Cara Merawat Kura-kura Ambon a.k.a Kuya Batok

Kura-kura ambon (Cuora amboinensis) dikenal pula dengan sebutan kura-kura batok, kura-kura kotak, kura-kura dada, atau kura-kura katup. Ini merupakan kura-kura endemik asal dari Indonesia. Di habitat alaminya, kura-kura ini hidup di perairan yang dangkal seperti sungai, sawah, dan parit. Daerah penyebarannya meliputi Pulau Sumatera, Pulau Sulawesi, serta Kepulauan Maluku. Bahkan kura-kura ini pun ada di Malaysia, Filipina, sampai Thailand.

Tergolong sebagai kura-kura semi-aquatic, kura-kura ambon mampu hidup di darat dan air. Warna tempurungnya hitam legam dan berbentuk nyaris kotak. Kura-kura ini merupakan salah satu spesies kura-kura yang paling banyak dipelihara setelah kura-kura brazil. Merawatnya tak terlalu sulit kok. Namun Anda juga harus tetap teliti dan hati-hati. Dengan perawatan secara tepat, kura-kura ambon peliharaan Anda akan senantiasa sehat dan cepat tumbuh besar.

cara-merawat-kura-batok.jpg

Membuat Kandang yang Nyaman

Anda bisa memelihara kura-kura ambon di kandang berupa kolam, akuarium, atau bak plastik. Ketiga wadah ini sama-sama bisa digunakan asalkan telah diatur dengan baik. Kalau memakai kolam, buatlah kolam dari beton. Kolam tersebut harus memiliki area daratan dan air dengan perbandingan 1:3. Biasanya area daratan diletakkan d tengah-tengah kolam untuk mencegah kura-kura melarikan diri. Supaya suasana kolam menjadi asri, tanamlah tumbuh-tumbuhan di sekeliling kolam tersebut. Jangan lupa pasang filter untuk menjaga kondisi airnya.

Kura-kura ambon juga bisa dipelihara di dalam akuarium. Namun berbeda dengan memelihara ikan, akuarium untuk kura-kura ini tidak boleh diisi air hingga penuh. Anda hanya perlu mengisi air yang tingginya sama dengan tinggi tempurung kura-kura batok. Maklum saja karena kura-kura ini memang tidak terlalu pintar berenang. Kemudian Anda pun perlu memasang tempat daratan (basking) di dalam akuarium ini. Agar kura-kura bisa berjalan lancar di atas permukaan kaca akuarium yang licin, Anda bisa menaburkan pasir secukupnya. Tak disarankan menambah pernik-pernik hiasan ke dalam akuarium.

Pilihan lainnya wadah yang bisa menjadi kandang bagi kura-kura ambon yaitu bak plastik. Anda bisa memakai bak plastik khusus untuk memelihara kura-kura, baskom plastik, atau bahkan ember plastik. Dapatkan bak khusus sebagai kandang kura-kura di www.kuranesia.com dengan harga yang terjangkau. Bak ini sudah mempunyai area darat dan air sehingga Anda tinggal menggunakannya langsung. Sedangkan bila Anda ingin memakai baskom/ember plastik, Anda perlu menyesuaikan wadah tersebut dengan postur kura-kura yang akan dipelihara.

Memberi Makan secara Rutin

Makan merupakan kebutuhan pokok bagi kura-kura. Faktanya kondisi kesehatan kura-kura bisa dilihat dari nafsu makannya. Kura-kura yang sehat akan langsung merespons setiap pakan yang Anda berikan, lalu melahapnya dengan rakus. Tetapi kura-kura ambon mempunyai karakteristik pemalu, meskipun tidak separah kura-kura pipi putih. Anda harus bersabar saat memberinya makan. Kura-kura ini  mesti merasa nyaman terlebih dahulu.

Kura-kura ambon sendiri termasuk binatang omnivora. Hal ini berarti dia bisa mengonsumsi sayur-mayur, buah-buahan, dan daging-dagingan. Anda bisa memberinya makan dengan ikan, daging ayam, telur, udang, jangkrik, ulat hongkong, cacing beku, buah pepaya, buah pisang, buah mangga, sawi putih, kubis, dan kangkung. Di antara semua bahan pangan tersebut, kura-kura ambon paling suka memakan udang dan jangkrik. Namun sebaiknya, Anda memberinya pakan yang bervariasi agar kura-kura tidak merasa bosan sehingga nafsu makannya pun terjaga.

Memandikan dan Menjemurnya

Kura-kura ambon peliharaan Anda juga harus dirawat dengan baik. Menjaga kebersihannya adalah kunci utama dalam merawat kura-kura. Baik kandang maupun tubuh kura-kura itu sendiri harus dibersihkan secara rutin. Bersihkanlah kandang kura-kura secara berkala supaya tidak menjadi sarang kuman dan bakteri. Untuk bak plastik harus dicuci paling tidak setiap 3 hari. Sedangkan mencuci kolam atau akuarium kura-kura perlu dilakukan setiap 1 bulan.

Menjaga kebersihan kura-kura ambon dapat dilakukan dengan memandikannya. Mudah saja cara memandikan kura-kura ini. Anda hanya perlu menyiraminya dengan air bersih, kemudian gosok bagian tempurungnya memakai sikat gigi. Sikat seluruh bagian tempurung ini hingga bersih, baik tempurung bagian atas maupun bawahnya. Setelah itu, bilas beberapa kali sampai tubuh kura-kura ini bersih. Kura-kura ambon yang sudah bersih ini lantas dijemur di bawah sinar matahari pagi selama 20-30 menit saja.