Cara Merawat Kura-kura agar Tidak Mati untuk Pemula

Anda mungkin saat ini berminat untuk memelihara kura-kura? Binatang yang satu ini memang mempunyai pesona yang unik sekali. Tidak lain berkat tempurung yang dimilikinya. Kura-kura memiliki tempurung yang beraneka rupa sesuai dengan jenisnya. Tidak hanya berwarna hijau, beberapa kura-kura juga mempunyai tempurung yang berwarna hitam, cokelat, kuning, putih, atau merah dengan motif yang sangat bervariasi.

Maka tak heran kalau peminat kura-kura begitu banyak. Di Indonesia saja, komunitas pencinta kura-kura mulai bermunculan seiring dengan meningkatnya minat masyarakat terhadap hewan peliharaan yang satu ini. Begitu pula Anda yang baru saja memiliki kura-kura. Sebenarnya memelihara kura-kura cukup mudah asalkan Anda mengetahui bagaimana cara merawatnya dengan benar. Binatang ini tidak memerlukan perawatan yang rumit kok.

cara-merawat-kura-kura.jpg

Bagi And yang baru pertama kali memelihara kura-kura, Anda bisa merawatnya dengan kiat-kiat sebagai berikut!

Kenali Kura-kura yang Anda Pelihara

Perlu Anda ketahui, terdapat 3 jenis kura-kura yaitu kura-kura darat, kura-kura air, dan kura-kura semi aquatic. Sedangkan untuk spesies kura-kura sendiri ada banyak sekali. Sebelum Anda membeli kura-kura, kami sarankan Anda supaya mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya tentang kura-kura yang ingin dipelihara. Sehingga pada saat kura-kura tersebut sudah sampai di tangan, Anda bisa langsung memberikan perawatan dengan baik. Kebanyakan di pasar menjual kura-kura brazil.

Cari Tahu Apa Makanannya

Pada dasarnya, semua jenis kura-kura merupakan binatang omnivora. Artinya Anda bisa memberikan pakan berupa sayur-mayur dan daging-dagingan kepadanya. Tapi tunggu dulu. Faktanya setiap jenis kura-kura memiliki makanan favorit tersendiri. Tidak semua kura-kura mau mengonsumsi sayur-mayur, serta tidak semua kura-kura mau memakan daging-dagingan. Anda harus mencari tahu lebih banyak tentang makanan apa saja yang tepat untuk kura-kura Anda.

Sediakan Kandang yang Tepat Untuknya

Bagi Anda yang masih awam mungkin menyangka bahwa semua kura-kura mempunyai kemampuan untuk hidup di dua alam, yaitu darat dan air. Kenyataannya tidak seperti itu loh. Memang ada sih kura-kura yang bisa hidup di dua alam. Namun ada pula kura-kura yang bisa hidup di air atau darat saja. Kura-kura air yang dipelihara di darat pasti akan mati. Begitu pula kura-kura darat yang dipelihara di air pasti akan tenggelam dan mati. Tugas Anda adalah menyediakan kandang yang tepat untuknya.

Buatlah Kura-kura Merasa Nyaman

Buatlah kura-kura peliharaan Anda merasa nyaman di rumah barunya. Semua binatang yang merasa nyaman pasti akan bahagia sehingga dapat bertahan hidup. Untuk membuat kura-kura merasa nyaman, mulailah dengan menyediakan kandang yang sesuai dengan kebutuhannya. Kandang kura-kura ini tidak harus bagus, tetapi harus sesuai dengan jenis kura-kura peliharaan Anda dan kondisinya bersih. Bahkan jika belum ada dana untuk membuat kolam, akuarium, atau kandang khusus, Anda bisa memeliharanya memakai baskom plastik. Sebaiknya lokasi kandang berada di tempat yang tenang dan aman dari predator.

Mandikan Kura-kura Setiap Hari

Walaupun jenis kura-kura itu berbeda-beda, tetapi semuanya harus mandi setiap hari. Mandi akan membuat kura-kura merasa segar dan kondisinya tetap bersih. Anda bisa memandikan kura-kura saat pagi hari sebelum menjemurnya. Gunakan pasta gigi untuk membersihkan tempurung kura-kura, baik bagian atas maupun bawahnya. Gosoklah permukaan tempurung ini memakai sikat gigi secara perlahan-lahan. Bersihkanlah seluruh tubuh kura-kura. Hati-hati agar tidak sampai mengenai matanya. Setelah itu, Anda bisa membilas kura-kura dengan air bersih.

Jemur di Bawah Sinar Matahari Setiap Pagi

Bentuk perawatan lainnya yang tidak boleh dilewatkan dari kura-kura yaitu menjemurnya di bawah sinar matahari secara langsung. Kura-kura memang wajib dijemur setiap hari. Kenapa? Tujuannya agar kura-kura tersebut bisa mendapatkan asupan vitamin D. Kura-kura sangat membutuhkan vitamin D guna mendukung pertumbuhan tempurungnya. Anda bisa menjemur kura-kura di pagi hari sekitar pukul 7-9 pagi. Jemurlah kura-kura ini selama 20-30 menit. Tetap awasi kura-kura selama dijemur supaya terhindar dari serangan predator.