Cara Mengobati Mata Kura-kura yang Bengkak

Kura-kura juga binatang biasa yang bisa mengalami sakit. Ada banyak sekali penyakit yang bisa menimpa kura-kura peliharaan Anda. Salah satunya yaitu penyakit pada mata. Gejala awal yang mengalami sakit pada matanya yaitu bola mata terlihat kemerah-merahan dan banyak mengeluarkan air mata. Jika kondisinya sudah cukup parah, bola mata kura-kura akan menjadi bengkak. Anda harus mengobatinya secepat mungkin sebelum kura-kura tersebut mengalami kebutaan.

Penyakit yang menyerang mata kura-kura umumnya disebabkan oleh bakteri. Kasus ini paling sering menimpa kura-kura air seperti RES, AST, piput, dan sebagainya. Anda sebagai pemilik lah yang paling bertanggung jawab terhadap penyakit tersebut. Sebab Anda terlalu malas untuk mengganti air di kolam serta malas memandikan kura-kura tersebut. Akibatnya adalah bakteri menyerang bagian mata si kura-kura sehingga membuatnya menjadi bengkak. Anda wajib mengobatinya agar penyakit ini tidak semakin parah.

Silakan ikuti beberapa saran berikut ini untuk melakukan pengobatan awal. Lakukan terapi ini selama 2-3 minggu. Segera bawa kura-kura ke dokter hewan apabila kondisi kura-kura tidak kunjung membaik.

Rendam di Larutan Garam

Kura-kura yang sedang sakit pun wajib dijemur di pagi hari. Sinar matahari pagi sangat bagus mendukung pertumbuhan kura-kura tersebut. Setelah dimandikan sampai bersih, kura-kura diredam di dalam air hangat. Kemudian taburkan sejumput garam beryodium ke dalam air rendamannya. Sesekali Anda bisa membersihkan kelopak mata kura-kura menggunakan air garam tadi untuk meredakan bengkak yang terjadi.

Tuangkan Methyl Blue ke Kolam

Methyl blue sebenarnya merupakan obat yang biasa dipakai untuk menyembuhkan ikan yang sakit. Tetapi obat ini juga bisa digunakan untuk kura-kura kok. Di pasaran, obat ini juga dikenal dengan sebutan obat biru atau obat kuning. Tuangkan obat ini ke kolam sesuai dengan dosis yang dianjurkan di kemasannya. Setelah itu, biarkan kura-kura berenang di kolam tersebut. Tentu saja cara ini hanya ditujukan untuk kura-kura air.

Manfaatkan Daun Sirih

Daun sirih sudah lama dikenal sebagai salah satu bahan alami yang sangat ampuh digunakan sebagai pembersih karena mengandung zat antibakteri dalam jumlah yang banyak. Oleh sebab itu, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk meredakan bengkak yang terjadi pada mata kura-kura. Namun sebelumnya kami ingatkan bahwa daun sirih hanya boleh digunakan untuk kura-kura yang sudah dewasa. Caranya yaitu Anda bisa membersihkan mata kura-kura dengan air rebusan daun sirih menggunakan cotton bud. Lakukan dengan hati-hati.

Pakai Obat Mata Khusus

Anda juga bisa mengobati sakit mata pada kura-kura menggunakan obat mata. Sebenarnya obat mata untuk manusia pun bisa Anda gunakan. Namun bila Anda ingin memakai obat mata yang khusus untuk kura-kura, cobalah pakai genoptic atau gentamycin. Obat mata ini tersedia dalam bentuk salep dan obat tetes. Di dalamnya terdapat kandungan zat antibiotik yang ampuh melawan serangan bakteri pada mata. Kura-kura yang telah diobati tidak boleh terkena air dahulu selama 1-2 jam supaya obatnya tidak menghilang.