Cara Mencari Kura-kura Ambon yang Hilang

Salah satu spesies kura-kura yang paling banyak dipelihara di Indonesia ialah kura-kura ambon. Kura-kura ini memang secara alami hidup di Indonesia. Penyebarannya ada di wilayah Indonesia bagian timur mulai dari Sulawesi, Maluku, dan Papua. Terbilang cukup mudah memelihara kura-kura yang satu ini. Bukan hanya karena habitat aslinya memang di negeri kita, tetapi juga karena kura-kura ambon memiiki daya tahan tubuh yang sangat baik.

Merawat kura-kura memang tidak luput dari aktivitas menjemurnya di bawah sinar matahari. Tujuannya agar dia tetap bisa memperoleh asupan vitamin D yang dibutuhkannya. Namun Anda harus tetap memantau kura-kura ini selama proses penjemuran berlangsung. Pasalnya kura-kura ambon paling suka kabur dari baknya. Kalau sudah berhasil, dia akan langsung mencari tempat bersembunyi yang aman dan bertahan di sana selama berhari-hari.

mencari-kura-kura-ambon.jpg

Sudah pasti Anda sebagai pemiliknya langsung merasa kaget melihat kura-kura yang tiba-tiba tidak ada. Anda pun menjadi kelabakan bukan main. Lantas Anda berusaha mencari kura-kura ambon yang menghilang ini. Tapi apa daya karena ternyata kura-kura ambon ini jauh lebih pintar dari apa yang Anda kira. Faktanya kura-kura ambon mampu mencari tempat yang paling tersembunyi, tidak disangka-sangka, dan susah ditemukan.

Tapi tenang. Kami mempunyai trik yang jitu untuk mencari kura-kura ambon yang sedang bersembunyi atau memancing supaya kura-kura ambon mau keluar dari tempat persembunyiannya.

Carilah di Tempat yang Lembab

Kura-kura ambon memang lihai sekali dalam bersembunyi. Penyebabnya tidak lain karena kura-kura ini senang bersembunyi di tempat yang tidak terduga. Anda pasti akan sulit menemukannya. Namun ada satu kesamaan yaitu kura-kura ini lebih memilih tempat yang memiliki kelembaban tinggi. Tempat-tempat yang lembab, tak terlihat, dan gelap merupakan tempat yang ideal bagi kura-kura ambon untuk menyembunyikan diri.

Jadi Anda bisa mulai mencarinya di tempat-tempat yang lembab. Misalnya di selokan, sekitar kamar mandi, bawah tumbuh-tumbuhan yang rimbun, tumpukan benda-benda, atau bahkan di kolong perabotan. Anda harus teliti memeriksa tempat-tempat ini satu demi satu. Pasang pandangan mata yang tajam mengawasi kondisi di sekitar. Bila perlu, gunakan cahaya dari lampu senter supaya pandangan Anda lebih awas. Maklum saja, kura-kura ambon juga pintar menyamar karena warna tubuhnya yang hitam legam.

Carilah di Tempat yang Tergenangi Air

Tempat lain yang disenangi kura-kura ambon untuk bersembunyi yaitu area yang tergenangi air. Biasanya tempat yang selalu banjir ini menjadi pilihan utama bagi kura-kura ambon, apalagi jika  tempat tersebut dipenuhi oleh lumpur, kami jamin deh kura-kura ambon pasti bersembunyi di sana. Jika Anda melihat tempat seperti ini, segera periksa menggunakan tangan. Telusuri setiap jengkal genangan air trsebut. Bukan tidak mungkin kura-kura ini sedang asyik menenggelamkan diri  dan hanya terlihat kepalanya saja.

Pancing Menggunakan Makanan

Kalau mau lebih praktis lagi dalam mencari kura-kura ambon yang hilang, kami juga memiliki jurus jitunya. Dijamin Anda tidak perlu repot lagi. Caranya yaitu Anda bisa memancing kura-kura tersebut agar keluar dari tempat persembunyiannya menggunakan makanan kesukaannya. Cobalah memakai buah pisang, buah pepaya, daging ikan rebus, atau daging udang kupas. Tak ada kura-kura ambon yang bisa menolak makanan-makanan ini.

Anda cukup menaruh potongan-potongan makanan ini di sekitar tempat-tempat yang dianggap kuat menjadi tempat persembunyian kura-kura. Letakkan makanan-makanan ini dalam jumlah yang cukup banyak. Kemudian Anda perlu menunggu sampai kura-kura mencium aroma makanan tadi dan tertarik untuk menghampirinya. Mungkin proses ini bisa memakan waktu selama berjam-jam. Disarankan untuk tetap mengawasi pakan tadi supaya tidak malah dimakan oleh tikus.