Memilih Sulcata yang Bagus, Ini 15 Ciri-ciri yang Harus Diperhatikan

Ada begitu banyak spesies kura-kura yang bisa Anda pelihara. Tidak hanya kura-kura air saja, Anda pun dapat memelihara kura-kura darat. Misalnya yaitu sulcata (Centrochelys sulcata). Sulcata adalah kura-kura darat yang berasal dari Afrika. Postur kura-kura sulcata ini merupakan yang paling besar ketiga di dunia, setelah galapagos dan aldabra. Maka tak heran kalau harga sulcata termasuk mahal. Paling murah, Anda bisa mendapatkannya di kisaran Rp 1,2 jutaan.

Kalau Anda mempunyai tabungan yang cukup, tidak ada salahnya membeli sulcata. Kura-kura ini juga bisa menjadi aset investasi yang bagus bagi Anda. Walaupun harga belinya memang mahal, tetapi setelah tumbuh besar nanti, Anda bisa menjualnya dengan harga jual yang jauh lebih tinggi lagi. Bahkan harga rata-rata sulcata indukan bisa menembus sampai nominal Rp 30-40 juta/ekor. Umumnya sulcata betina memiliki harga pasaran yang lebih mahal daripada sulcata jantan karena bisa menghasilkan keturunan.

Mengingat harga belinya yang mahal, Anda harus memilih sulcata dengan cermat dan teliti. Jangan sampai salah pilih. Kesalahan dalam memilih kura-kura sulcata bisa menyebabkan Anda mengalami kerugian yang besar. Anda tentu tidak mau uang jutaan rupiah melayang begitu saja, kan? Oleh sebab itu, pilihlah kura-kura ini secara bijaksana. Sebisa mungkin pilihlah sulcata yang kualitasnya paling bagus. Tapi bagaimana cara memilihnya?

Di bawah ini ciri-ciri sulcata yang memiliki kualitas bagus, antara lain :

  1. Nafsu Makannya Tinggi

Untuk dapat menilai kesehatan kura-kura, Anda bisa memperhatikan nafsu makannya. Kura-kura yang sehat selalu mempunyai nafsu makan yang tinggi. Kura-kura tersebut segera menghampiri pakan yang kita berikan, kemudian memakannya. Kura-kura yang rakus melahap makanan memiliki kualitas yang lebih bagus. Artinya kura-kura tersebut benar-benar sehat. Kura-kura yang rakus ini juga akan cepat tumbuh besar.

  1. Responsnya Bagus

Kura-kura sulcata yang bagus akan memberikan respons dengan baik terhadap semua sentuhan yang kita lakukan kepadanya. Contoh yang paling sederhana misalnya saat kita menyentuh bagian tempurungnya, kura-kura tersebut tidak diam saja, melainkan menggerak-gerakkan kepala atau kaki-kakinya. Begitu pula ketika kita mengangkat tubuhnya, kaki kura-kura tersebut akan terus bergerak dengan lincahnya.

  1. Bergerak dengan Aktif

Salah satu tanda kura-kura yang sehat adalah gerakannya yang aktif. Dia tidak hanya berdiam diri di pojokan kandang saja, tetapi bergerak secara aktif ke seluruh tempat. Perlu Anda ketahui, ada beberapa jenis kura-kura yang secara alamiah lebih suka diam daripada bergerak. Tapi sulcata bukan termasuk tipe ini. Sulcata merupakan kura-kura yang lincah. Gerakannya aktif sekali di dalam kandang.

  1. Gerakan Tubuhnya Stabil

Anda perlu memperhatikan gerakan sulcata. Tidak selamanya kura-kura yang terlihat bergerak dengan aktif memiliki kondisi yang benar-benar sehat. Hal ini terlihat dari irama gerakannya apakah teratur atau tidak. Perhatikan dengan seksama gerakan kura-kura sulcata tersebut. Jika kura-kura sulcata ini memang bagus, maka gerakannya akan tetap stabil, tidak seperti sedang berlari atau tiba-tiba berdiam diri.

  1. Bola Matanya Jernih

Penampilan bola mata kura-kura tidak bisa menipu tentang kondisi asli kesehatannya. Kura-kura yang sehat mempunyai bola mata yang jernih. Mata kura-kura tersebut terlihat berbinar dan bersih. Tidak ada kotoran di sekitar mata kura-kura. Sulcata juga dapat membuka matanya secara optimal, tidak hanya setengah bagian saja. Saat Anda akan menyentuh bola mata ini, sulcata segera merespons dengan menutup kelopaknya.

  1. Suara Nafasnya Teratur

Anda harus waspada terhadap penyakit pneumonia yang bisa menyerang kura-kura sulcata. Pneumonia termasuk salah satu penyakit yang sangat mematikan dan sulit disembuhkan. Penyakit ini menyerang bagian sistem saluran pernapasannya. Untuk memastikan sulcata bebas dari penyakit ini, Anda bisa mendengarkan irama suara nafasnya. Sulcata yang sehat memiliki suara nafas dengan irama teratur.

  1. Kakinya Berdiri Tegap

Sulcata mempunyai kaki yang bentuknya menyerupai kaki gajah. Kaki tersebut begitu kokoh dan berdiri dengan tegap. Kaki-kaki ini menopang tubuh sulcata yang memang cukup berat. Sulcata yang kualitasnya bagus dapat dilihat dari postur kakinya, di mana kaki sulcata ini berbentuk kokoh dan padat berisi. Sehingga dia mampu berjalan dengan tegap, tidak ngesot atau menyeret kaki-kaki belakangnya.

  1. Anggota Tubuhnya Lengkap

Kura-kura sulcata yang kualitasnya bagus juga seharusnya mempunyai anggota tubuh yang lengkap. Dalam artian kura-kura tadi tidak mengalami cacat sama sekali. Jumlah kakinya empat, kepalanya normal, memiliki ekor, dan tempurungnya pun bermasalah. Kadang-kadang ditemukan sulcata yang memiliki tempurung yang bermasalah seperti rusak, berlubang, atau patah. Sulcata seperti ini sebaiknya tidak dipilih.

  1. Bebas dari Jamur

Jamur bisa menyerang semua jenis kura-kura, termasuk sulcata. Serangan jamur ini akan mengakibatkan kura-kura merasa gatal sehingga dia pun merasa tidak nyaman. Dampak yang ditimbulkan oleh serangan jamur ini begitu besar. Bahkan bukan tidak mungkin kura-kura tersebut bisa mengalami cacat akibat tubuhnya rusak digerogoti jamur. Parahnya, serangan jamur ini bisa menular ke sulcata yang lainnya.

  1. Tidak Terserang Pilek/Flu

Meskipun bagi manusia penyakit pilek atau flu merupakan penyakit yang ringan, tapi tidak demikian bagi kura-kura. Flu termasuk salah satu penyakit yang berbahaya bagi kura-kura. Penyakit flu akan menyebabkan hidung kura-kura tersumbat oleh lendir. Kura-kura tersebut pun akan sulit bernapas karena hidungnya tersumbat. Jadi hindari membeli sulcata yang sedang sakit flu atau pilek.

  1. Warnanya Cerah

Kura-kura yang premium mempunyai warna tempurung yang cerah. Warna tersebut tegas, tidak pudar, dan tidak samar-samar. Sulcata yang bagus memiliki tempurung yang berwarna cerah, baik di bagian warna kuning maupun cokelatnya. Semakin cerah warna kura-kura ini, menandakan kalau kualitasnya semakin bagus. Sulcata yang cerah juga biasanya akan menurunkan bakat kecerahan warnanya pada anak-anaknya.

  1. Garis-garisnya Tipis

Bagi para penghobi kura-kura, penampilan tempurung itu nomor satu. Tentu saja setelah dipastikan bahwa kura-kura tersebut benar-benar sehat ya. Salah satu ciri-ciri tempurung yang bagus yaitu garis-garis pada scute-nya memiliki ukuran yang tipis. Istilahnya yaitu sulcata dengan thinline scute. Penampilan sulcata yang mempunyai garis scute yang tipis ini akan terlihat sangat cantik.

  1. Tempurungnya Dotless

Tanda lain dari tempurung sulcata yang bagus ialah warnanya bebas dari titik-titik (dot). Rata-rata sulcata memang mempunyai motif dot ini di bagian tengah setiap scute-nya. Namun ada beberapa sulcata yang bebas dari motif dot ini. Istilahnya yaitu sulcata dotless. Kura-kura sulcata dengan tempurung dotless mempunyai kualitas yang lebih bagus karena terlihat sangat menarik dan bersih.

  1. Memiliki Scute yang Unik

Penampilan tempurung merupakan segalanya bagi kura-kura. Bagus tidaknya kualitas kura-kura bisa dilihat dari penampilan tempurung ini. Salah satu tanda kura-kura yang berkualitas tinggi yaitu pola scute-nya yang unik. Bahkan ada pula sulcata dengan pola susunan scute yang menyerupai sayap. Sulcata yang memiliki jumlah scute lebih dari 13 lingkaran (overscute) juga termasuk kura-kura yang unik dan bagus.

  1. Hasil Penangkaran

Kura-kura yang dijual di pasaran tidak semuanya merupakan tangkapan dari alam liar. Beberapa di antaranya merupakan hasil penangkaran oleh peternak. Kura-kura yang berasal dari penangkaran dianggap sebagai kura-kura yang lebih bagus. Sebab kura-kura ini telah terbiasa dengan perawatan dari manusia. Dia pun sudah biasa memakan sayur-sayuran yang kita berikan, atau bahkan memakan pelet.