Cara Merawat Kura-kura Golden Greek Tortoise

Kura-kura golden greek merupakan salah satu kura-kura darat (tortoise) yang cukup banyak dipelihara di Indonesia. Sesuai namanya, kura-kura ini berasal dari Yunani (Greek) dan daerah sekitarnya. Tempurung kura-kura golden greek berwarna kuning keemasan (goldenish). Sebenarnya tidak terlalu sulit kok untuk merawat kura-kura ini. Si golden greek ini membutuhkan perawatan yang tak berbeda jauh dengan jenis kura-kura darat yang lainnya. Anda mesti memberikannya tempat tinggal yang nyaman, makanan yang sesuai dengan seleranya, dan memastikan kondisi kura-kura ini senantiasa sehat.

Di pasaran lokal, harga kura-kura golden greek berkisar antara Rp 700-800 ribu/ekor untuk ukuran baby ya. Harga ini akan terus naik seiring dengan pertumbuhan kura-kura tersebut yang semakin besar. Kura-kura golden greek ukuran baby ini mesti Anda rawat dengan baik. Keadaan tubuhnya yang masih lemah menuntut Anda untuk memberikan perhatian yang lebih dalam merawatnya. Kura-kura tersebut harus dirawat secara maksimal. Untungnya kondisi iklim di Indonesia, khususnya di musim kemarau, terbilang cukup cocok bagi kura-kura golden greek ini. Jadi silakan Anda dapat mencobanya.

Berikut ini tugas-tugas yang harus Anda laksanakan dengan baik dalam merawat kura-kura golden greek tortoise, antara lain :

Kandang Golden Greek Tortoise

Tugas pertama Anda adalah menyiapkan kandang yang cocok bagi kura-kura golden greek. Ingat, golden greek merupakan kura-kura darat. Artinya yaitu kura-kura ini hanya hidup di atas daratan saja. Kura-kura ini sama sekali tidak bisa berenang sehingga Anda tak boleh menyediakan area perairan di kandangnya. Anda bisa menggunakan tortotable sebagai kandang bagi kura-kura darat ini. Untuk alternatif, Anda juga dapat memanfaatkan tangki akuarium atau bak plastik tanpa air. Jangan lupa melengkapi kandang kura-kura ini dengan termometer dan higrometer ya. Anda juga perlu memasang lampu UV yang sesuai.

Makanan Golden Greek Tortoise

Kura-kura darat pada umumnya merupakan binatang pemakan tumbuh-tumbuhan (herbivora). Dengan demikian, Anda tak akan kerepotan dalam memberikan makanan kepadanya. Anda bisa memberikannya sayuran atau buah-buahan kepada kura-kura golden greek. Contoh bahan makanan yang disenangi oleh kura-kura ini di antaranya caisim, fumak, caisim, wortel, kembang sepatu, mentimun, pakcoy, kangkung, daun ubi jalar, selada air, kaktus centong, pepaya, mangga, dan pisang. Anda juga memberikannya pelet khusus untuk tortoise kepada kura-kura golden greek ini. Dia pasti akan sangat menyukainya.

Perawatan terhadap si kura-kura golden greek ini harus dilaksanakan setiap hari. Adapun bentuk-bentuk perawatan yang harus Anda berikan terhadap kura-kura ini di antaranya :

Merendam di Air Hangat

Semua kura-kura darat mesti direndam setiap hari. Ini merupakan salah satu bentuk perawatan dasar. Anda juga perlu memberlakukannya kepada kura-kura golden greek. Sebaiknya kura-kura golden greek direndam di air hangat setiap hari. Manfaatnya untuk melancarkan sistem pencernaan pada tubuhnya. Golden greek yang direndam akan merasa lebih tenang. Biasanya dia juga bakal mengeluarkan kotoran. Cara merendam kura-kura darat di air hangat yaitu Anda bisa memasukkan kura-kura ini di baskom, lalu tuangkan air hangat hingga sebatas plastron (tempurung bawah). Rendamlah selama 20-30 menit.

Memandikan Kura-kura

Berhubung golden greek ini hidupnya cuma di daratan saja, maka secara otomatis kondisi tubuhnya pun akan mudah sekali kotor. Baik karena terkena kotorannya sendiri maupun sisa pakan, bagian plastron si kura-kura ini umumnya bakalan cepat kotor. Itu sebabnya, Anda juga perlu memandikannya secara rutin minimal setiap seminggu sekali. Anda dapat membasuh tubuh kura-kura ini memakai air hangat terlebih dahulu. Lantas, gosoklah tempurungnya saja menggunakan sikat gigi yang lembut. Gosok sampai bersih ya. Barulah kemudian Anda bisa membilasnya kembali. Mudah banget, kan?

Menjemur Setiap Pagi Hari

Tugas selanjutnya yang mesti Anda lakukan dengan baik ketika memelihara kura-kura golden greek yaitu menjemurnya. Yap, kura-kura golden greek pun perlu dijemur di bawah sinar matahari. Apalagi kalau di kandangnya tidak ada lampu UV, maka proses penjemuran ini wajib dilakukan setiap hari. Sinar matahari akan membantu kura-kura dalam memproduksi vitamin D yang bermanfaat untuk sistem pencernaan si golden greek ini. Anda dapat memasukkan kura-kura ini ke baskom biar aman. Lalu isi dengan air sampai sebatas plastron. Silakan letakkan baskom ini di tempat terbuka. Jemur kura-kura selama 15-20 menit.

Membersihkan Kandang

Ketika kura-kura golden greek sedang dijemur di luar kandang, Anda bisa membersihkan kandang kura-kura ini. Biasanya cuma bagian alasnya saja yang kotor. Oleh sebab itu, Anda dapat mengambil alas yang sudah kotor tersebut untuk diganti dengan alas lainnya yang bersih. Biasanya alas untuk kandang kura-kura ini berupa karpet karet yang aman. Anda juga bisa memakai forest bark atau rumput sintetis untuk alas kandang kura-kura darat. Sebisa mungkin hindari pemakaian kertas koran sebagai alas sebab bukan tidak mungkin kura-kura ini akan memakannya. Anda harus mencegah sebelum masalah ini terjadi.

Memberikan Makanan

Bagaimana cara memberikan makanan ke kura-kura golden greek? Gampang banget kok. Anda tinggal mengambil sayuran atau buah-buahan yang akan diberikan ke kura-kura ini. Jangan lupa untuk mencuci bahan makanan tersebut sampai bersih terlebih dahulu. Kemudian Anda bisa memotong sayuran/buah ini menjadi potongan yang kecil-kecil agar kura-kura golden greek lebih mudah memakannya. Memberi makanan dalam porsi yang sedikit tapi sering lebih kami rekomendasikan, dibandingkan Anda langsung memberikannya makanan dalam jumlah yang banyak sekaligus. Berikan pakan sampai kura-kura merasa cukup kenyang ya.