5 Cara Menghilangkan Kerak dan Noda Membandel di Akuarium

Bukan hanya ikan saja yang dapat dipelihara di akuarium, tetapi Anda pun dapat memelihara kura-kura di dalamnya. Jika mau menggunakan akuarium, peliharalah kura-kura yang berjenis full-aquatic. Semua spesies labi-labi tergolong dalam kelompok kura-kura ini. Contohnya yaitu labi-labi amyda, labi-labi bintang, labi-labi pelodiscus, dan labi-labi moncong babi. Labi-labi ini memiliki kaki menyerupai penyu sehingga kerap disebut sebagai penyu air tawar.

Saat memelihara kura-kura di akuarium, Anda perlu menjaga kebersihannya. Jagalah kondisi akuarium tersebut supaya kura-kura yang tinggal di dalamnya senantiasa dalam keadaan yang sehat serta terhindar dari serangan bibit penyakit. Akuarium yang rutin dibersihkan juga akan nampak jernih. Pesonanya begitu indah tanpa ada kerak atau noda membandel yang menutupi pemandangan di bagian dalam akuarium tersebut.

menghilangkan-noda-di-akuarium.jpg

Kalau ada kerak dan noda membandel yang mengotori permukaan akuarium, segera bersihkan sampai tuntas. Anda bisa mengikuti solusi di bawah ini!

Gunakan Baking Soda

Untuk kasus yang ringan, Anda bisa mencoba membersihkan akuarium terlebih dulu memakai baking soda. Yap, bahan pengembang adonan kue ini ternyata bisa juga dimanfaatkan sebagai bahan pembersih loh. Baking soda cukup efektif menghilangkan noda membandel yang ada di dinding akuarium. Kabar baiknya lagi, bahan ini tidak berbahaya bagi kura-kura. Cara menggunakannya yaitu Anda tinggal menggosok permukaan akuarium yang kotor memakai baking soda. Niscaya kerak tipis di sana pun langsung sirna.

Manfaatkan Soda Api

Kalau soda api ini memang sudah lama dikenal sangat efektif dalam menghilangkan noda-noda yang membandel. Sebab soda api memiliki sifat korosif sehingga mampu mengikis kotoran dari permukaan akuarium. Cara membersihkan akuarium menggunakan soda api yaitu Anda dapat mengusapkan bahan ini ke bagian yang berkerak. Lalu gosok menggunakan busa. Gosok terus hingga bersih sampai semua noda membandel tersebut menghilang. Membersihkan akuarium dengan soda api akan membuat akuarium Anda menjadi kinclong.

Gosok dengan Ampelas

Kalau Anda mau sedikit agak repot, bersihkanlah akuarium yang kotor tadi menggunakan ampelas. Cukup dengan menggosok permukaannya saja memakai ampelas, maka akuarium akan langsung bebas dari kerak dan noda membandel. Namun kali ini Anda mesti memakai ampelas yang paling halus supaya tidak menimbulkan goresan atau baret pada permukaan kaca akuarium. Kami sarankan gunakanlah ampelas nomor 2000 yang memiliki tekstur paling halus. Gosokkan ampelas ini dengan gerakan searah.

Kikis Memakai Cutter

Jika Anda mau lebih repot lagi daripada sebelumnya agar hasilnya lebih bersih, coba gunakan cutter untuk membersihkan akuarium. Pastikan Anda memakai cutter yang tajam dan tidak berkarat supaya tidak malah menimbulkan goresan. Anda dapat mengikis lapisan kerak yang terdapat di permukaan akuarium menggunakan cutter tersebut. Pegang cutter dengan posisi yang miring/menyamping. Gerakkan cutter ini di bagian akuarium yang kotor untuk mengikis lapisan keraknya. Lakukan berulang-ulang sampai bersih sempurna.

Cairan Pembersih Keramik

Cairan pembersih keramik berupa asam klorida (HCl) juga bisa Anda gunakan untuk membuat kondisi akuarium semakin bersih. Cairan ini sangat ampuh loh menghilangkan semua kotoran di dalam akuarium, termasuk kerak dan noda membandel yang sebelumnya sulit dihilangkan. Tapi karena sifatnya sangat keras, Anda sebaiknya memakai solusi ini sebagai pilihan terakhir. Anda tinggal menuangkan cairan HCl secukupnya ke dalam akuarium, lalu usapkan ke dinding dan lantainya memakai spons. Lakukan secara berulang-ulang hingga seluruh kotorannya sirna.