Cara Memberi Makan Sayuran ke Kura-kura Darat

Kura-kura darat (tortoise) merupakan binatang omnivora yang mengonsumsi tumbuh-tumbuhan dan serangga kecil. Tapi dalam pemeliharaan kita, Anda boleh hanya memberikan sayur-sayuran kepadanya. Sayuran adalah pakan terbaik bagi kura-kura tortoise. Kura-kura ini aman memakan sayuran setiap hari. Sayuran mengandung nutrisi, serat, mineral, vitamin, dan air yang dibutuhkan oleh tortoise. Dari sekian banyaknya jenis sayuran, sayuran yang paling baik untuk tortoise yaitu caisim, fumak, dan siomak.

Bagi Anda yang baru pertama kali memelihara kura-kura darat mungkin mengalami sedikit kebingungan, bagaimana sih caranya memberikan sayuran ke kura-kura ini? Apakah sayuran tersebut boleh langsung diberikan begitu saja ke kura-kura darat atau perlu diberi perlakuan tertentu terlebih dahulu? Untuk menjawab kebingungan tersebut, Kuranesia kali ini akan memberikan panduan tata cara memberikan sayuran ke kura-kura tortoise yang Anda pelihara beserta hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

cara-memberi-makan-sayuran.jpg

Di bawah ini cara memberikan sayuran ke kura-kura darat yang benar!

Ambil Sayuran Segar Secukupnya

Utamakan memakai sayuran segar untuk diberikan ke kura-kura darat. Sayuran yang baru dibeli di pasar atau sayuran yang baru saja dipetik dari tanamannya merupakan makanan terbaik bagi kura-kura. Tapi Anda juga tetap bisa menggunakan sayuran yang sudah disimpan di dalam kulkas asalkan kondisinya masih cukup segar. Ambil sayuran ini secukupnya saja. Ingat, lebih baik memberikan pakan ke kura-kura sedikit demi sedikit daripada memberikan makanan yang banyak sekaligus.

Cucilah di Bawah Air yang Mengalir

Wajib hukumnya mencuci sayuran terlebih dahulu sebelum diberikan ke kura-kura darat. Walaupun sayuran tersebut nampak bersih dan segar, bukan berarti kondisinya benar-benar aman. Bukan tidak mungkin di permukaan sayuran ini masih ada pestisida, fungisida, atau pupuk kimia yang bersifat racun bagi kura-kura. Maka dari itu, Anda tetap harus mencuci sayuran ini. Cucilah sayuran ini di bawah air yang mengalir sembari digosok-gosok permukaannya sampai bersih.

Potong Menjadi Ukuran Lebih Kecil

Untuk mempermudah kura-kura darat Anda memakan sayuran, sebaiknya potonglah sayuran tersebut menjadi ukuran yang lebih kecil. Apalagi jika kura-kura Anda masih berukuran bayi, maka Anda harus memotong-motong sayuran ini menjadi berukuran lebih kecil lagi. Potonglah sayuran-sayuran ini secara memanjang dan membentuk potongan korek api. Gunakan pisau yang bersih untuk memotong sayuran ini. Usahakan ukuran ketebalan potongannya jangan terlalu halus.

Langsung Berikan ke Kura-kura

Sayuan ini lantas bisa Anda berikan langsung kepada kura-kura. Anda bisa langsung meletakkan sayuran ini di salah satu sudut kandang. Potongan-potongan sayuran ini sebaiknya dikumpulkan di salah satu bagian. Jangan menyebarnya di seluruh bagian kandang. Kalau perlu, Anda juga bisa meletakkan sayuran ini di dalam tempat makan khusus kura-kura agar tidak berantakan. Tapi kalau tidak ada feeding dish ini, langsung letakkan saja sayuran ini di atas kandang tanpa perlu memakai alas.

Variasikan agar Kura-kura Tidak Bosan

Sebaiknya berikan makanan ke kura-kura tortoise berupa sayuran yang bervariasi. Jangan menggunakan hanya satu jenis sayuran saja. Sebab kura-kura pun dapat mengalami kebosanan. Mungkin saja hari ini kura-kura Anda doyan banget memakan caisim. Namun bukan tidak mungkin lusanya, kura-kura tersebut tidak menyentuh caisim ini sama sekali. Lebih baik makanan ini memang diganti terus setiap hari untuk mencegah kebosanan sehingga nafsu makan kura-kura tetap terjaga.