Cara Membuat Kolam Kura-kura yang Sederhana

Kura-kura hendaknya dipelihara di dalam kandang khusus. Untuk kura-kura air, Anda dapat menggunakan kolam sebagai tempat pemeliharaannya. Namun kolam kura-kura ini berbeda dengan kolam ikan. Tidak hanya berisi air saja, kolam tersebut sebaiknya juga memiliki area daratan. Mengingat kura-kura memang hidup di air dan darat. Bahkan untuk spesies kura-kura full-aquatic pun senang naik ke daratan untuk sekadar berjemur.

Kolam adalah kandang yang paling tepat untuk kura-kura. Dibandingkan dengan akuarium, kolam menyediakan tempat tinggal yang lebih aman dan nyaman. Di sini kura-kura peliharaan Anda akan merasa tinggal seperti di habitat alaminya. Dia tidak merasa seolah-olah sedang terkurung atau terpenjara, terutama bila kolam tersebut berukuran cukup luas. Kura-kura pun akan tampak lebih menarik saat berada di dalam kolam.

membuat-kolam-kura-kura.jpg

Bagi Anda yang ingin membuat kolam untuk kura-kura, Anda bisa mengikuti panduan di bawah ini!

Cari Lokasi yang Tepat

Secara umum, kura-kura senang tinggal di tempat yang tenang dan sepi. Tempat tersebut jauh dari sumber suara yang berisik atau bising. Anda sebaiknya memilih tempat seperti ini sebagai lokasi pembuatan kolam kura-kura. Biasanya tempat tersebut berada di halaman belakang atau halaman samping. Pilihlah posisi yang paling cocok. Kalau sudah ada pohon besar yang tumbuh di sana, Anda bisa memilih lokasi di bawahnya.

Lakukan Pengukuran Kolam

Kolam yang Anda buat harus berukuran cukup besar bagi kura-kura. Minimal ukuran bentang kolam yaitu tiga kali lipat dari postur kura-kura yang ada di dalamnya. Semakin luas ukuran kolam tersebut, maka akan semakin nyaman ditinggali oleh kura-kura. Bila Anda memelihara kura-kura cukup banyak, ukuran kolamnya pun harus lebih luas. Namun membuat kolam yang terlalu luas juga akan merepotkan Anda dalam merawatnya. Idealnya kolam kura-kura dibuat dengan ukuran 1 x 1 m sampai 2 x 2 m.

Gali Tanah Sesuai Ukuran

Ukuran tingkat kedalaman kolam untuk memelihara kura-kura tidak perlu terlalu dalam. Anda bisa membuatnya dengan kedalaman maksimal 50 cm. Lakukan penggalian tanah sesuai dengan perencanaan yang telah ditentukan. Bentuk kolam tersebut tidak harus kotak atau bundar, Anda pun dapat membuatnya dengan bentuk lain yang lebih rumit. Galilah lubang untuk pembuatan kolam. Di sini Anda mungkin membutuhkan pompa air untuk menguras air tanah yang keluar selama proses penggalian berlangsung.

Buatlah Kolam Beton

Kolam kura-kura yang paling awet dan hemat biaya terbuat dari bahan beton. Mulailah dengan membuat pondasi terlebih dahulu di bagian paling dasar. Pondasi ini begitu penting untuk menopang beban struktur kolam dan air yang ada di dalamnya. Sayangnya tidak sedikit orang yang lalai membuat pondasi sehingga mengakibatkan kolamnya mudah bocor. Setelah pondasi selesai dibuat, selanjutnya Anda bisa membangun bagian lantai dan dinding kolam tersebut. Disarankan untuk menyediakan area darat di tengah-tengah kolam. Lantas kolam ini dibiarkan selama minimal 30 hari agar mengering dengan sempurna. Selama proses pengeringan berlangsung disarankan untuk membasahi kolam terus-menerus.

Lakukan Proses Sterilisasi

Kolam yang baru selesai dibuat tidak boleh langsung digunakan untuk memelihara kura-kura. Sebab kolam tersebut masih mengandung zat-zat racun yang berasal dari semen, pasir, dan bahan-bahan kimia lain yang Anda gunakan. Itu sebabnya, kolam ini wajib dibersihkan sampai benar-benar bersih terlebih dahulu. Caranya yaitu Anda bisa menyikati seluruh permukaan kolam secara merata. Lalu gosok menggunakan pelepah pisang. Setelah itu, isilah kolam dengan air sampai penuh. Lakukan proses sterilisasi ini minimal sebanyak 3 kali berturut-turut.

Isilah dengan Air Bersih

Isilah kolam yang sudah steril tersebut dengan air yang bersih. Selanjutnya Anda bisa merilis beberapa ikan mas atau ikan nila sebagai penguji apakah kolam tersebut memang sudah benar-benar layak digunakan atau belum. Pelihara kolam ini selama 7 hari dan perhatikan kondisi ikan. Jika ikan tetap mampu hidup di dalam kolam tersebut serta gerak-geriknya tampak sehat dan lincah berarti kolam sudah siap dipakai untuk memelihara kura-kura. Anda bisa memasang filter air yang lebih besar.