Cara Membuat Kandang Kura-kura Ambon yang Tepat

Kura-kura ambon termasuk dalam famili Geoemydidae di genus Cuora. Habitat alaminya mulai dari India di sebelah barat sampai Indonesia bagian timur. Ciri-ciri kura-kura ini mempunyai karapas yang tinggi membulat dan berwarna kehitaman, kecokelatan, atau cokelat zaitun. Bagian plastronnya dapat ditekuk menurut garis melintang. Warnanya putih kotor atau krem dengan bercak-bercak besar kehitaman. Kepalanya berwarna hitam dengan garis-garis kuning yang khas.

Sebagai kura-kura semi-aquatic, kuya batok hidup di dua alam yaitu wilayah daratan serta perairan. Kura-kura ambon sangat senang hidup di lahan yang kondisinya basah. Lingkungan tempat tinggal yang disukainya mulai dari sungai, sawah, hingga rawa-rawa. Itu sebabnya, saat memelihara kura-kura ini, Anda perlu menyediakan tempat tinggal yang layak untuknya. Anda harus menyediakan kandang yang dapat membuat kura-kura ambon merasa nyaman berada di dalamnya.

kandang-kura-kura-ambon.jpg

Saat membuat kandang untuk kura-kura ambon, Anda perlu memperhatikan faktor-faktor di bawah ini!

Lokasi

Anda sebaiknya membuat kandang kura-kura di tempat yang tenang, sepi, dan teduh. Kura-kura ambon pada dasarnya menyukai ketenangan. Jadi ada baiknya Anda memilih tempat di sudut bangunan sebagai lokasi pembuatan kandang kura-kura ambon. Hindari tempat yang ramai dan berisik serta tempat yang suasananya begitu bising karena dapat mengganggu kenyamanan tinggal kura-kura ini. Lebih bagus lagi apabila di atas kandang kura-kura tersebut terdapat pohon yang dapat menaungi kondisi kandang.

Darat dan Air

Kandang untuk kura-kura ambon wajib mempunyai wilayah darat dan air. Kura-kura ini tidak boleh hanya dipelihara di darat atau di air saja karena dapat menyebabkan pertumbuhannya menjadi tidak normal. Perbandingan antara wilayah air dan darat yang kami sarankan yaitu 1:2 sebab kura-kura ambon memang lebih suka berada di daratan. Anda bisa membuat kolamnya dari bak beton dengan pagar di sekelilingnya. Buatlah kedalaman kolam setinggi postur kura-kura yaitu 15-20 cm. Untuk area daratnya tidak perlu diisi dengan tanah.

Pagar

Kandang untuk kura-kura ambon harus dilengkapi pagar di sekelilingnya. Pagar tersebut tidak hanya berguna untuk melindungi kura-kura dari binatang predator, tetapi juga mencegah kura-kura tersebut kabur dari kandang. Kalau sudah berhasil kabur, kura-kura ambon ini sangat pintar dalam bersembunyi. Sehingga Anda perlu mencegahnya sebelum masalah ini terjadi. Jangan menggunakan pagar yang berbentuk jeruji atau jaring sebab kura-kura ambon mampu memanjatinya. Pakailah pagar yang polos, tetapi kokoh.

Tempat Bersembunyi

Karakteristik dasar kura-kura ambon adalah pemalu. Kura-kura ini pemalu sekali terutama saat berada di lingkungan baru. Kura-kura ambon akan sering berada di dalam tempurungnya kalau masih belum bisa beradaptasi dengan baik terhadap lingkungannya. Anda bisa membantunya merasa nyaman dengan menyediakan tempat bersembunyi di dalam kandang. Buatlah tempat bersembunyi dari beton yang dilengkapi pepohonan di sekitarnya. Jangan gunakan tumpukan batu karena rentan jatuh menimpa tubuh kura-kura.