Cara Mencegah Kura-kura agar Tidak Obesitas

Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk memelihara kura-kura. Kura-kura ialah binatang piaraan yang unik dengan tempurung yang dimilikinya. Walaupun kebanyakan kura-kura memiliki mimik muka yang ganas mirip seperti binatang purba, tetapi kalau Anda melihatnya lebih seksama lagi kura-kura ini nampak begitu lucu dan menggemaskan. Apalagi jika kura-kura Anda memiliki postur yang gemuk. Cuma melihatnya berjalan saja, Anda akan merasa gemas sendiri.

Akan tetapi, Anda tidak boleh membiarkan kura-kura mengalami obesitas ya. Mengapa? Sebab obesitas dapat mendatangkan penyakit lain pada kura-kura. Layaknya musang yang obesitas, kura-kura yang juga mengalami obesitas pun akan terlihat lucu sekali. Namun kura-kura sebaiknya tidak dibuat obesitas ya. Dampak yang paling berbahaya yaitu kura-kura Anda bisa mengalami gagal jantung. Jikalau masalah ini sampai terjadi, maka kura-kura tersebut bisa mati secara mendadak.

mencegah-kura-kura-obesitas.jpg

Jadi kami sangat menyarankan Anda untuk menjaga postur kura-kura supaya tetap ideal.

Memberi Makanan yang Cukup

Penyebab utama kura-kura mengalami obesitas yakni Anda memberikannya makanan dalam jumlah yang terlalu banyak. Tanpa memperhitungkan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh kura-kura, Anda terus memberikan makanan tiada henti. Sebaiknya hindari kebiasaan memberi makanan seperti ini karena dapat membahayakan kura-kura Anda. Berikan makanan secukupnya saja. Kalau mau memberi makanan setiap hari, cukup berikan 1-2 kali/hari saja dengan porsi yang wajar.

Letakkan di Tempat yang Luas

Buatlah kura-kura Anda bisa bergerak bebas dengan menyediakan kandang yang layak untuknya. Ukuran kandang ini tak boleh terlalu kecil karena dapat menyulitkan kura-kura di dalamnya bergerak. Akibatnya kura-kura pun akan cenderung lebih senang diam di tempat. Hal ini pula yang dapat menyebabkannya mengalami obesitas. Sebaiknya Anda menyediakan kandang yang proporsional untuknya. Paling tidak ukuran kandang ini 5 kali lebih besar daripada postur tubuh si kura-kura.

Hindari Bahan Makan Berlemak

Bahan makanan yang banyak mengandung lemak memang sangat disukai oleh kura-kura. Kura-kura ini akan makan dengan lahapnya saat Anda memberikan makanan yang berlemak kepadanya. Namun di sisi lain, bahan pangan berlemak ini menyimpan bahaya yang tersembunyi. Kandungan lemak yang tinggi di dalamnya bisa menyebabkan kura-kura Anda mengalami obesitas. Hendaknya Anda menghindari bahan makanan seperti ini untuk diberikan ke kura-kura. Pilihlah makanan yang menyehatkan.

agar-kura-kura-tidak-obesitas.jpg

Sesekali Berikan Sayur-sayuran

Tidak hanya kura-kura darat saja, kura-kura air pun sebenarnya doyan kok memakan sayur. Cuma kalau kura-kura ini diberi daging dan sayur pada saat yang bersamaan, dia memang cenderung akan memilih memakan dagingnya. Trik biar kura-kura mau memakan sayur yaitu Anda harus memberikannya terlebih dahulu sebelum memberikan daging atau pelet. Jenis sayurannya pun tidak boleh sembarangan. Contoh sayuran yang disukai kura-kura antara lain kangkung, kubis, dan sawi putih.

Jangan Kasih Makan Setiap Hari

Disarankan untuk tidak memberi makanan ke kura-kura setiap hari. Berbeda dengan kucing atau anjing yang harus makan setiap hari, kura-kura hendaknya diberi jatah untuk berpuasa. Rata-rata penghobi kura-kura memberlakukan pola makan 1 hari dan puasa 1 hari. Misalnya hari ini Anda memberi makan ke kura-kura, besoknya kura-kura harus berpuasa, kemudian lusanya baru diberi makan lagi. Tapi kalau Anda tidak tega, berlakukan puasa pada kura-kura cukup 1 kali per minggu.

Tips Memberi Pelet ke Kura-kura

Ada banyak penghobi kura-kura yang memilih pelet sebagai makanan hewan peliharaannya. Alasannya karena pelet ini lebih praktis daripada bahan makanan yang masih mentah. Harganya terjangkau, mudah disimpan, kondisinya bersih, lebih awet, gampang didapatkan, dan mudah memberikan ke kura-kura. Kami pun menggunakan pelet sebagai makanan utama untuk kura-kura loh. Sekadar tips nih biar kura-kura Anda tidak mengalami obesitas saat diberikan pelet, Anda cukup memberikan 1-2 sendok makan pelet setiap hari. Porsi ini sudah cukup untuk kura-kura yang diberi makanan setiap hari.