Panduan Dasar Merawat Anakan Kura-kura Brazil yang Baik dan Benar

Siapa nih yang baru mau memulai memelihara kura-kura? Sebagai pemula, memang lebih baik jika Anda mengawalinya dengan memilih kura-kura yang gampang dirawat serta harganya pun tidak terlalu mahal. Pilihan Anda pun jatuh ke kura-kura brazil yang masih anak. Biasanya anak kura-kura brazil ini memiliki ukuran karapas (tempurung bagian atas) sekitar 3-5 cm. Harganya mulai dari Rp 30-50 ribu untuk anakan kura-kura brazil biasa. Sedangkan baby kura-kura brazil yang unik atau istimewa memiliki harga jual yang jauh lebih tinggi. Bahkan ada yang sampai lebih dari Rp 10 juta/ekor.

Karena baru pertama kali mempunyai kura-kura, wajar sekali apabila selanjutnya Anda merasa bingung bagaimana cara merawatnya dengan benar. Bahkan untuk menyediakan tempat tinggal yang layak pun Anda belum mengetahuinya. Tetapi tenanglah karena kami akan selalu membantu Anda dalam merawat kura-kura tersebut. Pada dasarnya memelihara kura-kura brazil ataupun RES (Red Eared Slider) ini relatif cukup mudah karena daya tahan tubuhnya sangat bagus. Kami yakin Anda pasti akan langsung berhasil dalam sekali mencobanya. Jangan lupa untuk subscribe kami di YouTube ya!

Setidaknya terdapat tiga pekerjaan utama yang harus Anda kerjakan dalam merawat anakan kura-kura brazil ini. Di antaranya yaitu :

Menyediakan Tempat Tinggal yang Layak

RES termasuk kura-kura air. Artinya yaitu dia bakal menghabiskan sebagian besar waktu hidupnya di air. Meskipun begitu, RES juga membutuhkan area daratan sebagai tempat berjemur dan beristirahat. Anda bisa menggunakan akuarium sebagai tempat tinggal kura-kura ini. Jika tidak ada, gunakan saja kontainer ataupun ember plastik. Isilah wadah ini dengan air setinggi 3-5 cm. Lantas letakkan tumpukan bebatuan, genteng, atau kayu di salah satu sudut wadah tersebut sebagai area daratan. Kura-kura Anda pasti akan merasa senang tinggal di sana. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan airnya ya.

Memberinya Makan secara Berkala

Apa sih makanannya kura-kura brazil itu? RES merupakan binatang omnivora sehingga kura-kura ini mau mengonsumsi sayur-mayur ataupun daging-dagingan. Tapi saat masih kecil, RES lebih menyukai daging. Namanya juga anak-anak, kan? Oleh sebab itu, Anda dapat memberikan daging-dagingan yang dipotong kecil terlebih dahulu. Contohnya adalah daging ayam rebus, udang kupas, jentik nyamuk, ulat hongkong, dan jangkrik. Kalau mau praktis lagi, Anda juga bisa memberikan pelet. Berikan makanan ini sebanyak 2-3 kali per hari. Namun Anda harus melatih kura-kura ini terlebih dahulu supaya mau memakan pelet.

Rawatlah Kura-kura dengan Sepenuh Hati

Setiap hari RES wajib dimandikan dan digosok seluruh tubuhnya menggunakan sikat. Kemudian jemurlah kura-kura tadi selama 20-30 menit di bawah matahari pagi. Wadah tempat kura-kura dijemur sebaiknya diisi air setinggi 1 cm agar RES tidak mengalami dehidrasi atau kepanasan. Selagi kura-kura brazil sedang dijemur, Anda dapat membersihkan kandangnya. Gosoklah semua bagian kandang kura-kura ini supaya bebas dari lumut dan jamur. Lantas isilah kembali memakai air bersih. Barulah kemudian kura-kura yang sudah selesai dijemur bisa dimasukkan kembali ke kandang.