Cara Forced Feeding Sulcata Tortoise

Tidak selamanya kura-kura sulcata yang Anda pelihara dalam kondisi yang sehat. Ada kalanya kura-kura tersebut jatuh sakit. Salah satu gejala awal yang biasa muncul yaitu nafsu makannya menurun. Kura-kura secara tiba-tiba memiliki selera makan yang lebih rendah dibandingkan dengan biasanya. Dia seperti ogah-ogahan memakan sayur-sayuran yang Anda berikan. Anda pun menjadi pusing sendiri melihat keadaan kura-kura tersebut.

Sulcata dan kura-kura lainnya sebenarnya mempunyai kemampuan menyimpan cadangan makanan. Hal ini membuatnya tetap bisa bertahan hidup meskipun tidak mengonsumsi pakan selama 2-3 hari. Namun jika kura-kura sama sekali tidak makan hingga lebih dari 5 hari, maka kondisinya dalam bahaya. Kalau tidak segera ditangani, bukan tidak mungkin sulcata tersebut akan mati secara mendadak. Anda harus memaksanya supaya makan.

cara-forced-feeding-sulcata.jpg

Upaya memberikan makanan secara paksa kepada kura-kura disebut forced feeding. Kadang-kadang force feeding ini perlu dilakukan supaya kura-kura tetap mendapatkan asupan nutrisi dan cairan, meskipun sebenarnya dia sendiri tidak mau. Apa tujuannya? Untuk mencegah kematian kura-kura akibat kelaparan dan dehidrasi. Walau kelihatannya kasar, namun faktanya force feeding merupakan tindakan yang sangat dianjurkan ketika situasi yang genting.

Lantas, bagaimana caranya memaksa kura-kura agar mau makan melalui teknik forced feeding?

Alat dan Bahan :

  • Suntikan
  • Blender
  • Sarung tangan
  • Sayuran
  • Air

Langkah-langkah :

  1. Siapkan sayur-sayuran yang ingin Anda berikan kepada sulcata. Cucilah sayur-sayuran ini sampai bersih. Lalu potong menjadi ukuran yang kecil.
  2. Masukkan semua potongan sayur-mayur ke dalam gelas blender. Tambahkan air secukupnya. Kemudian nyalakan blender sampai sayur-sayuran di dalamnya menjadi bubur.
  3. Siapkan suntikan yang steril. Lepaskan jarum pada suntikan tersebut. Karena di sini kita hanya membutuhkan alat suntiknya saja untuk menyuapi si kura-kura.
  4. Masukkan jus sayur ke dalam suntikan sampai penuh. Disarankan untuk membuat jus sayur yang agak encer supaya mudah masuk ke mulut sulcata.
  5. Dengan hati-hati, bukalah mulut sulcata menggunakan tangan kiri Anda. Anda harus membukanya secara perlahan-lahan. Jika Anda membuka mulut sulcata terlalu keras, mungkin saja mulutnya akan robek.
  6. Setelah Anda berhasil membuka mulut si kura-kura, segera masukkan bagian ujung suntikan ke dalam mulut tersebut. Selanjutnya doronglah suntikan tersebut untuk mengeluarkan isi jus sayur di dalamnya.
  7. Suapilah sulcata sedikit demi sedikit. Posisikan kura-kura ini mendongak ke atas sehingga jus sayur yang masuk ke mulutnya bisa langsung mengalir ke dalam perut.
  8. Selama tidak nafsu makan, Anda perlu menyuapi kura-kura sebanyak 3 kali/hari yaitu pagi, siang, dan sore. Pastikan kura-kura mendapatkan makanan yang cukup setiap kali Anda menyuapinya.

Anda harus rajin melakukan forced feeding ini sampai sulcata peliharaan Anda terlihat mau makan lagi.