11 Makanan Kura-kura Brazil, Rekomendasi Tepat untuk Pertumbuhannya

Kura-kura brazil merupakan jenis kura-kura yang paling banyak dipelihara oleh para penghobi. Mulai dari penghobi kura-kura amatir sampai penghobi yang sudah mempunyai banyak kura-kura pun memilikinya. Alasannya sebab kura-kura brazil memiliki harga yang terjangkau. Biasanya bayi kura-kura brazil ini dijual dengan harga sekitar Rp 20-50 ribu. Tapi jangan anggap kura-kura brazil ini murahan ya. Sebab ada pula kura-kura brazil yang harganya mahal sekali yaitu kura-kura brazil jenis albino atau pink albino. Harganya bisa mencapai lebih dari Rp 10 juta/ekor untuk yang masih baby.

Kura-kura brazil disebut pula RES (Red Eared Slider) turtle karena area telinganya yang berwarna merah. Ini merupakan kura-kura yang cukup mudah untuk dipelihara. Anda hampir tak membutuhkan peralatan khusus untuk memelihara kura-kura brazil ini. Begitu pula soal makanannya, RES tidak terlalu rewel soal makanan. Sebagai binatang yang berjenis omnivora, kura-kura RES mau mengonsumsi sayur-mayur dan daging-dagingan. Hal ini tentu akan mempermudah Anda dalam merawat kura-kura brazil tersebut. Nah, Anda bisa mencoba membelinya di www.kuranesia.com dengan harga terjangkau.

Berikut ini makanan-makanan yang kami sarankan untuk diberikan kepada kura-kura brazil. Disarankan untuk memberikan makanan yang bervariasi agar nafsu makannya senantiasa terjaga dengan baik.

UDANG

Kura-kura RES sangat menyukai udang. Bahkan karena saking senangnya dia dengan udang, kura-kura ini biasanya akan melakukan mogok makan apabila Anda mengganti pakannya dengan yang lain, khususnya jika sebelumnya kura-kura tersebut selalu mengonsumsi udang. Udang ini mempunyai aroma amis yang sangat kuat dan rasanya pun benar-benar lezat. Mengingat harganya yang cukup mahal, Anda sebaiknya menggunakan udang sebagai makanan selingan RES atau memancing nafsu makannya agar kembali.

BUAH PEPAYA

Buah pepaya yang telah masak memiliki rasa manis yang begitu nikmat. Teksturnya pun lembut sehingga mudah digigit. Maka tidak heran jika kura-kura brazil menyukai buah pepaya. Biasanya RES akan begitu lahap saat memakan buah pepaya. Silakan Anda bisa memakai buah pepaya sebagai makanan RES yang Anda miliki. Berikan buah pepaya ini sedikit demi sedikit supaya kesegarannya tetap terjaga. Sebaliknya, jika Anda langsung memberikannya banyak sekaligus, kura-kura ini nampak kurang tertarik.

BUAH MANGGA

Kura-kura brazil juga menyukai buah mangga yang sudah matang sempurna loh. Tidak berbeda jauh dari buah pepaya, buah mangga ini juga mempunyai tekstur yang lembut dan terasa manis ketika kondisinya telah matang. Anda bisa memotong buah mangga tersebut menjadi potongan yang kecil terlebih dahulu sebelum diberikan kepada RES. Berikanlah sedikit demi sedikit. Kura-kura brazil Anda pasti bakal sangat menyukainya. Pilihlah jenis mangga yang mempunyai rasa sangat manis tanpa ada rasa masamnya.

BUAH PISANG

Selain buah pepaya serta buah mangga, kenyataannya kura-kura brazil juga sangat doyan dengan buah pisang. Kura-kura RES bakalan menghabiskan buah pisang yang Anda berikan dalam waktu yang singkat. Kura-kura brazil akan begitu menikmati buah pisang yang rasanya manis juga lembut ini. Sekali lagi kami sarankan, Anda tidak boleh memberikannya dalam jumlah yang banyak sekaligus sebab kura-kura justru tak akan merasa tertarik. Berikan saja buah pisang ini sedikit demi sedikit secara bertahap.

IKAN

Salah satu makanan alami kura-kura brazil di habitatnya adalah ikan. RES akan memburu ikan-ikan kecil yang dilihatnya secara cepat, lalu memakannya sampai habis tak tersisa. Maka dari itu, Anda tidak boleh mencampurkan kura-kura dengan ikan peliharaan. Anda bisa memakai ikan sebagai makanan selingan si kura-kura. Saran kami berikan saja ikan yang masih hidup agar kura-kura Anda bisa melatih kemampuan berburunya. Tetapi sehari-hari Anda boleh memberikan daging ikan segar, rebus, atau kukus kok.

CUMI-CUMI

Cumi-cumi, sotong, dan gurita juga sangat disukai kura-kura brazil. Karena mempunyai aroma amis yang sangat kuat dan rasanya pun lezat, maka RES tidak malu-malu lagi memakan daging cumi-cumi, sotong, atau gurita ini sampai habis dengan cepat. Sebaiknya Anda merebus cumi-cumi tersebut supaya tekstur dagingnya menjadi lebih empuk. Kemudian berikan potongan daging cumi-cumi ini sedikit demi sedikit. Tak perlu memberikan cumi-cumi setiap hari kok, Anda bisa memakainya sebagai pakan selingan.

DAGING

Kura-kura brazil juga mau memakan daging ayam dan daging sapi. Daging yang hendak diberikan kepada kura-kura wajib direbus terlebih dulu sebelumnya untuk mematikan kuman dan bakteri yang terkandung di dalamnya. Potonglah daging ini dengan ukuran yang kecil sehingga kura-kura Anda tak akan kesulitan dalam memakannya. Anda dapat memberikan daging ayam dan daging sapi ini sebagai makanan utama agar kura-kura tersebut cepat tumbuh besar. Sebab daging mengandung banyak protein.

SAWI PUTIH

Sebenarnya kura-kura brazil tidak terlalu menyukai sayuran. Namun bila Anda melatihnya sejak kecil, dia akan lahap memakannya. Kami merekomendasikan sawi putih untuk diberikan kepada kura-kura. Untuk melatih kura-kura brazil memakan sayur ini, caranya ialah Anda perlu mencampurkan sayuran tersebut dengan udang cincang terlebih dahulu. Kemudian berikan sawi putih ini sedikit demi sedikit. Tanpa sadar kura-kura tersebut akan memakannya. Akhirnya dia pun akan suka memakan sayuran.

PELET

Kura-kura brazil sebenarnya tidak pilah-pilih soal makanan. Bahkan kalau tak ingin repot, Anda pun bisa menggunakan pelet yang biasa dipakai untuk ikan sebagai makanan utama bagi kura-kura ini. Ada begitu banyak produk pelet yang kini tersedia di pasaran. Anda bisa memilih mana produk pelet yang memiliki kualitas yang terbaik. Usahakan pilihlah pelet yang mengandung nutrisi lengkap sehingga kebutuhan gizi kura-kura tersebut tetap terpenuhi dengan baik sehingga kesehatannya akan terjaga.

CICAK

Percaya atau tidak, kura-kura brazil ternyata sangat menyukai daging cicak loh. Baik cicak tersebut masih dalam kondisi hidup ataupun mati, kura-kura ini bakal melahapnya secepat kilat. Silakan Anda tentu bisa menggunakan daging cicak tersebut sebagai makanan alternatif bagi kura-kura RES ini. Cobalah tangkap cicak yang berkeliaran di dinding rumah Anda. Setelah berhasil tertangkap, masukkan langsung ke kolam kura-kura. Niscaya kura-kura brazil pun akan langsung berebut untuk memakannya.

LALAT

Makanan lain yang nyeleneh namun kura-kura RES ternyata sangat menyukainya adalah lalat. Anda bisa menggunakan lalat sebagai makanan kura-kura brazil. Bahkan kura-kura yang sering diberikan lalat akan tumbuh lebih cepat dan warnanya pun lebih cerah. Hal ini tak terlepas dari tingginya kandungan protein pada lalat. Anda bisa menangkap lalat-lalat tersebut menggunakan plastik atau raket nyamuk. Kemudian tuangkan air ke dalam plastik tadi sehingga lalat menjadi basah dan tak mampu terbang lagi. Setelah itu, Anda bisa memberikan lalat ini kepada kura-kura brazil.