Agar Tempurung Kura-kura Brazil Berwarna Cerah, Cobain Tips-tips Ini

Anda pasti juga tak akan menyangkal bahwa daya tarik kura-kura yang utama terdapat pada tempurung yang dimilikinya. Cuma kura-kura saja binatang yang mempunyai tempurung. Tak ada lagi binatang lain yang memiliki tempurung. Hal ini membuat kura-kura begitu spesial dengan tempurungnya. Faktanya tempurung kura-kura mempunyai warna serta corak yang beraneka ragam. Selama ini, Anda mungkin mengira kalau tempurung kura-kura cuma berwarna hijau saja. Sayangnya persespi ini salah besar.

Kura-kura memiliki tempurung dengan karakteristik yang bermacam-macam. Ada yang berwarna hitam, oranye, merah, cokelat, kuning, sampai putih. Pola tameng pada tempurung tersebut juga beragam loh. Tentunya penampilan kura-kura ini akan semakin menarik manakala warnanya begitu cerah. Maksudnya warna tempurung kura-kura tersebut nampak bersih, jelas, terlihat nyata, tidak pudar, dant tidak kotor. Pastinya kura-kura yang berwarna cerah ini terlihat begitu menarik dan nilainya begitu tinggi.

Semua kura-kura tempurungnya bisa dibuat agar berwarna cerah. Begitu pula jika Anda memelihara RES dengan warna tempurung yang hijau. Dengan perawatan yang baik, kura-kura brazil Anda bisa memiliki warna yang cerah sehingga tampil lebih menarik.

Memberi Makanan yang Dapat Mencerahkan Tempurung

Mencerahkan warna tempurung kura-kura brazil bisa dimulai dari memilih pakan yang tepat untuknya. Beberapa jenis makanan terbukti mengandung nutrisi yang mampu membuat warna kura-kura semakin cerah. Nutrisi yang kami maksud di sini ialah zat karoten. Kura-kura yang rutin mengonsumsi makanan dengan kandungan karoten yang tinggi, maka warnanya pun akan menjadi cerah. Contoh pakan kura-kura yang banyak mengandung zat karoten di antaranya wortel, udang, dan ikan salmon.Jika kura-kura Anda tak suka memakan wortel, Anda bisa memberikannya ke jangkrik terlebih dahulu. Barulah jangkrik tadi diberikan ke kura-kura.

Menjaga Kondisi Kebersihan Lingkungan di Dalam Kandang

Anda harus memperhatikan kondisi kandang kura-kura dengan seksama, terutama soal kebersihannya. Kandang kura-kura mesti dijaga dengan baik supaya kondisinya senantiasa tetap bersih. Jagalah agar keadaan kandang ini senantiasa tetap bersih dan bebas dari kotoran. Sebab bagaimana pun kotoran di dalam kandang dapat mengotori tempurung kura-kura tersebut serta membuat tempurungnya menjadi kusam. Usahakan Anda rutin membersihkan lingkungan di dalam kandang. Segera ambil kotorannya dan singkirkan jauh-jauh. Khusus untuk kura-kura air yang dipelihara di kolam atau akuarium, Anda harus rajin mengganti airnya.

Memandikan Kura-kura serta Menggosok Tempurungnya

Salah satu bentuk perawatan yang mesti diberikan kepada kura-kura yaitu memandikannya. Kura-kura harus dimandikan secara berkala paling tidak setiap 2-3 hari. Tidak hanya kura-kura darat saja, tapi kura-kura air pun perlu dimandikan sampai bersih. Malahan justru kura-kura air inilah yang harus dimandikan lebih sering meskipun sehari-hari dia berada di dalam air. Mengapa? Karena tempurung kura-kura air sangat rawan ditumbuhi alga dan lumut yang dapat membuat tempurungnya menjadi kusam. Selesai dimandikan, kura-kura sebaiknya dijemuar di bawah sinar matahari pagi agar bisa mendapatkan vitamin D secara optimal. Hal ini juga sangat bagus bagi pertumbuhan tempurungnya.