Cara Merawat Kura-kura Tortoise yang Baik

Tortoise adalah sebutan untuk kura-kura darat dalam bahasa inggris. Faktanya memang tidak semua kura-kura bisa hidup di dua alam yaitu perairan dan daratan. Ada kelompok kura-kura yang hanya dapat tinggal di daratan saja. Kelompok ini dinamakan kura-kura darat. Kura-kura darat merupakan kura-kura yang hanya mampu tinggal di daratan. Kura-kura ini tidak bisa berada di dalam air karena tidak sanggup berenang. Jadi kalau dipaksakan, kura-kura darat ini akan tenggelam di air, lalu mati.

Contoh kura-kura darat antara lain gallapagos, aldabra, radiatta, sulcata, pardalis, indian star, marginata,  emys, burmese star, russian, forsteni, kleinmanni, dan masih banyak lagi. Semua kura-kura ini dinamakan kura-kura darat (tortoise) karena memang hidupnya cuma di daratan saja. Kura-kura ini tidak memiliki selaput renang di kakinya sehingga tidak mampu berenang. Lantas, bagaimana sih caranya merawat kura-kura tortoise ini? Apakah lebih sulit merawatnya daripada kura-kura air atau justru lebih mudah?

memelihara-kura-kura-tortoise.jpg

Kali ini Kuranesia akan mengupas semua hal yang harus Anda ketahui tentang merawat kura-kura tortoise yang baik dan benar!

Kura-kura Tortoise Hanya Hidup di Daratan

Selalu ingat, kura-kura tortoise merupakan kura-kura darat. Kura-kura ini sepenuhnya hidup di daratan saja. Jadi kandang untuk kura-kura tortoise cukup berupa kandang yang memiliki wilayah daratan, tanpa adanya perairan sama sekali. Justru bila Anda membuat perairan di dalamnya, kandang ini akan menjadi berbahaya bagi kura-kura tortoise yang menempatinya. Kandang untuk tortoise bisa berbentuk kolam, atau kalau mau Anda bisa menggunakan kandang khusus yang disebut tortotable. Lengkapilah kandang tersebut dengan lampu ultraviolet untuk menjaga temperatur dan kelembaban udara di dalamnya.

Kura-kura Tortoise Suka Memakan Sayuran

Sebenarnya kura-kura tortoise merupakan binatang omnivora. Kura-kura ini mengonsumsi serangga, daun, bunga, dan buah yang ada di alam liar. Tapi di antara makanan-makanan alaminya tersebut, kura-kura tortoise paling suka memakan sayur-mayur. Berbagai jenis sayuran yang banyak tersedia di pasar habis dimakan dengan lahap oleh kura-kura yang satu ini. Contohnya antara lain sawi hijau (caisim), sawi wangi (fumak/siomak), kangkung, semanggi, daun ubi jalar, selada air, wortel, dan lain-lain. Sesekali Anda juga bisa memberikan kaktus centong serta daun dan bunga kembang sepatu.

Boleh Memberikan Pelet, Asalkan Peletnya…

Untuk alasan kepraktisan, Anda juga bisa memberikan pelet kepada kura-kura tortoise. Pemakaian pelet sebagai pakan utama tortoise akan membuat pertumbuhannya lebih cepat. Kura-kura ini akan tumbuh besar dalam waktu lebih cepat daripada tortoise yang hanya diberikan sayur-mayur saja. Namun pelet untuk kura-kura darat ini berjenis khusus. Anda tidak bisa memberinya pelet kura-kura air atau bahkan pelet ikan karena pasti tidak akan dimakan olehnya. Sebaiknya Anda juga tidak memberikan pelet untuk kelinci. Berikan hanya pelet yang diformulasikan khusus untuk kura-kura tortoise.

Bersihkan Kura-kura Tortoise secara Rutin

Perawatan lainnya yang mesti Anda berikan kepada kura-kura tortoise yaitu menjaga kebersihannya. Baik kebersihan kandang maupun kura-kura itu sendiri, wajib senantiasa dibersihkan secara rutin. Cara membersihkan kura-kura tortoise yakni memandikan tubuhnya untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel. Kura-kura ini harus rutin dimandikan paling tidak seminggu sekali. Siramilah tortoise dengan air bersih. Lalu sikati bagian tempurung atas dan bawahnya memakai sikat gigi berbulu lembut. Jangan lupa bersihkan pula kandangnya dari kotoran ya!

Jangan Lupa Rendam dan Jemur Ya!

Sebaiknya kura-kura tortoise direndam di air hangat setiap hari. Perendaman ini dimaksudkan untuk membuat kura-kura merasa lebih nyaman, terutama di bagian perutnya yang berhubungan dengan sistem pencernaan. Gunakan air yang memiliki suhu yang hangat untuk keperluan merendam kura-kura ini. Ingat, cukup setengah bagian tubuh kura-kura saja yang terendam di air sebab kura-kura tortoise sama sekali tidak sanggup berenang. Rendamlah sekitar 15-20 menit. Setelah itu, Anda bisa menjemur kura-kura ini di bawah sinar matahari pagi untuk menghangatkan tubuhnya.