Cara Membersihkan Akuarium Kura-kura

Memelihara kura-kura dapat dilakukan juga menggunakan akuarium loh. Tentunya akuarium tersebut harus diatur sesuai dengan jenis kura-kura yang Anda pelihara. Kura-kura air dapat Anda pelihara seperti memelihara ikan. Berbeda dengan kura-kura semi-aquatic yang harus dipelihara di akuarium dengan perairan dan daratan. Sedangkan memelihara kura-kura darat harus dilakukan sepenuhnya di wilayah daratan saja.

Kura-kura yang Anda pelihara dengan sebaik-baiknya. Sebenarnya bukan cuma kura-kura ini saja yang dirawat, tetapi tempat tinggalnya pun harus dijaga dengan baik. Terutama tentang kebersihannya yang benar-benar harus Anda perhatikan. Jangan biarkan kondisi kandang tadi kotor sehingga menjadi sarang kuman dan penyakit. Dampaknya yaitu kura-kura Anda bakal mudah sakit kalau keadaan kandangnya kotor.

membersihkan-akuarium-kura-kura.jpg

Begini langkah-langkah cara membersihkan akuarium kura-kura  yang benar!

Pindahkan Kura-kura ke Wadah Lain

Anda bisa memulainya dengan memindahkan semua kura-kura yang ada di dalam akuarium ke wadah lain yang aman. Untuk keperluan ini, Anda dapat menggunakan baskom plastik yang cukup besar. Buat kura-kura air, tentunya Anda perlu mengisikan air yang cukup dalam ke baskom ini terlebih dahulu. Jangan lupa juga untuk memasang filternya. Sedangkan untuk kura-kura darat lebih baik Anda rendam dengan air hangat hingga memenuhi setengah dari tinggi badannya.

Keluarkan Semua Aksesori di Akuarium

Setelah urusan kura-kura sudah beres, selanjutnya Anda tinggal mengeluarkan semua aksesori yang terpasang di akuarium. Bukan cuma Anda saja, para penghobi yang lainnya pun memang biasanya memasukkan beberapa aksesori ke dalam akuarium untuk membuat kura-kuranya merasa nyaman seperti di lingkungan alaminya. Selain itu, keberadaan aksesori-aksesori ini juga akan membuat penampilan akuarium terlihat lebih menarik. Silakan Anda bisa keluarkan semua aksesori tersebut dari akuarium sampai kosong.

Cucilah Akuarium sampai Bersih

Hati-hati saat mengangkat akuarium ini supaya tetap aman. Jika Anda merasa terlalu berat, jangan sungkan meminta bantuan ke orang lain. Buanglah air dan semua kotoran dari dalam akuarium. Kemudian siramkan air ke semua bagian akuarium guna menghilangkan kotorannya. Setelah itu Anda tinggal menggosokkan busa yang sudah diberi sabun cuci piring ke seluruh permukaan akuarium sampai bersih. Jangan lupa berikan perhatian penuh pada bagian sudut-sudut akuarium yang kerap diselimuti noda membandel. Setelah semuanya bersih, lantas Anda bisa membilasnya.

Jemur Akuarium di Bawah Sinar Mentari

Jangan langsung menggunakan kembali akuarium yang baru saja Anda cuci untuk memelihara kura-kura. Lebih baik Anda jemur terlebih dahulu di bawah sinar matahari supaya bakteri dan kuman di dalamnya semuanya mati. Anda tinggal meletakkan akuarium yang sudah bersih tadi di tempat yang terbuka untuk dijemur selama 30-45 menit. Panas dari sinar matahari ini sangat efektif membuat kondisi akuarium menjadi steril.

Cuci Juga Semua Aksesori Akuarium

Sembari menunggu akuarium yang sedang dijemur, Anda bisa mencuci aksesori-aksesori yang dipakai untuk memperindah tampilan tangki kura-kura Anda. Aksesori ini pun wajib dicuci hingga bersih dan bebas dari kotoran. Anda dapat menggosok permukaannya memakai spons yang telah diberi sabun cuci piring. Gosoklah permukaan aksesori tersebut secara merata, lalu bilas dengan air bersih. Jangan lupa untuk menjemurnya pula.

Setting Kembali Akuarium Seperti Semula

Setelah akuarium beserta aksesori-aksesorinya sudah bersih semua, kini Anda bisa memasang kembali seperti semula. Letakkan akuarium tersebut di posisinya semula dengan benar. Pastikan permukaannya sudah rata. Khusus untuk setting akuarium kura-kura air, Anda perlu mengisi tangki ini dengan air terlebih dahulu, kemudian pasang filter. Nyalakan filternya selama 1-2 jam, dilanjutkan dengan memasukkan semua aksesori pelengkapnya. Sedangkan untuk akuarium kura-kura darat, Anda bisa langsung memasang aksesori ke akuarium dan juga lampu penghangatnya. Terakhir kali, masukkan kura-kura ke akuarium.