Ciri-ciri Penyakit Pneumonia Pada Kura-kura

Walaupun mempunyai daya tahan tubuh yang sangat baik, tetapi kura-kura pun bisa terserang oleh penyakit. Contohnya yaitu penyakit radang paru-paru (pneumonia). Penyakit pneumonia merupakan penyakit yang sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kematian. Kura-kura yang mengidap penyakit ini pun bisa mengalami kematian secara mendadak. Anda harus bisa mengidentifikasi gejala awal yang ditunjukkan oleh serangan penyakit ini.

Kura-kura yang terlihat lincah bukan berarti kondisinya selalu sehat. Karena kura-kura yang mengidap penyakit pneumonia pun tampak lincah. Kemudian serangan penyakit ini datang yang umumnya disebabkan oleh kondisi kandang yang kotor, makanan yang tidak tercemar, kelembaban yang terlalu tinggi, tingkat kepadatan kandang yang terlalu tinggi, atau suhu yang tidak sesuai. Penyakit ini juga bisa ditularkan oleh kura-kura lain yang sudah sakit.

ciri-ciri-penyakit-pneumonia.jpg

Penanganan yang tepat sedini mungkin dapat membantu menyelamatkan nyawa kura-kura peliharaan Anda. Adapun gejala-gejala awal yang ditunjukkan oleh kura-kura yang mengidap penyakit pneumonia antara lain :

  1. Berenang Mengambang di Air

Khusus untuk kura-kura air, Anda bisa mengenali kura-kura yang terserang penyakit pneumonia melalui tingkah lakunya saat berada di air. Misalnya seperti kura-kura yang selalu berenang mengambang di air, maka kemungkinan besar dia terserang penyakit radang paru-paru. Kura-kura tersebut selalu berada di permukaan air seperti tidak bisa tenggelam di air. Sudah berkali-kali Anda mencoba untuk menenggelamkannya, tapi kura-kura tetap kembali berenang mengambang.

  1. Gaya Berenangnya Miring

Kura-kura yang mengidap penyakit pneumonia akan sulit mengendalikan gerakannya. Saat mencoba berenang di air, kura-kura tersebut tampak berenang dengan arah yang tidak menentu. Antara arah hadap kepala dengan arah berenangnya tidak sama. Kura-kura tampak berenang miring ke arah lain tidak seperti seharusnya. Bahkan tubuh kura-kura tersebut juga dalam posisi yang miring saat berada di dalam air.

  1. Hidungnya Dipenuhi Lendir

Masalah yang terjadi pada paru-paru juga mengakibatkan hidung kura-kura yang sakit pneumonia dipenuhi oleh lendir. Kondisi hidung tersebut tampak selalu basah dengan lendir yang memenuhi permukaannya. Seolah-olah kura-kura tadi sedang flu, padahal dia mengidap penyakit yang lebih parah yaitu pneumonia. Lendir di hidung ini juga akan terus muncul meskipun Anda sudah mencoba membersihkannya beberapa kali.

  1. Mulut sering Menganga

Karena hidungnya dipenuhi oleh lendir, kura-kura pun mencoba cara lain untuk bernapas yaitu melalui mulut. Kura-kura tersebut tampak sering mengatup-ngatupkan mulutnya untuk mengambil udara langsung. Terlihat seperti ikan yang kekurangan oksigen di air. Kalau istilahnya mulut kura-kura ini terlihat megap-megap. Kura-kura akan terus menganga atau membuka-menutup mulutnya.

  1. Gerakannya Tak Terkendali

Pada kasus yang parah, kura-kura sudah tidak bisa mengontrol gerakannya sendiri dengan baik. Kura-kura tersebut tampak bergerak tidak menentu dan membabi buta. Dia tidak mampu mengendalikan gerakan dirinya sendiri. Kura-kura tersebut juga seperti menahan rasa sakit yang luar biasa. Dia tidak bisa berdiam diri untuk waktu yang lama. Kura-kura terus bergerak secara tak terkendali.