Agar Kura-kura Pipi Putih yang Baru Dibeli Mau Makan

Kura-kura pipi putih atau kura-kura piput tergolong sebagai kura-kura semi-aquatic. Ini merupakan salah satu kura-kura yang berasal dari Indonesia. Dinamakan pipi putih karena bagian pipi kura-kura ini berwarna putih. Kura-kura pipi putih secara alami tinggal di area persawahan. Kura-kura ini akan memakan ikan, keong, dan cacing yang banyak terdapat di sawah. Hati-hati saat memelihara kura-kura pipi putih. Sebab kura-kura putih ini merupakan kura-kura yang paling pemalu dan sukar beradaptasi.

Tahukah Anda, kura-kura putih adalah binatang omnivora? Kura-kura ini pada dasarnya termasuk hewan pemakan segalanya, baik tumbuh-tumbuhan maupun binatang lain. Akan tetapi, kura-kura pipi putih memang lebih suka mengonsumsi daging-dagingan. Sekali lagi kami ingatkan, kura-kura ini mempunyai perangai yang sangat pemalu. Bahkan kura-kura pipi putih tercatat sebagai kura-kura yang paling pemalu di antara berbagai jenis kura-kura yang lainnya.

memberi-makan-kura-kura-piput.jpg

Sehingga dibutuhkan trik tersendiri untuk merawat kura-kura pipi putih. Termasuk ketika memberinya makan pun Anda memerlukan trik khusus agar kura-kura ini mau memakannya.

Taruh Kura-kura di Tempat Sepi

Kura-kura pipi putih adalah kura-kura yang super pemalu. Bahkan meskipun kura-kura ini sudah lama dalam pemeliharaan kita, kura-kura piput masih tetap merasa malu dengan keberadaan orang-orang di sekitarnya. Itu sebabnya, Anda sebaiknya meletakkan kandangnya di tempat yang sepi dan jauh dari keramaian. Kura-kura ini harus berada di tempat yang tenang dan sunyi dahulu baru berani keluar dari tempurungnya. Anda bisa menempatkan kura-kura ini beserta kandangnya di halaman belakang atau ruangan yang sepi.

Siapkan Makanan Kesukaannya

Saat menghadapi kura-kura yang pemalu seperti pipi putih ini, Anda tidak boleh mencoba-coba pakan yang akan diberikan kepadanya. Langsung saja berikan makanan yang memang disukai oleh kura-kura semi-aquatic. Dengan memberikan makanan favoritnya, maka peluang kura-kura piput mau memakan pakan tersebut menjadi lebih besar. Walaupun ada pula kemungkinan kura-kura ini tidak mau makan karena dia gampang moody. Beberapa pakan favorit kura-kura pipi putih yaitu ikan, udang, jangkrik, dan daging ayam.

Berikan Pakan Sedikit demi Sedikit

Trik dalam memberikan makanan ke kura-kura yaitu Anda harus memberikannya sedikit demi sedikit. Pakan tidak boleh diberikan langsung banyak sekaligus, apalagi untuk kura-kura air dan kura-kura semi-aquatic. Mengapa? Sebab pakan ini dapat mencemari kondisi air. Biasanya nafsu makan akan menurun apabila air di kandangnya keruh. Selain itu, pakan yang sudah terlalu lama terendam di air juga akan membuat aroma dan rasanya menurun sehingga kura-kura tidak terlalu tertarik menghampiri dan memakannya lagi.

Jangan Diawasi, Dia Pemalu Sekali

Kura-kura pipi putih sepertinya mudah merasa tertekan. Kura-kura ini tidak memiliki daya beradaptasi yang baik. Kura-kura ini juga justru akan mengalami stres apabila Anda terus melihat seolah-olah seperti mengawasinya. Oleh karena itu, kura-kura piput tidak boleh terus dilihat dan diawasi. Meskipun Anda merasa penasaran dengan tingkah lakunya saat makan, Anda tetap jangan melihat kura-kura tersebut. Biarkan dia memakan pakannya. Tandanya kalau pakan tersebut dimakan yaitu jumlahnya berkurang atau sudah lenyap semuanya.