Cara Merawat Kura-kura Labi-labi Moncong Babi (Monbi)

Labi-labi moncong babi (Carettochelys insculpta) adalah kura-kura air tawar dari suku Carettocheyidae, di mana satu-satunya yang masih ada sampai saat ini. Sedangkan anggota lain dari suku ini sudah punah dan hanya ditemukan dalam bentuk fosil. Daerah persebaran labi-labi ini meliputi Papua bagian selatan dan Australia bagian utara. Faktanya kura-kura moncong babi merupakan labi-labi terbesar di dunia. Panjang karapas kura-kura ini bisa mencapai lebih dari 70 cm.

Kura-kura moncong babi atau disebut pula labi-labi monbi merupakan kura-kura full-aquatic. Kura-kura ini memiliki penampilan yang sangat unik. Selain dari bentuk moncongnya, bentuk kaki-kaki kura-kura ini pun menarik sekali. Jika umumnya labi-labi memiliki kaki yang bentuknya masih seperti kura-kura biasa dan mempunyai jari-jari yang nampak jelas, berbeda dengan labi-labi monbi ini yang mempunyai kaki pendayung. Sehingga bentuk kakinya pun menyerupai penyu.

Merawat labi-labi moncong babi sebenarnya tidak terlalu sulit kok. Silakan Anda bisa mengikuti kiat-kiat dari Kuranesia di bawah ini!

Kenali Karakteristik Labi-Labi Monbi

Labi-labi monbi pada dasarnya mempunyai perangai yang sangat ramah. Bahkan labi-labi ini tercatat sebagai kura-kura yang paling ramah. Sehingga Anda pun dapat memeliharanya bersama ikan, meskipun tak ada jaminan ikan-ikan ini sama sekali tidak akan dimakan oleh labi-labi monbi. Ya setidaknya labi-labi monbi tidak segalak kura-kura lain yang langsung memburu ikan begitu melihatnya. Ingat, labi-labi ini merupakan kura-kura full-aquatic. Jadi Anda harus memeliharanya di dalam air.

Pelihara di Akuarium yang Nyaman

Tempat pemeliharaan yang paling tepat dipakai untuk memelihara labi-labi moncong babi yaitu tangki akuarium. Selain terasa nyaman bagi labi-labi tersebut, kita pun dapat melihat gerak-gerik labi-labi ini dengan leluasa saat berenang naik dan turun di dalam air. Gunakan akuarium yang besar untuk tempat tinggal kura-kura ini. Semakin besar ukuran tangki tersebut, maka semakin baik. Mengapa? Karena labi-labi monbi sangat aktif. Labi-labi ini akan terus bergerak kian-kemari seakan tidak mau diam.

Pengaturan Akuarium yang Tepat

Sebagaimana bangsa labi-labi lainnya, kura-kura monbi pun sangat suka menguburkan dirinya di dalam pasir yang ada di dasar akuarium. Jadi hendaknya Anda memasukkan pasir sungai yang bersih ke tangki peliharaannya. Labi-labi ini sesekali akan bersembunyi di balik pasir tersebut. Kemudian Anda juga perlu memasang lampu sinar ultraviolet, terutama lampu UV B untuk mencukupi kebutuhan sinar matahari pada labi-labi ini sekaligus sebagai pengontrol suhu air di dalam akuarium.

Jangan Campur dengan Kura-kura Lain

Memang labi-labi moncong babi ini sangat suka berenang ke kanan, kiri, atas, dan bawah di dalam air. Maka Anda hendaknya mengisi akuarium pemeliharaannya dengan air yang cukup banyak dan tinggi sehingga kura-kura ini dapat berenang dengan leluasa. Boleh memelihara beberapa labi-labi moncong babi sekaligus di dalam sebuah akuarium asalkan Anda memperhatikan kapasitas dan ruang geraknya. Tetapi jangan mencampurkan labi-labi ini dengan kura-kura lain selain bangsa labi-labi. Sebab mungkin saja labi-labi monbi ini bakal diserang.

Makanan Kesukaan Labi-labi Monbi

Apa sih makanan kesukaan labi-labi moncong babi? Di habitat alaminya, labi-labi ini biasanya memakan ikan-ikan kecil, udang, cacing tanah, serangga kecil, dan jangkrik yang ditemukannya. Sesekali dia juga akan mengonsumsi rumput-rumputan dan buah-buahan liar. Namun labi-labi monbi memang paling suka memakan daging-dagingan. Dalam pemeliharaan Anda, Anda bisa memberikan daging ayam atau jeroan ayam sebagai makanan tambahan. Anda juga bisa melatih labi-labi ini agar mau memakan pelet.

Cara Memberi Makanan yang Benar

Memberi pakan kepada labi-labi monbi kurang lebih mirip seperti memberi pakan kepada ikan-ikan hias. Anda bisa mencoba memberikannya pakan sedikit terlebih dulu. Jika labi-labi ini langsung memakannya sampai habis, itu tandanya dia sedang lapar. Maka Anda bisa memberikannya sekali lagi dalam jumlah yang tetap sedikit. Begitu seterusnya hingga kura-kura ini berhenti makan berarti dia sudah merasa kenyang. Kalau ingin memberikan daging ikan atau ayam sebaiknya Anda memotong-motongnya kecil supaya labi-labi monbi lebih mudah menelannya.

Rutin Memandikan Labi-labi Monbi

Walaupun labi-labi monbi selalu berada di dalam air, tetapi tubuh kura-kura ini pun bisa menjadi kotor. Malahan labi-labi monbi pun bisa terserang jamur dan lumut. Pencegahan terhadap serangan ini dapat dilakukan dengan rutin membersihkan labi-labi dan akuariumnya. Cara memandikan labi-labi monbi tak terlalu sulit kok. Anda hanya perlu menggosok tubuhnya memakai sikat gigi berbulu halus setiap 2-3 hari sekali. Setelah dibilas sampai bersih, silakan masukkan lagi labi-labi ini ke akuariumnya.

PERINGATAN

Sebelumnya kami ingatkan terlebih dahulu  bahwa labi-labi monbi termasuk salah satu kura-kura yang dilindungi di Indonesia. Bagi Anda yang belum memilikinya, jangan pernah membeli labi-labi ini kalau Anda tidak mau bermasalah dengan hukum. Sedangkan bagi Anda yang sudah terlanjur mempunyai labi-labi monbi, kami sarankan untuk segera menyerahkannya ke lembaga pemerintahan yang berwenang yaitu BKSDA. Kami tidak bertanggungjawab jika suatu saat Anda mungkin bakal ditangkap petugas kalau tetap bersikukuh memeliharanya sendiri.