Ciri-ciri Kura-kura yang Sudah Mati

Semua orang yang memelihara kura-kura pasti sangat menyayangi kura-kura peliharaannya. Ibarat di kata kura-kura tersebut sudah seperti anak sendiri. Pagi, siang, sore, dan malam rela waktunya dikorbankan untuk merawat dan memastikan kondisi kura-kura dalam keadaan yang baik. Bahkan tak sedikit penghobi kura-kura yang jauh lebih memperhatikan kesehatan hewan peliharaannya dibandingkan dengan kondisi kesehatan dirinya sendiri.

Maka ketika kura-kura yang sungguh dicintainya mati, perasaan sedih yang sangat mendalam pasti muncul. Apapun jenis kura-kura tersebut sebab telah meninggalkan kenangan indah yang banyak sekali bersama dengan si empunya. Biasanya saat kita melihat bahwa kondisi kura-kura tersebut sudah tidak bernyawa, kita akan menyangkal kenyataannya. Kita tak langsung percaya dengan keadaan ini dan masih berharap kalau kura-kura tersebut tidak benar-benar mati.

ciri-ciri-kura-kura-mati.jpg

Kura-kura yang mati mempunyai beberapa ciri-ciri yang jelas ditunjukkannya, antara lain :

Kura-kura Diam dan Tidak Bergerak

Saat Anda melihat ada kura-kura yang diam dan tidak bergerak sama sekali, maka besar kemungkinannya kalau kura-kura tersebut sudah mati. Untuk meyakinkannya, Anda bisa mencoba membuka mata kura-kura atau menggerakkan kaki-kakinya. Mata kura-kura yang sudah mati akan tetap terpejam. Begitu pula saat disentuh kakinya, dia hanya diam saja tanpa memberikan respons apapun. Kakinya sama sekali tak bergerak.

Kura-kura Diam Saat Direndam Air Hangat

Sebenarnya kura-kura yang diam tidak selamanya mati. Mungkin saja kura-kura tadi hanya pingsan? Kasus ini biasanya terjadi pada kura-kura darat. Selama pingsan, kura-kura tersebut akan diam dan tidak bergerak sama sekali. Untuk membangunkannya, Anda bisa mencoba merendam kura-kura di air hangat-hangat kuku. Rendamlah cukup di bagian plastronnya saja. Jika kura-kura mau bergerak sedikit saja artinya dia masih hidup. Begitu pula sebaliknya.

Tubuh Kura-kura Sangat Kaku

Jaringan yang ada di dalam tubuh kura-kura yang telah mati seketika akan berhenti bekerja. Aliran darahnya pun akan mendadak berhenti. Lama-kelamaan darah ini akan membeku sehingga mengakibatkan tubuh kura-kura tersebut sangat kaku. Bahkan ketika Anda menggoyang-goyangkan tubuhnya dengan keras, tekstur kaki-kakinya tetap terlihat kaku. Posisi semua kakinya sama sekali tidak bergeser.

Suhu Tubuh Kura-kura Begitu Dingin

Cobalah Anda pindahkan kura-kura yang telah didiagnosa mati ke wadah kecil, lalu masukkan ke dalam rumah. Taruh di tempat mana saja mau di ruang tamu, ruang keluarga, atau dapur. Biarkan selama 1-2 jam, lalu cek kembali kondisinya. Apabila suhu tubuh kura-kura tersebut berubah menjadi sangat dingin, maka memang benar kalau nyawanya sudah tidak ada. Suhu dingin ini muncul karena semua darah di dalam tubuh kura-kura sudah membeku.

Kura-kura Terapung di Permukaan Air

Jika Anda masih belum percaya kalau kura-kura yang sangat Anda sayangi kini telah tiada, cobalah siapkan wadah berisi air. Kemudian masukkan kura-kura tersebut ke wadah ini. Jika kondisinya sudah mati, maka tubuh kura-kura tersebut akan langsung berada di permukaan air. Dia akan tetap terapung dan diam tak bergerak. Meskipun Anda mencoba untuk menenggelamkannya, maka kura-kura yang sudah mati akan tetap terapung.

Pada hakikatnya, kura-kura adalah makhluk hidup yang bernyawa. Semua yang memiliki nyawa di dunia ini pasti akan mati. Anda harus merelakan kepergian kura-kura tersebut dan berharap semoga kelak di akhirat dapat dipertemukan kembali. Oleh sebab itu, mulai sekarang Anda harus merawat dengan baik semua kura-kura yang dipelihara tanpa membedakan jenis serta harganya. Mereka semua adalah bagian dari keluarga Anda. Sehingga ketika kura-kura ini pergi untuk selama-lamanya, Anda bisa menerimanya dengan lapang dada dan merasa puas telah memeliharanya sebaik-baiknya.