8 Tips Aman Membeli Kura-kura Secara Online

Kenyataannya memang jumlah penghobi kura-kura di Indonesia masih sedikit. Salah satu penyebabnya yaitu tidak banyaknya toko binatang peliharaan yang menjual kura-kura. Beruntunglah bagi Anda yang tinggal di Jakarta karena di sini sudah ada pasar binatang yang skalanya besar yang juga menyediakan kura-kura. Namun kalau Anda sendiri tinggal di luar Jakarta, Anda masih bisa membeli kura-kura dengan leluasa kok. Caranya lewat transaksi secara online.

Yap, perkembangan dunia digital kini menciptakan kebiasaan baru di masyarakat yaitu jual beli secara online. Sekarang Anda bisa membeli berbagai barang menggunakan transaksi di internet. Kabar baiknya nih, Anda juga bisa membeli kura-kura secara online loh sebab memang sudah banyak pedagang yang menjual kura-kuranya di internet. Tetapi karena proses transaksinya tidak dilakukan secara langsung, maka Anda harus teliti dan hati-hati agar tidak tertipu.

Kami mempunyai kiat-kiat khusus bagi Anda yang ingin membeli kura-kura secara online.

  1. Belilah di Penjual yang Tepercaya

Kalau Anda membeli kura-kura secara online, belilah hanya di penjual yang tepercaya saja ya. Jangan mau melakukan transaksi dengan penjual baru, penjual mencurigakan, atau penjual yang pernah mengalami masalah terkait dagangannya. Untuk mengetahuinya, Anda bisa meminta saran kepada rekan-rekan sesama penghobi kura-kura lalu memperhatikan setiap feedback yang telah diberikan para pelanggan ke penjual tersebut. Dari sini Anda bisa menilai reputasinya.

  1. Pilih Kura-kura yang Sehat Saja

Ingat, kura-kura merupakan makhluk hidup yang kondisinya bisa sehat atau mengalami sakit. Di sini Anda tidak boleh main untung-untungan saat membeli kura-kura. Kami tegaskan ke Anda, belilah hanya kura-kura yang sehat saja. Faktanya mengobati kura-kura yang sakit itu lumayan sulit loh. Jangan pertaruhkan uang Anda untuk sesuatu yang tidak pasti. Silakan beli kura-kura yang sehat saja. Pahami dengan baik ciri-ciri dari kura-kura yang sehat.

  1. Ketahui Harga Pasaran Kura-kura

Tahukah Anda, ada begitu banyak jenis-jenis kura-kura di dunia ini. Harga belinya pun variatif sekali loh. Ada kura-kura yang harganya cuma Rp 20 ribuan. Namun Anda tak boleh kaget sebab ada pula kura-kura yang memiliki harga di atas Rp 300 juta. Sulcata yang harganya Rp 900 ribu termasuk murah. Sedangkan emys yang dihargai Rp 900 ribu tergolong mahal. Jadi sebelum membeli kura-kura, Anda harus mengetahui harga pasarannya terlebih dahulu.

  1. Jangan Tergiur Harga Murah Ya!

Dalam membeli kura-kura, utamakan kondisinya benar-benar sehat. Anda jangan pernah tergiur dengan harga kura-kura yang murah tetapi sedang sakit. Bahkan untuk penyakit flu bagi kura-kura merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian. Dengan tegas kami ingatkan ke Anda, jangan pernah sekalipun membeli kura-kura yang sedang sakit walaupun penjualnya memberikan potongan harga sampai 50 persen.

  1. Jangan Beli Kura-kura Apendik

Himbauan juga kami utarakan agar Anda tidak membeli kura-kura apendik alias kura-kura yang sudah langka. Memang sih sebagai penghobi, kita ingin mengoleksi semua jenis kura-kura. Ini merupakan perasaan yang wajar sekali dan kami yakin dirasakan oleh semua penghobi kura-kura. Akan tetapi, dengan membeli kura-kura apendik, Anda turut mendukung para pemburu untuk terus memburu spesies kura-kura yang sudah apendik tersebut. Jika suatu saat kura-kura tadi benar-benar telah punah, berarti Anda juga turut menyebabkan kepunahannya.

  1. Minta Garansi Kepada Penjualnya

Biasanya sih penjual tepercaya akan memberikan garansi terhadap kura-kura yang dikirimnya. Bentuk garansi ini bermacam-macam ya. Misalnya yaitu garansi hidup di tempat tujuan, garansi selama 3 hari, garansi mau makan, dan sebagainya. Kami sarankan Anda mintalah garansi kura-kura tersebut mau makan selambat-lambatnya dalam waktu 24-48 jam sejak kedatangannya. Kenapa? Sebab kura-kura yang mau makan menandakan kalau kondisinya memang sehat.

  1. Pengiriman Harus Legal dan Cepat

Memang tidak dipungkiri kalau aktivitas jual beli kura-kura secara online di Indonesia masih dilakukan secara abu-abu. Maksudnya, kura-kura tersebut biasanya dikirimkan melalui jasa ekpedisi yang sebenarnya tidak memperbolehkan pengiriman binatang alias diselundupkan secara ilegal. Namun kabar baiknya, sekarang sudah cukup banyak jasa ekspedisi yang memiliki paket tersendiri untuk pengiriman binatang loh. Pastikan si penjual menggunakan pengiriman yang legal dengan durasi waktu yang cepat, selambat-lambatnya adalah 2 hari.

  1. Buatlah Video Ketika Buka Paket

Ketika paket berisi kura-kura sudah sampai di tangan, Anda tidak boleh langsung membukanya ya. Ada baiknya Anda membuat dokumentasi mengenai proses saat membuka paket tersebut. Silakan Anda buat video yang memuat kondisi keseluruhan paket ketika tiba di tangan Anda. Lalu bukalah paket tersebut dengan hati-hati sambil terus didokumentasikan dalam video. Jadi apabila ada masalah yang menimpa kura-kura di dalam paket, Anda bisa mengklaimnya kepada penjual dengan bukti berupa rekaman video asli tanpa editan.