Cara Merawat Bulus Albino yang Masih Kecil

Bulus atau labi-labi merupakan kura-kura full-aquatic yang hidup di perairan tawar. Dikatakan sebagai kura-kura full-aquatic karena memang kura-kura ini sepenuhnya hidup di air. Kura-kura ini sebenarnya tetap bisa berada di daratan, tetapi waktunya cuma sebentar. Biasanya kura-kura ini naik ke darat hanya untuk bertelur saja. Setelah selesai, dia akan segera kembali ke dalam perairan. Contoh spesies kura-kura full-aquatic antara lain bulus pelodiscus dan bulus amyda.

Di pasaran, tersedia bulus yang berwarna putih. Bulus tersebut dinamakan sebagai bulus albino. Bulus albino bukan merujuk ke spesies tertentu. Sebab albino merupakan suatu kelainan pada kulit binatang sehingga warnanya menjadi putih. Bagi penghobi, kelainan ini dianggap sebagai suatu keistimewaan. Sebab bulus yang berwarna albino nampak jauh lebih menarik. Kebanyakan bulus albino ini merupakan bulus pelodiscus yang sengaja dibuat menjadi albino. Harganya sekitar Rp 200-300 ribu/ekor.

Bulus albino agak lebih susah dipelihara daripada bulus biasa karena kelainan yang dimilikinya membuat daya tahan bulus ini lebih rendah. Bulus ini rentan mati secara tiba-tiba apabila Anda salah merawatnya. Bulus albino harus senantiasa dirawat dengan baik. Bagaimana caranya? Anda mesti menyediakan tempat tinggal yang layak, memberinya makan secara rutin, serta memantau kondisi kesehatannya. Silakan Anda dapat mengikuti kiat-kiat dari Kuranesia di bawah ini!

cara-merawat-bulus-albino.jpg

KOLAM

Sebagai kura-kura full-aquatic, Anda perlu menyediakan tempat tinggal yang sepenuhnya terdiri dari lingkungan perairan. Berbeda dengan kura-kura semi-aquatic, bulus tidak membutuhkan area daratan. Anda bisa menggunakan kolam, akuarium, atau baskom untuk memelihara bulus albino ini. Sesuaikan ukuran kandang tersebut dengan postur dan jumlah bulus yang dipelihara. Pastikan bulus Anda dapat berenang dengan bebas di dalam kandangnya.

Anda bisa mengisi kolam ini dengan air sampai penuh. Usahakan masih ada jarak antara permukaan air dengan bibir kolam supaya bulus tersebut tidak dapat melarikan diri. Untuk mendukung kenyamanan kandang, Anda bisa menambahkan water heater sebagai pengontrol suhu air, terutama bila bulus Anda dipelihara di akuarium. Jangan lupa pasang filter untuk menjaga kebersihan air. Filter ini akan menyaring semua kotoran terlarut di air sehingga membuat kondisinya tetap bersih.

MAKANAN

Seperti halnya yang sudah kami sebutkan pada artikel-artikel sebelumnya, semua kura-kura full-aquatic lebih senang memakan daging-dagingan daripada sayur-mayur. Begitu pula dengan bulus yang berjenis albino ini. Bulus albino sangat menyukai makanan-makanan yang mengandung protein hewani. Misalnya seperti ikan, udang, jangkrik, cacing tanah, ulat hongkong, daging dan jeroan ayam, kerang, cumi-cumi, dan sebagainya. Khusus untuk daging dan jeroan ayam sebaiknya Anda merebusnya terlebih dahulu sebelum diberikan ke kura-kura.

Selain bahan makanan di atas, Anda juga bisa memberikan pelet sebagai pakan untuk bulus albino. Jika dibandingkan bahan-bahan mentah, pemakaian pelet ini jauh lebih praktis serta dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama. Akan tetapi, Anda harus melatihnya terlebih dulu supaya bulus mau memakan pelet. Biasanya bulus yang masih kecil paling susah kalau disuruh memakan pelet. Jadi hendaknya Anda tidak memaksa bulus tersebut agar tidak membahayakan nyawanya. Anda bisa memakai pelet khusus untuk kura-kura atau pelet ikan air tawar.

KESEHATAN

Untuk menjaga kondisi bulus albino supaya tubuhnya tetap sehat, rahasianya terletak pada kondisi air di dalam kandang. Anda mesti mengontrol kualitas air di dalam kolam pemeliharaan bulus albino supaya tetap bersih serta bebas dari kotoran. Asalkan air di kola senantiasa bersih dan jernih, maka otomatis kesehatan bulus yang hidup di dalamnya bakal selalu terjaga. Sebab kotoran-kotoran tersebut dapat mendatangkan penyakit bagi bulus. Sumber kotoran ini berasal dari kotoran bulus itu sendiri, sisa pakan, atau kotoran yang jatuh di air.

Kontrol terhadap kondisi air di kolam pemeliharaan bulus bisa dilakukan dengan membersihkan kandang serta mengganti airnya secara rutin. Itu sebabnya, kami sarankan pasanglah filter untuk menjaga kondisi air di dalam kandang tersebut. Selain kebersihan tempat tinggalnya, Anda juga perlu memperhatikan kebersihan bulus albino yang dipelihara. Jagalah kebersihan bulus tersebut dengan memandikannya secara rutin. Setelah selesai dimandikan, bulus ini lantas dijemur di bawah sinar matahari pagi selama 15-20 menit.