat jinak, kura-kura ini pun dapat dilatih loh. Hobi memelihara kura-kura di Indonesia memang masih jarang dilakukan. Penyebabnya mungkin karena kekurangtahuan masyarakat dalam merawat kura-kura. Sehingga tak sedikit masyarakat yang tidak berani memiliki kura-kura karena takut dan khawatir tidak bisa merawatnya dengan benar.

Oleh karena itu, Kuranesia terus berusaha berbagai pengetahuan dan pengalaman seputar kura-kura serta tata cara dalam memeliharanya. Mungkin kali ini Anda sudah merasa tertarik untuk mempunyai kura-kura sendiri? Kini waktunya bagi Anda untuk membeli kura-kura yang Anda inginkan. Biasanya sih kura-kura ini dijual di toko hewan peliharaan atau toko ikan hias. Kadang-kadang di pusat perbelanjaan juga diadakan pameran dan penjualan kura-kura pada momen-momen tertentu.

tips-membeli-kura-kura.jpg

Bagi Anda yang hendak membeli kura-kura, Anda bisa mengikuti kiat-kiat di bawah ini!

  1. Tentukan Jenis Kura-kura yang Mau Dibeli

Kura-kura itu tidak cuma berwarna hijau saja layaknya tokoh animasi Kura-kura Ninja loh. Ada pula kura-kura yang warnanya hitam, cokelat, kuning, merah jingga, hingga putih. Selain itu, Anda juga harus mengetahui kalau tidak semua kura-kura bisa bertahan hidup di darat dan air. Ada kura-kura yang hanya mampu hidup di darat, ada kura-kura yang hanya bisa hidup di air, dan ada pula kura-kura semi-aquatic. Anda harus menentukan jenis kura-kura yang akan dibeli.

  1. Belilah di Peternak Kura-kura Langsung

Kenyataannya memang sudah banyak orang Indonesia yang berprofesi sebagai peternak kura-kura. Bukan cuma kura-kura asli Indonesia saja yang berhasil dibudidayakan, tetapi beberapa spesies kura-kura impor dari luar negeri pun sukses diternakkan di sini. Sebaiknya sih Anda membeli kura-kura langsung di peternaknya. Selain akan mendapatkan harga yang lebih miring, kura-kura hasil ternakan ini juga sudah terbukti mampu beradaptasi degan baik dengan kondisi iklim di Indonesia. Sehingga Anda bisa merawatnya lebih mudah.

  1. Jangan Beli Kura-kura Tangkapan Liar

Berdasarkan asal usulnya, kura-kura yang dijual ada 2 macam yaitu kura-kura hasil ternakan dan kura-kura hasil dari tangkapan liar. Kami selalu menyarankan untuk membeli kura-kura hasil dari tenakan. Sedangkan untuk kura-kura hasil dari tangkapan liar sebaiknya jangan pernah Anda beli. Mengapa? Sebab kura-kura tersebut sangat sulit dipelihara karena sudah terbiasa hidup secara bebas. Jika Anda gagal membuatnya merasa nyaman, kura-kura tersebut akan menjadi stres, tidak mau makan, dan akhirnya mati.

membeli-kura-kura.jpg

  1. Beli Kura-kura yang Sudah Besar

Bagi Anda yang baru pertama kali memelihara kura-kura sebaiknya belilah kura-kura yang sudah besar. Walaupun harganya lebih mahal, tetapi kura-kura tersebut lebih gampang dirawat. Kura-kura yang usianya sudah dewasa juga memiliki daya tahan yang lebih baik sehingga tidak mudah mengalami stres. Sementara untuk kura-kura yang masih anakan umumnya cukup susah dirawat terutama untuk membuatnya mau memakan pakan yang kita berikan. Meskipun harganya lebih murah, tetapi kalau akhirnya kura-kura ini mati, Anda pasti rugi kan?

  1. Pastikan Kura-kura dalam Keadaan Sehat

Biasakan untuk selalu membeli kura-kura yang sehat. Sebab kenyataannya kura-kura yang sakit itu sulit diobati loh. Apalagi kalau kura-kura tersebut terserang pilek, maka butuh kemampuan dan pengalaman yang mumpuni untuk merawatnya agar sembuh lagi. Anda dapat memeriksa kondisi tubuh kura-kura ini secara seksama. Anda patut curiga apabila ada sesuatu yang aneh dan tidak normal pada kura-kura tersebut baik secara fisik maupun perilakunya.

  1. Pilihlah Kura-kura yang Paling Lincah

Kura-kura yang mempunyai pergerakan yang lincah menandakan kalau kondisinya bugar. Kura-kura yang fit selalu aktif bergerak dengan stabil. Namun kalau gerakannya tidak berarturan dan nampak seperti sempoyongan, hal ini menandakan kura-kura sedang terserang penyakit yang cukup bergerak. Ketika memilih kura-kura, pilihlah kura-kura yang paling lincah dibandingkan dengan teman-temannya.

trik-membeli-kura-kura.jpg

  1. Tubuh Kura-kura Sebaiknya Normal

Normal tidaknya tubuh kura-kura yang dibeli sebenarnya dapat disesuaikan lagi dengan minat Anda pribadi. Sebab sejumlah penghobi kura-kura memang memiliki ketertarikan yang begitu tinggi terhadap kura-kura yang tubuhnya tidak normal alias mempunyai suatu kecacatan. Tapi kalau Anda lebih suka kura-kura yang normal, maka Anda harus memeriksa dengan baik tubuh kura-kura yang hendak dibeli. Biasanya bagian ekor yang paling sering mengalami cacat. Ekor ini terputus akibat digigit oleh kura-kura yang lainnya.

  1. Nafsu Makan Kura-kura Begitu Tinggi

Salah satu ciri-ciri kura-kura yang sehat yaitu mempunyai nafsu makan yang tinggi. Semakin tinggi nafsu makan kura-kura tersebut, maka Anda semakin harus memilihnya. Kura-kura yang mempunyai nafsu makan tinggi ini biasanya mampu tubuh besar dalam waktu yang lebih cepat daripada teman-temannya. Di lain sisi, Anda sebaiknya tidak memilih kura-kura yang nafsu makannya rendah atau bahkan tidak mau makan sama sekali. Kenyataannya cukup susah loh menjaga nafsu makan kura-kura.

  1. Curiga Terhadap Tempurung Bernoda

Daya tarik kura-kura yang paling utama terletak pada tempurungnya. Tempurung ini begitu unik dan menarik karena hanya kura-kura saja yang memilikinya. Oleh karena itu, Anda mesti mengecek dengan teliti kondisi tempurung kura-kura yang hendak dibeli. Tempurung yang bagus ini memiliki permukaan yang mulus, warnanya cerah, bentuknya utuh, dan tidak ada luka. Anda wajib curiga apabila ada noda membandel di tempurung kura-kura karena bisa jadi noda tersebut sebenarnya merupakan jamur.

  1. Apakah Benar Anda Mampu Merawatnya?

Sekali lagi kami ingatkan bahwa kura-kura merupakan makhluk hidup. Membelinya berarti Anda harus mau dan mampu merawatnya dengan sebaik-baiknya. Setiap spesies kura-kura memiliki karakteristik yang unik dan pola perawatan yang berbeda-beda. Pastikan bahwa kura-kura yang Anda beli nantinya bisa Anda rawat dengan baik. Khusus untuk pemula, kami sarankan belilah kura-kura yang mudah dipelihara seperti kura-kura brazil, kura-kura dada merah, dan kura-kura emys.