Cara Merawat Kura-kura Radiatta yang Benar

Kalau ingin mempunyai kura-kura yang benar-benar unik dan menarik, Anda bisa mencoba memelihara kura-kura radiatta. Apa itu kura-kura radiatta? Kura-kura radiatta (Astrochelys radiata) adalah salah satu spesies kura-kura dalam keluarga Testudinidae. Habitat alaminya terletak di Madagaskar bagian selatan. Radiatta merupakan kura-kura darat. Anda sama sekali tidak boleh menaruh kura-kura ini di perairan karena radiatta tidak bisa berenang.

Di pasaran, harga kura-kura radiatta termasuk mahal sekali. Untuk radiatta ukuran bayi saja, harganya sudah menembus di kisaran Rp 6-8 juta/ekor. Walaupun postur maksimal radiatta masih kalah dibandingkan sulcata, namun pesona dari tempurungnya yang unik membuat peminatnya banyak sekali. Radiatta juga termasuk kura-kura yang langka. Maka tidak heran, harganya melambung tinggi. Anda harus merogoh kocek cukup dalam untuk bisa membelinya.

merawat-kura-kura-radiatta.jpg

Tahukah Anda, kura-kura radiatta mampu bertahan hidup hingga usianya mencapai 188 tahun. Dalam merawat kura-kura radiatta, ada beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan.

Kandang

Kami ingatkan sekali lagi bahwa radiatta adalah kura-kura darat. Jadi Anda harus merawatnya di kandang yang sepenuhnya berupa daratan. Area perairan tidak dibutuhkan di sini. Kolam air tersebut justru akan membahayakan radiatta karena bisa tenggelam di dalamnya. Mengingat harga radiatta yang mahal, Anda harus menyediakan kandang yang premium untuknya. Anda bisa membeli kandang khusus kura-kura darat berupa tortotable di www.kuranesia.com.

Letakkan tortotable di ruangan khusus yang aman dan nyaman. Jangan meletakkan tortotable ini di lingkungan outdoor, Anda sebaiknya meletakkannya di dalam rumah. Untuk mendukung kenyamanannya, pasanglah lampu ultraviolet tepat di atas tortotable sebagai penghangatnya. Anda juga perlu memasang termometer dan higrometer. Jika kelembaban kandang terlalu rendah, semprotkan air secukupnya saja agar radiatta tidak mengalami dehidrasi.

Makanan

Sama seperti spesies kura-kura darat yang lainnya, radiatta lebih suka mengonsumsi tumbuh-tumbuhan. Kura-kura ini paling suka memakan sayur-mayur dan buah-buahan. Anda bisa rutin memberikannya sayuran fumak, siomak, dan caisim. Ketiga sayuran ini paling bagus digunakan sebagai makanan pokok kura-kura darat peliharaan. Sesekali Anda juga boleh memberikannya buang pepaya dan bunga kembang sepatu sebagai pakan selingan.

Kalau ingin radiatta yang Anda pelihara cepat tumbuh besar, Anda bisa menggunakan pelet sebagai makanan utamanya. Di sini Anda harus menggunakan pelet khusus untuk kura-kura darat. Sebelum diberikan ke radiatta, pelet ini perlu diberi air terlebih dahulu agar teksturnya menjadi lunak. Kura-kura darat tidak boleh diberi makanan memakai pelet ikan sebagaimana kura-kura air sebab kebutuhan nutrisinya berbeda.

Suplemen

Untuk mendukung kesehatannya, Anda bisa memberi suplemen tambahan kepada radiatta. Suplemen ini akan menjaga kestabilan kondisi tubuh kura-kura, menjaga kesehatannya, dan meningkatkan sistem imunitas di dalam tubuhnya. Suplemen tidak hanya diberikan kepada kura-kura yang tampak sakit saja, tetapi Anda juga perlu memberikannya kepada kura-kura yang sehat sehingga dia tidak mudah terserang bakteri maupun virus.

Kebersihan

Dalam merawat kura-kura apapun jenisnya, Anda harus benar-benar menjaga kebersihannya. Baik kebersihan kura-kura maupun kandangnya wajib Anda jaga dengan sebaik-baiknya. Kura-kura yang bersih akan senantiasa sehat dan terhindar dari segala macam penyakit. Jangan biarkan kuman dan bakteri membuat sarang di dalam tortotable. Oleh sebab itu, Anda perlu membersihkan kandang tersebut setidaknya setiap 3 hari sekali.

Anda juga harus membersihkan kura-kura radiatta paling tidak seminggu sekali. Caranya yaitu dengan memandikannya. Mandikan lah radiatta pada pagi hari, terutama saat kondisi cuaca sedang cerah. Jangan pernah memandikannya apabila kondisi cuaca terasa dingin atau turun hujan. Anda bisa memulainya dengan menyirami tubuh kura-kura ini dengan air bersih, lalu sikatlah tempurungnya secara merata menggunakan sikat gigi. Gosok terus sampai tempurung radiatta terlihat bersih. Barulah kemudian Anda bisa membilasnya.

Menjemur

Untuk mendukung pertumbuhannya, Anda perlu rutin menjemur radiatta. Manfaat menjemur kura-kura ini begitu banyak. Salah satunya yaitu memaksimalkan asupan vitamin D. Kebutuhan vitamin D pada radiatta ini akan tercukupi dengan baik apabila Anda menjemurnya setiap hari. Hasilnya yaitu radiatta pun akan senantiasa dalam kondisi yang sehat. Ingat, menjemur kura-kura hanya boleh dilakukan pada pagi hari sebelum jam 9. Jemurlah radiatta selama 20-30 menit saja sambil terus diawasi.