Cara Kasih Makan Kura-kura Darat yang Benar

Pada akhirnya, Anda berhasil juga mendapatkan kura-kura darat yang sudah diimpi-impikan selama ini. Kura-kura darat adalah kelompok kura-kura yang hidup di daratan saja. Kura-kura ini tidak mempunyai selaput renang sehingga sama sekali tidak bisa berenang. Kalau dipaksa memasukkannya ke air, kura-kura ini akan tenggelam lalu mati. Itulah mengapa, kura-kura ini hanya bisa bertahan hidup di lingkungan daratan.

Terdapat cukup banyak spesies kura-kura yang tergolong ke dalam kelompok kura-kura darat. Bahkan Negara Indonesia sendiri mempunyai setidaknya 4 spesies kura-kura darat. Beberapa contoh kura-kura darat yang biasa dipelihara yaitu sulcata, russian, emys, aldabra, indian star, radiatta, forsteni, dan masih banyak lagi. Perlu Anda ketahui, kura-kura darat mengonsumsi rumput, daun dan bunga, serta serangga kecil di habitat alaminya.

kasih-makan-kura-kura-darat.jpg

Bagi Anda yang baru pertama kali memelihara kura-kura darat, Anda mungkin akan mengalami sedikit kebingungan dalam memberinya makan. Bagaimana cara memberikan makanan kepada kura-kura tersebut? Apa prosesnya sama saja dengan memberikan makanan kepada kura-kura air atau kura-kura semi-aquatic? Kami akan berusaha menjelaskannya secara detail, baik ketika Anda memberikan makan ke kura-kura darat memakai sayur-mayur, pelet, maupun serangga.

Memberi Makan dengan Sayuran

Semua kura-kura darat paling suka sayur-mayur. Hal ini berbanding terbalik dengan kura-kura air yang lebih suka memakan daging-dagingan. Jenis sayuran yang paling baik untuk kura-kura darat yaitu caisim (sawi hijau), fumak, dan siomak (sawi china). Sedangkan sayur-sayuran lain yang juga boleh Anda gunakan antara lain kangkung, daun ubi jalar, daun talas, sawi putih, timun, wortel, dan selada air. Sedangkan jenis-jenis sayuran yang sebaiknya dihindari yakni kol, selada keriting, dan brokoli.

Anda bisa menggunakan sayur-sayuran sebagai makanan pokok kura-kura darat. Sayur-mayur mengandung vitamin, mineral, dan air yang melimpah sehingga sangat bagus mendukung pertumbuhan kura-kura. Sebelum diberikan kepada kura-kura, sayuran ini wajib dicuci sampai bersih terlebih dulu di bawah air yang mengalir. Hal ini berguna untuk menghilangkan kotoran dan zat pestisida. Setelah itu, Anda bisa memotong sayuran dengan ukuran yang lebih kecil. Barulah sayuran ini bisa Anda masukkan ke kandang agar kura-kura memakannya.

Memberi Makan dengan Buah

Sesekali Anda bisa memberikan buah-buahan ke kura-kura darat sebagai pakan selingannya. Sama seperti sayuran, buah kaya akan vitamin dan mineral yang baik bagi pertumbuhan kura-kura darat. Memberikan makanan selingan akan menjaga nafsu makan kura-kura tersebut sehingga tidak merasa bosan. Jenis buah-buahan yang bagus untuk kura-kura darat yaitu buah pepaya dan buah pisang. Sisa buah yang tidak dimakan kura-kura harus segera dibersihkan agar kandangnya tidak diserang oleh semut.

Memberi Makan dengan Pelet

Untuk alasan kepraktisan, beberapa penghobi kura-kura menggunakan pelet sebagai makanan utama bagi binatang bertempurung keras ini. Hal tersebut boleh-boleh saja asalkan Anda memang menggunakan pelet khusus untuk kura-kura darat. Perlu Anda ketahui, pelet kura-kura darat berbeda komposisinya dengan pelet kura-kura air. Umumnya pelet kura-kura air dan pelet ikan mempunyai aroma amis sehingga kura-kura darat tidak akan mau memakannya. Hindari pula memberikan pelet kelinci.

Kalau mau memberikan makan menggunakan pelet, Anda harus memakai pelet khusus untuk kura-kura darat. Pelet ini biasanya memiliki butiran yang lebih besar daripada pelet kura-kura air. Cara memberikan pelet ke kura-kura darat yaitu masukkan pelet secukupnya ke dalam tempat makan kura-kura, lalu tambahkan air sekitar 1 sendok makan. Tekstur pelet yang sudah diberi air ini kemudian akan melunak. Pelet yang telah lunak inilah yang bisa Anda berikan ke kura-kura darat.

Memberi Makan dengan Serangga

Serangga banyak mengandung protein yang akan membuat kura-kura darat Anda akan tumbuh dengan cepat. Kura-kura tersebut akan cepat besar bila rutin diberi makan memakai serangga. Jenis serangga yang biasanya diberikan ke kura-kura darat yaitu ulat hongkong. Tapi sebenarnya tanpa memberikan serangga pun kondisi kura-kura darat Anda akan baik-baik saja. Jadi makanan ini hanya opsional saja. Serangga hanya boleh diberikan sebanyak 1 kali/minggu sebab sifat dagingnya yang panas dikhawatirkan dapat mengganggu sistem pencernaan kura-kura darat.