Cara Merawat Kura-kura Cynemis Kesayangan Anda

Bagi Anda yang pemula dalam memelihara kura-kura, Anda dapat mencoba merawat kura-kura cynemis untuk pertama kalinya. Kura-kura cynemis (Mauremys reevesii) disebut pula sebagai chinese pond turtle adalah kura-kura air tawar yang termasuk dalam famili Geoemydidae di genus Mauremys. Kura-kura ini merupakan salah satu kura-kura endemik di Benua Asia. Wilayah persebarannya meliputi China, Jepang, Korea, dan Taiwan. Cynemis tergolong sebagai kura-kura semi-aquatic. Selain tinggal di dalam air, kura-kura ini pun suka berjemur sinar matahari di atas batu atau batang kayu.

Untungnya nih sekarang sudah banyak penjual kura-kura cynemis di Indonesia. Jadi bagi Anda yang ingin memeliharanya, Anda bisa membeli kura-kura ini dengan gampang. Kura-kura ini memang masih boleh diperjualbelikan secara bebas mengingat populasinya di lingkungan alam masih cukup banyak. Harganya berkisar antara Rp 250-300 ribu tergantung kondisinya. Meskipun cynemis ini merupakan kura-kura dari luar negeri, tetapi tidak sulit kok untuk memeliharanya. Bahkan Anda yang masih pemula pun kami yakin mampu merawatnya dengan baik. Silakan Anda bisa mencobanya sendiri.

Ada beberapa tugas yang harus Anda kerjakan dengan baik ketika merawat kura-kura cynemis. Misalnya seperti menyiapkan kandang yang tepat untuknya, memberikannya makanan secara berkala, menjaga kebersihan kura-kura beserta kandangnya, dan memastikan kondisi kura-kura tersebut senantiasa sehat.

KANDANG

Anda bisa memelihara kura-kura cynemis di akuarium, kolam, ataupun bak plastik. Pada dasarnya semua media tersebut bisa digunakan sebagai kandang kura-kura. Tentu saja Anda perlu mengaturnya terlebih dulu agar kondisinya mirip seperti habitat alami kura-kura cynemis. Ingat, cynemis merupakan kura-kura semi-aquatic. Artinya kura-kura ini tinggal di air dan darat. Oleh sebab itu, Anda perlu menyediakan area daratan khusus di dalam kandang tersebut. Untungnya sekarang sudah banyak aksesori akuarium yang dibuat untuk mempermudah para penghobi dalam memelihara kura-kura.

Bagi Anda yang menggunakan akuarium atau bak plastik sebagai kandang kura-kura cynemis, Anda bisa memanfaatkan basking untuk menciptakan area daratan di sini. Anda bisa memilih antara basking yang berbentuk tempel atau panggung. Pilihlah sesuai selera dan kondisi akuarium/bak yang Anda gunakan. Sedangkan untuk kolam, Anda bisa membuat sebuah kolam yang terdiri atas area perairan dan daratan. Saran kami buatlah area daratannya di bagian tengah-tengah perairan agar kura-kura Anda tetap aman saat berada di sini, serta kura-kura tersebut pun tidak mudah kabur.

Kura-kura cynemis yang masih kecil sebaiknya dipelihara terlebih dahulu di dalam kolam indoor. Karena kondisi lingkungan outdoor memang cukup ekstrem sehingga Anda tak boleh bermain untung-untungan di sini. Jika Anda memelihara kura-kura cynemis yang masih bayi dengan ukuran kurang dari 5 cm, maka kandangnya wajib dilengkapi lampu UV sebagai penghangat kura-kura tersebut. Nyalakan lampu ini di malam hari selama 8-10 jam saja. Jangan lupa juga untuk memasang filter air di dalam kandang ini untuk menjaga kondisi air supaya tetap bersih dan jernih. Kura-kura pun akan merasa nyaman.

MAKANAN

Kura-kura air dan kura-kura semi-aquatic biasanya memiliki kecenderungan sebagai binatang omnivora. Kura-kura cynemis juga sebenarnya merupakan kura-kura omnivora. Tetapi kura-kura ini kenyataannya lebih menyukai pakan berupa daging-dagingan daripada sayuran atau buah. Sebaiknya Anda memberi pakan daging-dagingan saja kepada kura-kura cynemis yang masih kecil. Barulah setelah kura-kura tadi sudah menginjak usia remaja, sesekali Anda dapat memberikannya sayuran maupun buah. Sedangkan untuk pemberian pelet, Anda mesti melatihnya terlebih dahulu agar kura-kura ini mau memakan pelet.

Di bawah ini merupakan makanan kura-kura cynemis yang bisa Anda berikan :

  1. Ikan
  2. Udang
  3. Jangkrik
  4. Daging ayam
  5. Jeroan ayam
  6. Telur
  7. Ulat hongkong
  8. Kangkung
  9. Kubis
  10. Sawi putih
  11. Pepaya
  12. Mangga
  13. Semangka
  14. Pisang
  15. Melon

KESEHATAN

Anda harus merawat kura-kura cynemis dengan sepenuh hati supaya kesehatannya senantiasa terjaga dengan baik. Tugas pertama Anda yaitu menjaga kebersihan kura-kura beserta kandangnya. Baik kura-kura cynemis maupun tempat tinggalnya wajib dijaga agar tetap bersih supaya tidak menjadi sarang bagi kuman, bakteri, dan jamur. Caranya tidak lain dengan rutin membersihkannya. Apalagi kalau kandang ini tidak dilengkapi dengan filter, maka Anda harus membersihkannya setiap 2-3 hari sekali. Pada saat Anda sedang membersihkan kandang, semua kura-kura harus dipindahkan ke tempat lain yang lebih aman.

Kami biasanya memandikan si kura-kura terlebih dahulu, barulah kemudian membersihkan kandangnya sehingga pekerjaan menjadi lebih efisien. Untuk memandikan kura-kura cynemis, Anda membutuhkan sikat gigi yang bulunya halus. Caranya Anda tinggal menggosok tempurung kura-kura ini memakai sikat gigi sampai bersih. Kalau ada kotoran atau noda membandel yang sulit dihilangkan, oleskan sedikit pasta gigi di sekitar noda tersebut. Lalu sikat beberapa kali sampai bersih dan bilas. Kura-kura yang baru mandi sebaiknya direndam di air hangat supaya dia merasa lebih rileks dan nyaman.

Sementara itu, membersihkan kandang kura-kura cynemis ini tidak ubahnya seperti Anda sedang bersih-bersih kolam ikan. Anda mesti mengeluarkan semua kura-kura terlebih dulu ke tempat yang aman. Lalu dilanjutkan dengan mengeluarkan semua aksesori yang ada di dalam kandang tersebut. Kuraslah seluruh air di dalam kandang ini sampai habis tak tersisa. Kemudian Anda bisa menyikati seluruh permukaannya sampai bersih. Usahakan jangan memakai cairan pembersih apapun saat Anda membersihkan kandang kura-kura ini ya. Setelah itu, Anda bisa membilasnya beberapa kali sampai bersih.

Tugas lain yang tidak boleh Anda lewatkan saat memelihara kura-kura cynemis, terutama kura-kura yang ukurannya masih kecil adalah menjemurnya di bawah sinar matahari langsung. Yap, sinar matahari bisa memberikan manfaat positif kepada kura-kura. Sinar ini tidak hanya menghangatkan tubuh si kura-kura, tetapi lebih jauh lagi, sinar matahari tersebut dapat merangsang pembentukan vitamin D di dalam tubuh kura-kura cynemis. Hasilnya yaitu kura-kura Anda pun akan memiliki tubuh yang kuat. Masukkan kura-kura ini ke dalam bak berisi air setinggi plastron, lalu jemurlah selama 15-20 menit. Waktu penjemuran yang paling baik dilakukan pada pagi hari ya.