Rekomendasi 11 Makanan yang Paling Cocok untuk Kura-kura Sawah!

Di Indonesia, kita dapat menemukan berbagai macam kura-kura di lingkungan alami. Faktanya memang tak sedikit spesies kura-kura yang merupakan binatang asli Indonesia. Beberapa spesies kura-kura yang berasal dari luar negeri pun mampu bertahan hidup dengan baik. Anda dapat menemukan kura-kura ini di perairan tawar seperti sungai, danau, dan sawah. Kura-kura brazil, kura-kura ambon, dan labi-labi pelodiscus merupakan spesies kura-kura yang paling banyak di sini.

Bagi Anda yang tertarik memelihara kura-kura, Anda bisa mulai merawatnya dari ketiga jenis kura-kura ini. Kura-kura brazil, kura-kura ambon, serta labi-labi pelodiscus tergolong gampang dipelihara. Asalkan Anda memberikan makanan secara rutin pasti kura-kura tersebut dapat bertahan hidup dan tidak akan mati. Perlu Anda ketahui, kura-kura yang biasa hidup di area persawahan umumnya merupakan hewan omnivora alias pemakan segalanya, baik tumbuhan maupun daging-dagingan.

Adapun makanan-makanan yang cocok diberikan kepada kura-kura sawah antara lain :

  1. Ikan

Ikan merupakan makanan alami kura-kura sawah. Semua jenis kura-kura yang tinggal di daerah persawahan menjadikan ikan sebagai makanan utamanya. Biasanya kura-kura memburu ikan yang ukurannya kecil, kemudian langsung melahapnya sampai habis. Kura-kura peliharaan Anda juga bisa diberi pakan berupa ikan. Tak harus ikan hidup, Anda pun dapat memberikan ikan yang sudah mati atau bahkan potongan daging ikan rebus yang sudah dipisahkan dari durinya.

  1. Udang

Apakah makanan kesukaan kura-kura air? Jawabannya yaitu udang. Semua kura-kura yang hidup di air, termasuk kura-kura semi-aquatic, sangat suka memakan udang. Bahkan ketika dia sedang tidak nafsu makan pun, udang ini tetap akan dilahapnya. Di habitat alaminya, udang air tawar memang menjadi makanan favorit kura-kura yang hidup di area persawahan. Saat memberikan udang ke kura-kura, jangan lupa Anda mengupas kulitnya serta membuang kepala dan ekornya.

  1. Jangkrik

Selain udang, semua kura-kura sawah juga paling doyan memakan jangkrik. Mungkin karena jangkrik mempunyai daging yang lezat sehingga kura-kura akan rakus memangsanya. Anda juga bisa loh menggunakan jangkrik ini sebagai pakan utama untuk kura-kura sawah peliharaan Anda. Kandungan proteinnya yang tinggi akan membuat kura-kura Anda cepat tumbuh besar apabila rutin diberi makanan yang satu ini.

  1. Keong sawah

Keong dikenal sebagai hama bagi tanaman padi. Hal ini disebabkan keong suka memakan batang padi yang masih muda hingga mengakibatkan tanaman ini rubuh. Banyaknya keong yang tinggal di area persawahan menarik perhatian para predator untuk memakannya. Termasuk kura-kura sawah pun sangat senang memakan keong ini, khususnya kura-kura MSE. Kendati keong sudah bersembunyi di dalam cangkangnya, kura-kura tetap dapat memakannya.

  1. Cacing tanah

Sesekali kura-kura sawah akan mencari cacing tanah untuk dimakan. Cacing ini sering ditemukan ketika kura-kura naik tersebut ke daratan entah untuk berjemur, mencari makan, bersembunyi, atau bertelur. Pad saat melihat cacing tanah yang masih hidup tersebut, kura-kura akan segera menerkam dan memakannya. Di dalam cacing tanah ini terkandung zat protein yang melimpah sehingga bagus sekali untuk mendukung pertumbuhan kura-kura dan membuatnya cepat besar.

  1. Belut

Meski belut juga banyak terdapat di area persawahan, tapi sebenarnya belut bukan merupakan makanan utama kura-kura sawah. Namun ketika kura-kura melihat belum di depannya, maka dia pun tidak ragu untuk menangkapnya lalu memakannya sampai habis tak tersisa. Jadi dapat dikatakan kura-kura hanya memakan belut sesekali saja. Jika Anda doyan memakan belut, tidak ada salahnya memberikan sebagian daging belut ini ke kura-kura sawah yang Anda pelihara.

  1. Daging ayam

Kalau di rumah Anda selalu tersedia daging ayam sebagai lauk pauk, cobalah berikan sebagian ke kura-kura. Kenyataannya memang kura-kura semi-aquatic sangat menyukai daging ayam dan jeroannya. Anda dapat memberikan daging ayam ini dalam kondisi masih mentah atau sudah direbus matang. Daging ayam ini sebaiknya dipotong-potong kecil terlebih dahulu supaya kura-kura lebih gampang memakannya.

  1. Pelet

Untuk alasan kepraktisan, Anda dapat menggunakan pelet sebagai pakan utama bagi kura-kura. Sebenarnya Anda tidak harus memakai pelet khusus untuk kura-kura kok, pelet ikan pun layak diberikan ke kura-kura. Pelet ini mempunyai kelebihan antara lain mudah didapatkan, gampang disimpan, masa pemakaiannya yang lebih lama, lebih bersih, serta kondisinya yang bersih. Tapi biasanya kura-kura perlu dilatih dahulu agar mau memakan pelet.

  1. Kangkung

Di area persawahan, kangkung liar biasanya tumbuh subur. Kangkung ini merambat di pematang sawah hingga daerah yang dipenuhi lumpur. Kura-kura serta binatang yang hidup di persawahan lainnya kerap mengonsumsi kangkung. Biasanya kura-kura cuma memakan bagian daunnya saja. Kalau Anda mau memberikan kangkung ke kura-kura, jangan lupa mencucinya sampai bersih untuk menghilangkan pestisida yang masih terdapat di permukaannya.

  1. Genjer

Tanaman genjer berbeda dengan eceng gondok ya. Genjer ini bisa dikonsumsi oleh manusia karena teksturnya yang lembut. Sedangkan eceng gondok umumnya hanya digunakan sebagai bahan baku untuk membuat kerajinan tangan. Kura-kura sawah juga sesekali memakan genjer yang banyak tumbuh di daerah persawahan. Kura-kura cenderung lebih suka daun genjer yang masih muda karena mempunyai tekstur yang lebih lunak.

  1. Buah Pepaya

Sebagai binatang omnivora, kura-kura sawah pun mengonsumsi buah-buahan. Dari berbagai jenis buah-buahan yang ada, buah pepaya merupakan buah yang paling disukainya. Kura-kura sangat suka memakan buah pepaya yang telah matang. Rasa manisnya dengan tekstur yang lembut membuat kura-kura sawah yang Anda pelihara lahap sekali memakan buah ini. Jangan lupa mencucinya terlebih dahulu sebelum diberikan ke kura-kura.