Gejala Kekurangan Vitamin Pada Kura-kura Beserta Cara Pengobatannya

Memiliki kura-kura sendiri memang sangat menyenangkan. Kita mempunyai kesempatan untuk dapat merawat salah satu binatang yang paling unik di dunia dengan tempurungnya yang begitu menarik. Jadi Anda mesti merawat kura-kura tersebut dengan sebaik-baiknya. Termasuk soal pemberian makanan pun Anda harus memperhatikannya dengan sungguh-sungguh. Anda harus memastikan kalau kura-kura tadi memperoleh semua vitamin dan mineral yang dibutuhkannya dengan lengkap. Dengan begini, kura-kura Anda pun akan tumbuh dengan baik serta senantiasa terjaga kesehatannya.

Kenyataannya memang kura-kura bisa mengalami kekurangan vitamin dan mineral akibat pemiliknya tak merawat kura-kura tersebut dengan baik. Pemberian makanan secara asal-asalan atau teknik perawatan yang tidak dilaksanakan dengan benar menjadi pemicu utamanya. Tentu saja kura-kura yang menderita kasus kekurangan vitamin (hypovitaminosis) ini akan mengalami permasalahan pada kesehatannya. Jadi kami sarankan ke Anda untuk melakukan pencegahan sedini mungkin serta pengobatan jika ditemukan adanya kura-kura dengan gejala kekurangan vitamin atau mineral.

Di bawah ini merupakan tabel tentang kekurangan vitamin/mineral pada kura-kura yang dilengkapi dengan gejala-gejala awal beserta pencegahan dan pengobatannya secara tepat!

KEKURANGAN VITAMIN (HYPOVITAMINOSIS) PADA KURA-KURA

VITAMIN/MINERAL

GEJALA

PENCEGAHAN

PENGOBATAN

Vitamin ACacat mata, mata exhorbited, penglihatan kabur bisa menjadi buta total, bercak putih pada tempurung, hilangnya sebagian kulit di leher, kaki dan skat.Beri suplement dua kali seminggu dan juga makanan yang kaya akan vitamin A seperti water hyacintch, tomat, udang gammarus tetra.Injeksi 60-120,000 IU vitamin A per kg dan suntikan kedua dua atau tiga minggu kemudian.
Vitamin D3Pertumbuhan lambat, pembentukan tempurung yang tidak bagus, radang tulang belakang (rachytism)Suplemen vitamin dua kali seminggu, kenai sinar matahari langsung atau lampu berspektrum penuh selama 8-12 jam per hari.Penjemuran sinar matahari secara langsung atau pemakaian lampu ultraviolet tipe B di dalam kandang.
Vitamin EBenjolan, Nodules, lipomes, abcesses of fatty tissues Suntikan suplemen multivitamin, mengangakat luka/borok
Vitamin B KompleksMasalah dengan sistem syaraf utama, lesuSuplemen vitamin dua kali semingguSuntikan suplemen multivitamin, minyak ikan (cod liver oil), organ ikan
Zat BesiCacat pembentukan dan rasio pertumbuhan yang lambatBerikan makanan yang bergizi tinggi dan variatifBeri makanan yang kaya akan zat besi seperti hati sapi
Fosfor & KalsiumJika dua zat ini tidak tersedia pada rasio yang sesuai, kura-kura akan menderita seperti gejala kekurangan vitamin D3, karena vitamin D3 adalah yang bertanggung jawab atas pengikatan kalsium dan fosfor dalam tulangBerikan tulang sotong atau tambahkan suplement vitamin yang kaya akan kalsium pada makanannya dua kali seminggu. Jemur dibawah sinar matahari langsung atau lampu berspektrum penuh.Suntikan suplemen multivitamin

Bagaimanapun juga Anda harus memperhatikan dengan baik kondisi dari kura-kura yang Anda pelihara, khususnya mengenai kesehatannya. Sama seperti binatang peliharaan lainnya, kura-kura pun bakalan mengalami permasalahan berupa penyakit atau cacat kalau menderita kekurangan vitamin dan mineral. Sekali lagi kami tekankan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Lakukan pencegah sejak dini dengan merawat kura-kura Anda sebaik-baiknya. Teruama dalam pemberian makanan, semestinya Anda memberikan makanan yang mengandung nilai gizi tinggi kepada kura-kura tersebut.