8 Kesalahan dalam Memelihara Kura-kura Brazil dan Harus Segera Dihindari

Ada banyak sekali spesies kura-kura yang bisa Anda pelihara di rumah. Salah satunya adalah kura-kura brazil. Kura-kura brazil ini dikenal pula dengan julukan kura-kura hijau. Ya, tempurungnya yang berwarna hijau memang tampak menarik sekali. Dengan mimik mukanya yang begitu menggemaskan, siapa saja pasti ingin memilikinya. Beruntung sekali karena harga kura-kura ini juga tidak terlalu mahal kok. Anda bisa memeliharanya di dalam kolam khusus ataupun akuarium kaca.

Memelihara kura-kura brazil memang tidak terlalu susah. Namun bukan berarti Anda tidak memerlukan pengetahuan khusus dalam merawatnya. Kenyataannya si kura-kura brazil ini harus dirawat dengan baik dan benar. Anda tak boleh melakukannya secara asal-asalan. Kesalahan dalam merawat kura-kura brazil ini bahkan dapat mengakibatkannya mati loh. Jadi sebaiknya Anda mempelajari terlebih dulu bagaimana cara memelihara kura brazil yang benar sebelum membelinya agar tidak mati.

Di antara berbagai kesalahan yang biasa dilakukan oleh para pemula dalam merawat kura-kura brazil ini, berikut adalah 8 kasus kesalahan yang menurut kami paling sering terjadi.

Memelihara Seperti Seekor Ikan

Sebab memang jarang sekali orang Indonesia yang memelihara kura-kura, maka akibatnya masih banyak ketidaktahuan masyarakat mengenai binatang yang satu ini. Salah satunya ialah tentang jati diri si kura-kura tersebut. Sebenarnya kura-kura itu merupakan hewan apa? Kami jawab dengan tegas bahwasanya kura-kura bukan termasuk ikan, melainkan binatang reptil. Kura-kura brazil sendiri tergolong reptil yang mampu hidup di dua alam, yaitu air dan darat. Tapi Anda tak boleh merawatnya seperti ikan.

Meletakkan di Tangki Penuh Air

Kura-kura brazil termasuk kura-kura air tipe semi-aquatic. Maksudnya secara alami kura-kura ini hidup di air dan darat. Anda tidak boleh mengubah kodrat kura-kura tersebut. Walaupun kura-kura brazil mampu berenang dengan baik, tapi Anda tetap tak boleh menempatkannya di tangki yang berisi air sepenuhnya. Mengapa? Sebab kura-kura tadi bisa kecapaian karena harus terus-menerus berenang untuk mengambil oksigen langsung di udara. Silakan atur kembali tangki Anda kalau misalnya masih salah.

Mewarnai Tempurung Kura-kura

Mewarnai tempurung kura-kura apa pun jenisnya itu merupakan salah satu tindakan menganiaya hewan yang sepatutnya diberikan sanksi hukum yang tegas. Anda harus tahu bahwa tempurung adalah organ tubuh yang sangat penting bagi kura-kura. Strukturnya memang keras, tetapi Anda tidak bisa seenaknya mencoret-coret tempurung tersebut. Mengecat tempurung kura-kura bisa menyebabkannya sakit, kura-kura menjadi stres, menghalangi masuknya sinar matahari, dan mengganggu saluran pernapasannya.

Memeganginya Terus-menerus

Lumrahnya orang yang memiliki hewan peliharaan baru memang sering memeganginya terus-menerus. Dia selalu memegangi kura-kura brazil yang baru dibelinya dan bermain-main dengannya. Padahal hal ini sebaiknya tidak dilakukan loh. Alasan utamanya yaitu kura-kura tersebut bisa mengalami stres bila Anda terus memeganginya. Kura-kura yang stres ini biasanya akan rawan sakit dan akhirnya mati. Jadi mulai dari sekarang Anda harus mengubah kebiasaan buruk tersebut agar kura-kura Anda tetap sehat.

Memaksa Memberikan Sayuran

Seperti kita tahu, kura-kura brazil tergolong sebagai binatang omnivora alias pemakan segalanya. Kura-kura ini memang doyan memakan apa saja, baik itu sayur, buah, maupun daging-dagingan. Akan tetapi, kura-kura brazil jauh lebih senang memakan daging ketimbang sayur atau buah. Bahkan kura-kura brazil yang masih kecil biasanya hanya mau memakan ikan dan daging saja. Kalau kura-kura Anda belum mau memakan sayuran atau buah, jangan memaksakannya ya. Bagaimanapun dia harus tetap makan.

Membiarkan Merasa Kedinginan

Binatang reptil seperti kura-kura merupakan hewan berdarah dingin ya. Maksudnya adalah binatang ini tidak mampu menyesuaikan suhu tubuhnya terhadap suhu lingkungan di sekitarnya. Harus ada media penghangat seperti sinar matahari atau lampu ultraviolet yang dapat memicunya merasa hangat. Cuma masalahnya kalau kura-kura brazil ini dibiarkan merasa kedinginan, maka dia akan mati. Segera lakukan upaya-upaya tertentu untuk menghangatkan kura-kura jika memang kondisi cuaca sedang buruk.

Tak Menjemur di Sinar Matahari

Salah satu kegiatan wajib yang mesti dilakukan oleh setiap penghobi kura-kura yaitu menjemur hewan peliharaannya di bawah sinar matahari. Waktu penjemuran yang paling bagus ialah pagi hari sebelum matahari bersinar terlalu terik. Sinar matahari ini benar-benar mempunyai manfaat yang bagi kura-kura sebab mendukung kesehatannya. Lupa menjemur kura-kura brazil di sinar matahari dapat menyebabkan kura-kura tersebut menjadi lemas, kurang nafsu makan, dan akhirnya sakit.

Tidak Menyediakan Area Daratan

Hal lain yang harus Anda tahu tentang kura-kura brazil bahwasanya kura-kura ini merupakan kura-kura air tipe semi-aquatic. Maksudnya adalah kura-kura tersebut memang secara alami hidup di dua alam yaitu daratan dan perairan. Anda harus menyediakan lingkungan tempat tinggal yang tepat untuk kura-kura ini. Jangan cuma tersedia air saja, sebab kura-kura brazil pun butuh berada di daratan. Biasanya sih mereka di daratan untuk bersantai, berjemur, atau bertelur.