7 Tips Memberi Makan Kura-kura di Akuarium

Anda bisa memelihara kura-kura menggunakan akuarium. Layaknya ikan, akuarium ini bisa diisi dengan air sepenuhnya apabila kura-kura yang Anda pelihara merupakan jenis kura-kura full-aquatic. Tapi kalau kura-kura tersebut bertipe semi-aquatic, Anda perlu menyediakan area daratan di sini. Tenang saja kok. Sekarang sudah tersedia aksesori akuarium khusus untuk area daratan. Anda tinggal memasangnya saja, maka terciptalah sebuah daratan di dalam akuarium tersebut.

Sebagai makhluk hidup, kura-kura pun membutuhkan makanan agar bisa bertahan hidup. Kebanyakan kura-kura air itu bersifat omnivora. Kura-kura ini sebenarnya mau mengonsumsi tumbuh-tumbuhan dan daging-dagingan. Tapi biasanya kura-kura air cenderung lebih suka memakan daging-dagingan daripada sayur-mayur atau buah-buahan. Tidak seperti ikan, Anda perlu trik khusus ketika memberi makanan ke kura-kura agar lahap menghabiskan makanan dan nafsu makannya pun terjaga.

memberi-makan-kura-kura.jpg

Gunakan Pelet Sebagai Pakan Utama

Kalau Anda tidak mau repot dalam merawat kura-kura, gunakan saja pelet sebagai makanan utamanya. Pelet ini memiliki kelebihan yaitu kondisinya bersih, mudah diberikan, gampang disimpan, usia simpan yang lama, dan mudah diperoleh di berbagai toko hewan peliharaan. Selain itu, pelet juga mengandung nutrisi yang lengkap untuk mendukung pertumbuhan kura-kura Anda. Kura-kura yang mengonsumsi pelet kotorannya pun tak berbau terlalu menyengat. Akan tetapi, Anda perlu melatih kura-kura terlebih dahulu agar mau mengonsumsi pelet.

Berikan Makanan di Luar Akuarium

Kebersihan mutlak dijaga untuk membuat lingkungan akuarium Anda senantiasa tetap bersih dan sehat, sedap dipandang, serta tidak berbau amis. Pemasangan filter air memang terbukti secara efektif dapat menjaga kondisi air di dalam akuarium. Sayangnya bau amis pada air tidak bisa dihilangkan oleh filter ini. Akuarium kura-kura akan menjadi sangat berbau manakala Anda memberikannya pakan berupa daging-dagingan. Tidak hanya amis, kadang-kadang baunya begitu busuk. Pencegahan dapat dilakukan dengan memindahkan kura-kura ke bak air saat Anda hendak memberinya makan.

Cuci Bahan Makanan Sampai Bersih

Selain pelet, Anda pun perlu memberikan bahan makanan segar sebagai pakan selingan untuk menjaga nafsu makan kura-kura. Anda bisa memberikan sayur-mayur, buah-buahan, atau daging kepada kura-kura secara teratur. Namun sebelum bahan makanan tadi Anda masukkan ke kolam, Anda wajib untuk mencucinya terlebih dulu. Sama seperti manusia, kura-kura pun hendaknya diberi makanan yang bersih dan bebas dari kotoran. Mencuci makanan juga akan membuatnya bebas dari bahan kimia berbahaya yang mungkin terdapat di permukaannya. Cucilah makanan tadi di bawah air yang mengalir.

tips-memberi-makanan-kura-kura.jpg

Potong Bahan Makanan Menjadi Kecil

Tidak masalah jikalau Anda mau memberikan potongan daging ayam yang besar atau sebongkah buah pepaya ke kura-kura. Tetapi Anda tidak boleh memberikannya dalam kondisi utuh atau segelonggong yang besar. Mengapa? Karena selezat apapun makanan tersebut, kura-kura tidak bisa memakannya jika ukurannya terlalu besar. Kura-kura tidak cukup pintar untuk memegangi bahan makanan tadi memakai kedua kaki depannya, kemudian mengoyak makanan menggunakan mulutnya. Itu sebabnya, Anda perlu memotong bahan makanan ini menjadi ukuran yang kecil-kecil terlebih dahulu.

Berikan Makanan Sedikit demi Sedikit

Sebaiknya sih memberikan makanan ke kura-kura jangan langsung dalam jumlah yang banyak sekaligus. Anda dapat memberikannya makanan sedikit demi sedikit namun teratur. Misalnya ketika memberikan pelet ke kura-kura, berikanlah pelet ini per 1 sendok teh. Tebarkan 1 sendok teh pelet ke akuarium dulu dan tunggu. Kalau sudah habis, berikan lagi 1 sendok teh pelet. Demikian seterusnya sampai kura-kura berhenti memakan pelet yang Anda berikan. Artinya kura-kura tersebut sudah merasa kenyang. Begitu pula saat Anda memberikan sayur-mayur, buah-buahan, atau daging-dagingan.

Sehari Makan & Sehari Tidak Makan

Kura-kura tergolong binatang reptil. Sebagaimana binatang di dalam bangsa reptil lainnya, secara alami kura-kura ini tidak makan setiap hari. Kura-kura biasanya akan memburu makanan sampai benar-benar kenyang, lalu melakukan puasa selama beberapa hari. Barulah setelah merasa lapar lagi, kura-kura ini akan mencari makanan untuk mengobati rasa laparnya. Sebenarnya sih kami menyarankan Anda untuk memberikan makanan ke kura-kura setiap hari. Namun jika Anda terlalu sibuk, Anda bisa memberikan makanan setiap 2 hari kok. Jadi hari ini makanan lalu besoknya puasa, dan seterusnya.

Kura-kura Sangat Suka Berburu Ikan

Selain pelet dan bahan makanan yang segar, Anda juga perlu memberikan makanan yang masih hidup ke kura-kura untuk melatih insting berburunya. Perlu diketahui, momen berburu merupakan kegiatan yang paling disukainya. Anda dapat memasukkan beberapa ikan hidup ke akuarium supaya kura-kura memburu, menangkap, dan memakannya sampai habis. Bagi kita sendiri, ini merupakan kegiatan yang sangat menarik. Melihat kura-kura yang sedang memburu ikan-ikan ini, kita pun akan turut merasa bersemangat. Pilihlah ikan yang aman dikonsumsi oleh kura-kura ya!