Ini Dia Perbedaan Makan Kura-kura Darat dan Air

Ada begitu banyak jenis-jenis kura-kura di dunia ini. Kalau Anda menganggap semua kura-kura bisa bertahan hidup di perairan dan daratan, maka Anda salah besar. Faktanya adalah terdapat kura-kura yang hanya mampu hidup daratan, serta ada pula kura-kura yang hanya bisa hidup di perairan saja. Anda harus bisa mengidentifikasi jenis kura-kura tersebut melalui ciri-ciri fisik yang dimiliki sehingga dapat menyediakan kandang yang tepat untuknya.

Kura-kura yang hanya bisa hidup di daratan dikenal dengan sebutan kura-kura darat. Kura-kura ini tidak memiliki selaput renang sehingga sama sekali tidak mampu berenang di air. Jika Anda mencoba meletakkannya di air, kura-kura ini akan tenggelam lalu mati. Contoh kura-kura darat antara lain emys, forsteni, aldabra, russian, marginatta, sulcata, radiatta, indian star, dan masih banyak lagi. Anda bisa membeli perlengkapan memelihara kura-kura darat di www.kuranesia.com.

Berbanding sebaliknya, kura-kura air merupakan kura-kura yang hanya bisa hidup di air. Kura-kura ini mungkin masih bisa hidup di daratan beberapa saat. Namun dalam waktu lama, dia akan mati kepanasan. Hal ini dikarenakan kura-kura air membutuhkan kelembaban yang cukup tinggi untuk dapat bertahan hidup. Contoh kura-kura air yaitu labi-labi amyda, pelodiscus, moncong babi, kura-kura byuku, dan sebagainya.

Selain dari perbedaan tempat tinggalnya, ternyata kura-kura darat dan kura-kura air memiliki perbedaan pula pada makanannya. Baik kura-kura darat maupun kura-kura air, sebenarnya sama-sama merupakan binatang omnivora. Namun ada perbedaan yang mencolok dari jenis-jenis makanan yang disukai oleh kedua kelompok kura-kura tersebut. Apakah perbedaannya? Mari kita kenali bersama makanan untuk kura-kura darat dan air.

KURA-KURA DARAT

Di habitat alaminya, kura-kura darat biasanya mengonsumsi rumput, dedaunan, bunga-bunga liar, dan serangga kecil. Kura-kura darat memang termasuk binatang omnivora. Akan tetapi, kenyataannya kura-kura ini jauh lebih menyukai sayur-mayur ketimbang daging-dagingan. Anda bisa memberikan sayuran yang segar sebagai makanan utamanya. Jika mau lebih praktis, Anda juga dapat menggunakan pelet. Namun ingat, jenis pelet yang dipakai harus pelet khusus untuk kura-kura darat. Kura-kura darat tidak akan mau memakan pelet untuk kura-kura air.

Berikut ini beberapa saran makanan kura-kura darat yang kami rekomendasikan!

  1. Daun caisim
  2. Daun siomak
  3. Daun fumak
  4. Daun ubi jalar
  5. Daun kangkung
  6. Daun selada keriting
  7. Daun sawi putih
  8. Daun semanggi
  9. Umbi wortel
  10. Buah mentimun
  11. Buah buncis
  12. Buah labu siam
  13. Buah pepaya
  14. Buah pisang
  15. Kaktus centong

KURA-KURA AIR

Kura-kura air juga tergolong sebagai hewan omnivora. Menariknya ialah kura-kura ini sangat menyukai makanan yang berjenis daging-dagingan. Semua makanan yang berupa daging atau memiliki aroma amis yang kuat pasti akan menjadi santapan yang lezat baginya. Dia akan melahap habis pakan tersebut. Begitu pula pelet untuk kura-kura air juga harus mempunyai aroma amis yang tajam. Anda bahkan bisa menggunakan pelet ikan. Anda juga bisa melatih kura-kura air agar mau mengonsumsi buah-buahan dan sayur-mayur.

Rekomendasi makanan kura-kura air di antaranya :

  1. Ikan
  2. Udang
  3. Jangkrik
  4. Daging ayam
  5. Jeroan ayam
  6. Cacing beku
  7. Ulat hongkong
  8. Cumi-cumi
  9. Gurita
  10. Kepiting
  11. Keong sawah
  12. Daun kangkung
  13. Daun kubis
  14. Buah pepaya
  15. Buah pisang