5 Langkah : Panduan Cara Membersihkan Kolam Kura-kura

Memelihara kura-kura memang paling baik dilakukan menggunakan kolam. Terutama untuk jenis kura-kura semi-aquatic yang notabene hidup di dua alam, yaitu daratan dan perairan. Kolam memungkinkan kita dapat menyediakan lingkungan tempat tinggal yang luas bagi kura-kura. Kolam ini juga bisa didesain dengan suasana yang natural/alami mirip seperti habitat asli kura-kura. Anda bisa mengaturnya dengan mengusung konsep yang sesuai dengan tempat tinggal kura-kura tersebut.

Agar kura-kura Anda senantiasa dalam kondisi yang sehat, maka Anda harus mau menjaga kebersihan kolam. Sejatinya kunci utama keberhasilan dalam merawat kura-kura yaitu menjaga kebersihan kolam tempat pemeliharaannya. Apabila kondisi kolam ini bersih, ksesehatan kura-kura yang tinggal di dalam kolam tersebut pasti akan terjaga dengan baik. Begitu pula sebaliknya. Oleh sebab itu, Anda harus mau membersihkan kolam kura-kura tersebut supaya kondisinya tetap bersih.

membersihkan-kolam-kura-kura.jpg

Lantas, bagaimana sih caranya membersihkan kolam pemeliharaan kura-kura? Kami share panduan langkah-langkahnya secara lengkap!

Keluarkan Kura-kura dari Kolam

Tugas pertama Anda yaitu mengeluarkan semua kura-kura yang ada dari dalam kolam. Hal ini dilakukan supaya kura-kura tersebut tidak terganggu serta tidak mengganggu Anda yang tengah sibuk membersihkan kandangnya. Ingat, kura-kura semi-aquatic bisa hidup di daratan. Sehingga Anda dapat melepaskan kura-kura ini di halaman/pekarangan rumah. Kalau takut hilang, Anda bisa meletakkan di baskom atau ember plastik yang diisi dengan air. Jangan lupa memberinya makanan ya.

Keluarkan Aksesori Kolam dan Bersihkan

Anda mungkin juga meletakkan beberapa aksesori ke dalam kolam kura-kura supaya suasananya menjadi asri? Beberapa aksesori seperti gua buatan, bebatuan, tumbuh-tumbuhan artifisial, dan filter memang sering diletakkan di kolam. Sehingga penampilan kura-kura menjadi lebih menarik dan atraktif. Anda juga harus membersihkan aksesori kolam ini. Keluarkan aksesori tersebut untuk dibersihkan dengan cara menyikatinya. Lalu jemurlah di bawah sinar matahari.

Kuraslah Air di Kolam Kura-kura

Setelah kondisi kolam sudah kosong, selanjutnya Anda dapat menguras air di dalamnya. Kalau kolam tersebut sudah dilengkapi dengan saluran pembuangan air, Anda tinggal membuka tutup lubangnya untuk mengeluarkan semua air dari dalam kolam. Namun bila tidak ada salurannya, maka Anda terpaksa harus menguras kolam tersebut secara manual. Buanglah semua air dari dalam kolam tersebut sampai kering sehingga Anda dapat membersihkannya dengan mudah.

Waktunya Membersihkan Kolam

Saatnya untuk membersihkan kolam. Anda perlu menyiapkan peralatannya terlebih dahulu meliputi sikat, sikat gigi, dan sarung tangan lateks untuk melindungi Anda dari bakteri. Dalam membersihkan kolam kura-kura, Anda memang tak memerlukan sabun pembersih sebab dikhawatirkan akan berbahaya bagi si kura-kura. Tapi sebenarnya sah-sah saja memakai sabun asalkan nantinya Anda harus membilas kolam tersebut sampai bersih. Karena sisa sabun yang ditinggalkan dapat meracuni kura-kura.

Cara membersihkan kolam kura-kura yang benar yaitu dimulai dari bagian kolam yang paling atas. Anda bisa mulai menyikati permukaan kolam tersebut dari bibir kolam, lalu berangsur-angsur ke bawahnya. Gunakan sikat untuk menghilangkan kotoran seperti lumut, alga, dan jamur yang tumbuh di permukaan kolam. Sikatlah dengan tenaga yang penuh. Untuk membersihkan celah-celah yang sulit dijangkau, Anda bisa memakai sikat gigi. Setelah itu, bilaslah kolam ini beberapa kali sampai kondisinya kembali menjadi bersih.

Atur Kembali Kolam Kura-kura

Kolam kura-kura yang telah dibersihkan dan dibilas sampai benar-benar bersih, selanjutnya bisa Anda isi kembali dengan air. Isilah air ke dalam kolam dengan kapasitas seperti sebelumnya. Setelah itu, Anda dapat meletakkan kembali asksesori pada tempatnya. Pasanglah aksesori tersebut dengan posisi yang mantap supaya tidak membahayakan kura-kura Anda. Nyalakan filter airnya selama 2-3 jam. Barulah kemudian Anda bisa memasukkan kura-kura ke dalam kolam lagi. Jangan lupa mandikan kura-kura ini terlebih dahulu agar tidak mengotori kolam yang sudah bersih. Masukkan kura-kura ini satu per satu.