Cara Merawat Kura-kura Byuku atau Tuntong Sungai

Kura-kura byuku (Batagur affinis) dikenal pula dengan sebutan tuntong sungai. Ini merupakan salah satu kura-kura air terbesar di dunia. Kalau pada kelompok kura-kura darat, kura-kura gallapagos adalah kura-kura terbesar. Maka pada kelompok kura-kura air, byuku merupakan kura-kura air yang paling besar. Bahkan labi-labi pelodiscus yang posturnya bisa mencapai 50 cm saja masih kalah jauh dibandingkan dengan kura-kura byuku ini.

Kura-kura byuku termasuk dalam famili Geoemydidae. Karakteristik utama kura-kura ini yaitu memiliki tempurung yang bertekstur licin, tidak berlunas, serta karapasnya berwarna hitam legam. Rahang atas bergerigi dan kulit di belakang kepalanya bersisik kecil-kecil. Postur tubuh kura-kura byuku berbentuk memanjang. Jika Anda merawatnya dengan baik, kura-kura ini bisa tumbuh hingga panjangnya mencapai 80-100 cm.

cara-merawat-kura-kura-byuku.jpg

Memelihara kura-kura byuku membutuhkan perhatian ekstra, terutama dalam perawatannya.

Kolam yang Ukurannya Besar

Byuku termasuk kura-kura raksasa. Postur kura-kura ini bisa mencapai 1 m lebih. Daripada Anda membuat kolam kura-kura berulang-ulang kali, lebih baik langsung saja bangun kolam yang ukurannya besar. Sehingga kolam ini bisa Anda gunakan sampai byuku yang tinggal di dalamnya tumbuh besar. Buatlah kolam yang berukuran 1 x 1 m sampai 2 x 2 m sudah cukup ditinggali kura-kura ini. Kolam tersebut hanya perlu memiliki area perairan saja. Anda tidak perlu membuatkan daratan sebab byuku merupakan kura-kura full-aquatic.

Jaga Kebersihan Kolam Byuku

Agar kura-kura yang hidup di dalamnya senantiasa dalam kondisi yang sehat, wajib hukumnya bagi Anda menjaga kebersihan kolam yang menjadi tempat tinggalnya. Kebersihan kolam kura-kura harus dijaga dengan baik. Caranya dengan rutin membersihkan kolam, setidaknya 1 bulan sekali. Anda bisa menguras air di dalam kolam, lalu gosok permukaannya sampai bersih. Untuk menjaga kebersihan airnya, kami sarankan pasanglah filter biologi dan mekanik. Kini terdapat banyak produk filter khusus untuk kura-kura. Anda bisa membelinya di www.kuranesia.com.

Berikan Makanan yang Cukup

Jangan lupa memberikan makanan kepada kura-kura byuku peliharaan Anda. Sebaiknya kura-kura mendapatkan makanan setiap hari. Walau di kehidupan alaminya beberapa spesies kura-kura tidak makan setiap hari. Tapi saat dirawat oleh Anda, usahakan kura-kura ini memperoleh makanan setidaknya 2 kali/hari. Berikan makanan kepada byuku pada saat pagi dan sore hari dengan porsi yang cukup. Contoh bahan makanan yang cocok diberikan ke kura-kura byuku yaitu ikan, udang, jangkrik, cacing beku, ulat hongkong, daging dan jeroan ayam, serta pelet.

Rutin Memandikan Byuku

Meskipun sehari-harinya kura-kura byuku terus-menerus berada di dalam air, bukan berarti kondisi tubuhnya bakal senantiasa bersih. Kenyataannya adalah tubuh kura-kura ini juga bisa kotor hingga ditumbuhi lumut dan jamur. Penyebabnya tidak lain karena kondisi air di dalam kolam yang sudah kotor. Oleh sebab itu, Anda pun perlu membersihkan kura-kura tersebut dengan memandikannya. Keluarkan byuku dari dalam kolam. Anda tidak perlu takut sebab kura-kura ini cukup jinak kok. Lalu bersihkan tempurungnya memakai sikat gigi. Gosok terus hingga bersih dan bebas dari kotoran.

Jangan Lupa Menjemurnya

Bentuk perawatan lain yang harus dilakukan pada saat Anda memelihara kura-kura apapun jenisnya itu adalah menjemurnya. Yap, kura-kura merupakan binatang yang spesial dengan tempurung yang dimilikinya. Menjemur kura-kura dapat merangsang pembentukan vitamin D di dalam tubuh kura-kura yang dipicu oleh sinar matahari. Vitamin D sangat bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan tempurung kura-kura. Letakkan byuku Anda ke dalam bak yang berisi air sedikit saja. Kemudian jemurlah di bawah sinar matahari pagi selama 20-30 menit.