Berapa Lama Kura-kura Mampu Bertahan Hidup Tidak Makan?

Seperti kita ketahui, semua makhluk hidup pada dasarnya membutuhkan makanan. Ini merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi dengan baik agar suatu makhluk sanggup bertahan hidup di dunia ini. Bukan cuma manusia saja yang memerlukan makanan, tetapi binatang dan tumbuh-tumbuhan pun membutuhkannya. Begitu pula dengan kura-kura. Kura-kura memerlukan makanan supaya sanggup bertahan tetap hidup, senantiasa sehat, serta cepat tumbuh besar. Kura-kura memiliki pola makan yang berbeda-beda tergantung spesiesnya loh.

Anda dapat memberi makanan ke kura-kura peliharaan secara rutin. Kami sarankan berikanlah makanan kepada kura-kura tersebut sebanyak 3 kali per hari dengan porsi yang cukup. Ini khusus untuk kura-kura yang masih kecil dan kura-kura remaja ya. Sedangkan untuk kura-kura dewasa, Anda bisa memberikan makanan kepadanya setiap 2 hari sekali sampai dia kenyang. Makanan merupakan salah satu kebutuhan dasar bagi kura-kura. Makanan ini akan memberikan nutrisi yang diperlukan oleh kura-kura untuk dapat bertahan hidup dan tumbuh semakin besar.

Kura-kura yang sehat selalu mempunyai nafsu makan yang tinggi. Kura-kura tersebut doyan sekali ketika melahap makanannya. Dia terlihat begitu menikmati kelezatan makanan tadi. Sementara itu, kura-kura yang sakit pasti akan mengalami penurunan pada nafsu makannya. Mulai dari perilakunya yang kadang-kadang nampak seperti ogah-ogahan kalau disuruh untuk makan, sampai kura-kura tersebut melakukan mogok makan secara total. Ini merupakan kondisi yang sangat berbahaya karena kura-kura tadi yang tak mau makan sama sekali mungkin akan cepat mati.

Oleh sebab itu, Anda harus memberikan perhatian yang serius ketika melihat ada kura-kura yang sedang tidak nafsu makan. Mengapa? Sebab bila kondisi kesehatannya semakin menurun, dia pasti akan mogok makan. Pada situasi yang sangat genting, kami menganjurkan Anda untuk memaksa kura-kura tersebut supaya tetap bisa mendapatkan makanan melalui proses forced feeding yang dilaksanakan secara benar dan hati-hati. Alasannya karena kura-kura tadi memang tetap membutuhkan makanan walau dia sudah menyerah dengan keadaanya yang kian memburuk.

Lantas, sampai berapa lamakah waktu bagi kura-kura mampu bertahan hidup tanpa makan sama sekali? Jawabannya tergantung pada usia kura-kura tersebut. Sebab pada dasarnya, semakin tua usia kura-kura tadi, maka semakin tinggi pula daya tahan tubuh yang dimilikinya.

KURA-KURA KECIL

Kura-kura yang masih kecil mempunyai daya tahan tubuh yang lemah sekali. Ibarat seorang bayi, kura-kura kecil sebenarnya belum sanggup melakukan apapun. Cuma keadaan alam yang keras memaksanya untuk mencari makanan sendiri supaya dapat bertahan hidup. Kami anjurkan untuk memberi makanan ke kura-kura kecil ini berulang-ulang kali dengan porsi yang sedikit-sedikit saja. Hal ini dilakukan agar dia cepat besar dan tubuhnya pun semakin kuat. Kura-kura ini hanya boleh tak makan selama 2-3 hari saja. Pada hari 4 dan 5 merupakan kondisi yang sangat kritis. Anda harus segera membawanya ke dokter jika dia tetap tidak mau mengonsumsi makanan apapun.

KURA-KURA REMAJA

Kura-kura masuk dalam usia remaja ketika telah dipelihara selama 4-6 bulan tergantung spesiesnya. Ada beberapa spesies kura-kura yang memang cepat mengalami kematangan sel pertumbuhannya. Biasanya kura-kura air lebih cepat matang selnya dibandingkan dengan kura-kura darat. Hal ini berpengaruh pula terhadap daya tahan tubuh kura-kura tersebut serta kemampuannya dalam bertahan hidup meski tidak makan sama sekali. Rata-rata kura-kura remaja yang tergolong dalam usia remaja ini bisa tetap sanggup hidup walaupun tidak makan selama 3-5 hari. Sedangkan hari 6 dan 7 adalah keadaan yang sangat kritis. Anda harus segera melarikannya ke dokter hewan terdekat.

KURA-KURA DEWASA

Kura-kura dewasa mampu bertahan hidup meskipun tidak makan apapun dalam waktu yang jauh lebih lama daripada saat dia masih kecil ataupun remaja. Faktanya adalah kura-kura ini bahkan bisa bertahan hidup tanpa makanan selama berbulan-bulan loh. Hal ini tergantung juga pada spesies kura-kura Anda. Beberapa jenis kura-kura raksasa seperti galapagos, aldabra, dan sulcata memang sudah terkenal dapat menahan lapar selama beberapa minggu. Kondisi tersebut tidak terlepas dari habitat alaminya yang ada di gurun pasir yang minim bahan makanan sehingga memaksanya untuk mampu menahan lapar. Namun selama dalam pemeliharaa kita, batas amannya cuma 30 hari ya. Sebaiknya sih cepat bawa kura-kura ini ke dokter hewan sebelum kondisinya semakin parah.