Begini Cara Merawat Kura-kura Pardalis!

Kalau Anda sedang mencari kura-kura yang unik, kami sarankan cobalah pelihara kura-kura pardalis. Kura-kura pardalis termasuk kelompok kura-kura darat. Ini merupakan kura-kura impor yang berasal dari Afrika Timur hingga Afrika Selatan. Ada dua spesies kura-kura pardalis yaitu Pardalis pardalis dan Pardalis babcocki. Perbedaannya terletak pada postur maksimalnya, di mana Pardalis pardalis mampu tumbuh besar. Maka tak heran kalau harga Pardalis pardalis ini jauh lebih mahal.

Rata-rata harga pardalis berkisar antara Rp 1,5 juta sampai Rp 3 juta untuk kura-kura yang ukurannya masih bayi. Harga kura-kura ini akan semakin mahal seiring dengan besarnya postur kura-kura tersebut. Apalagi untuk kura-kura yang memiliki keistimewaan seperti albino, snow, red eye, atau keistimewaan-keistimewaan lainnya, maka harga kura-kura pardalis tersebut akan semakin mahal lagi. Jadi Anda harus merawat dengan baik kura-kura pardalis ini.

cara-merawat-kura-kura-pardalis.jpg

Kenyataannya kura-kura pardalis terbilang cukup sulit untuk dirawat. Bagi Anda yang masih pemula dalam dunia kura-kura, kami sarankan untuk tidak memeliharanya. Penyebabnya apa? Tidak lain karena pardalis merupakan kura-kura yang berasal dari luar negeri. Habitat alaminya sangat berbeda dengan kondisi iklim di Indonesia. Selain itu, kura-kura ini juga mempunyai daya adaptasi yang tidak terlalu bagus serta relatif mudah mengalami stres. Anda harus hati-hati saat merawat kura-kura ini.

Bagi Anda yang tertarik memelihara pardalis, silakan ikuti kiat-kiat dari kami di bawah ini!

KANDANG

Kandang merupakan elemen terpenting yang harus diperhatikan saat memelihara pardalis. Anda harus menyiapkan kandang kura-kura ini dengan sebaik-baiknya. Dilarang keras memakai kandang asal-asalan, apalagi cuma menggunakan baskom atau kardus. Kami sangat merekomendasikan Anda memakai tortotable yang telah dilengkapi termometer, hidrometer, dan lampu ultraviolet. Perlu diketahui, habitat alami pardalis terletak di padang rumput yang kondisinya cenderung kering. Jadi aturlah suhu kandang supaya cukup panas berkisar antara 30-32 derajat celsius dengan tingkat kelembaban yang rendah.

MAKANAN

Walaupun kura-kura pardalis sesekali memakan serangga kecil di habitat alaminya, tetapi kami sarankan Anda cukup memberikan sayuran. Contoh-contoh sayuran yang bisa Anda berikan ke kura-kura ini antara lain fumak, siomak, dan caisim. Anda pun boleh memberikan pelet sebagai pakan utamanya, tapi wajib memakai pelet khusus kura-kura. Sebagai makanan selingan, Anda bisa sesekali memberikan wortel, pepaya, dan pisang. Tidak disarankan untuk memberikan kubis, kangkung, dan sawi putih karena kurang bagus bagi kesehatannya.

KEBERSIHAN

Anda harus benar-benar memperhatikan kebersihan kandang kura-kura pardalis. Pasalnya pardalis ini mudah terkena penyakit, terutama penyakit pada pernapasan yang disebabkan oleh infeksi kuman dan bakteri. Untuk mencegah penyakit ini menimpa pardalis Anda, salah satu cara yang dapat dilakukan Anda perlu menjaga kebersihan kandangnya. Bersihkan kandang tersebut setiap hari. Segera ganti alasnya apabila sudah kotor atau basah. Anda harus memastikan kondisi kandang pardalis ini senantiasa kering.

Begitu pula untuk kebersihan pardalis itu sendiri, Anda juga wajib memperhatikannya dengan baik. Anda harus menjaga supaya tubuh kura-kura senantiasa bersih. Namun bukan berarti Anda harus selalu memandikannya. Tidak seperti russian tortoise yang boleh dimandikan setiap hari, sebaiknya pardalis hanya dimandikan 1-2 kali/minggu. Di hari-hari biasa, Anda cukup mengelap tubuhnya memakai air hangat saja. Setelah itu, jemurlah kura-kura ini di bawah sinar matahari pagi selama 15-20 menit.