7 Penyebab Kura-kura Mogok Makan dan Cara Menyiasatinya

Bagi Anda yang baru pertama kali memelihara kura-kura, Anda tentu merasa bingung bukan main kalau melihat kura-kura milik Anda tersebut sama sekali tidak mau makan. Anda telah mencoba berbagai cara untuk membuat si kura-kura ini makan. Bahkan Anda pun telah memberikannya makanan yang enak dan mahal. Tapi kenyataannya kura-kura tersebut tetap tidak mau makan. Pada akhirnya, Anda pun merasa pusing sendiri. Mengapa sih kura-kura ini sama sekali tak mau memakan makanan-makanan yang telah Anda berikan? Padahal Anda sudah memberikannya dengan penuh kasih sayang.

Kondisi ini tentu tak boleh Anda biarkan begitu saja. Anda harus mengatasinya sesegera mungkin. Sebab bagaimanapun juga makan merupakan salah satu kebutuhan pokok kura-kura. Kura-kura yang tidak mau makan akan menjadi lemas, sakit, dan akhirnya mati. Anda tak mau kura-kura tersebut sampai mati kan? Berdasarkan pengalaman kami, kura-kura mampu bertahan hidup tanpa makan sama sekali selama 5-30 hari tergantung jenis dan posturnya. Kura-kura yang telah dewasa biasanya sanggup bertahan lebih lama daripada baby kura-kura. Namun Anda tetap harus mengatasinya dengan cepat.

Kira-kira apa sih faktor-faktor penyebab si kura-kura tersebut tak mau makan? Paling tidak ada 7 faktor yang menyebabkan seekor kura-kura melakukan mogok makan, antara lain :

Dia Sedang Beradaptasi

Kalau kura-kura yang baru saja Anda beli tidak mau makan, Anda tak perlu mencemaskannya langsung. Mengapa? Karena perilaku ini sudah biasa. Kura-kura yang baru saja dibeli memang biasanya tidak mau makan. Sikap ini bukan berarti kura-kura tersebut sedang sakit ya. Melainkan kura-kura ini cuma tengah beradaptasi saja dengan lingkungan barunya. Biasanya kura-kura tersebut akan diam begitu saja di sudut kandang untuk memeriksa kondisi di dalamnya. Barulah kemudian dia akan berjalan-jalan sedikit. Anda tinggal menunggu waktu saja sampai kura-kura tadi sudah mengenal baik kandangnya.

Kura-kura Mengalami Stres

Kura-kura bisa juga melakukan mogok makan apabila dia mengalami stres. Kasus ini biasanya terjadi jika dia terkena suatu masalah atau kondisi lingkungan yang berubah. Ciri-ciri si kura-kura yang sedang stres yaitu kura-kura tidak mau makan secara tiba-tiba padahal sebelumnya dia makan dengan lahap sekali. Nah, kalau Anda menemukan kasus seperti ini, Anda harus lekas mencari solusinya. Sebab jika kura-kura dibiarkan terus-menerus stres, maka cepat atau lambat dia pasti akan mati. Anda dapat mencoba untuk memindahkannya ke tempat lain yang lebih tenang.

Tengah Dilanda Penyakit

Kenyataannya ada cukup banyak penyakit yang mampu menyerang kura-kura loh. Tidak hanya penyakit yang berhubungan dengan permukaan kulit saja, tapi juga penyakit yang menyerang organ dalam kura-kura tersebut. Kura-kura yang sedang sakit ini biasanya akan mengalami penurunan dalam nafsu makan yang dimilikinya. Bahkan bukan tidak mungkin kura-kura tersebut sampai melakukan mogok total serta tidak mau makan sama sekali. Anda mesti cepat mengobati kura-kura yang tengah dilanda penyakit tadi dengan tepat sesuai gejala-gejala awal yang ditunjukkannya.

Kura-kura Merasa Takut

Kura-kura yang tidak mau makan juga bisa disebabkan karena dia sedang merasa ketakukan. Penyebab munculnya rasa takut itu bermacam-macam. Mungkin saja karena teman di dalam tangkinya, kura-kura lain yang menakutinya, predator yang berusaha memangsanya, ataupun kondisi lingkungan yang begitu berisik. Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah Anda harus segera mencari sumber ketakukan kura-kura tersebut terlebih dahulu. Kalau sudah ditemukan, Anda bisa mengatasinya. Misalnya saja Anda bisa menempatkan kura-kura ini di tangki sendiri di tempat yang lebih sepi.

Bosan dengan Makanannya

Jangan menganggap kalau binatang itu tidak mempunyai rasa bosan terhadap makanannya ya. Faktanya adalah binatang termasuk kura-kura pun bisa mengalami kebosanan ini. Biasanya kura-kura akan merasa bosan apabila diberi makanan yang sama secara terus-menerus. Contohnya Anda memberikan kangkung kepada sulcata. Awalnya sih dia akan memakan kangkung tersebut dengan lahap sekali. Namuan setelah 2-3 hari kura-kura ini diberi makanan berupa kangkung terus, maka dia pasti tidak akan menyentuhnya sama sekali. Anda harus memberikan makanan yang bervariasi untuk kura-kura.

Itu Bukan Makanannya

Meskipun wujudnya sama-sama merupakan kura-kura, namun kenyataannya bangsa kura-kura ini punya selera makan yang berbeda-beda loh. Ada kura-kura yang doyannya cuma memakan sayuran dan buah-buahan, kura-kura yang cuma suka makan daging, serta kura-kura yang mau mengonsumsi kedua jenis bahan makanan tersebut. Misalnya kalau Anda memberikan daging ikan kepada russian tortoise, maka si kura-kura ini tidak akan mau memakannya sampai kapanpun sebab dia memang sama sekali tidak doyan ikan. Sebaiknya sih Anda pelajari terlebih dahulu makanan kura-kura yang Anda pelihara.

Tidak Suka Makanannya

Terkadang kura-kura juga merasa tidak suka dengan makanannya. Meskipun temannya sendiri menyukai pakan tersebut, tidak menutup kemungkinan si kura-kura ini tidak doyan dengan pakan tadi. Contohnya ketika Anda memberikan daun ubi jalar untuk pardalis, ada seekor pardalis yang tak mau memakannya. Tapi saat Anda memberikan fumak, pardalis tadi langsung melahapnya sampai habis. Artinya kura-kura tersebut hanya tidak mau memakan daun ubi jalar karena kemungkinan besar dia tidak menyukainya. Ini merupakan perilaku yang wajar terjadi pada kura-kura.