Inilah Ciri-ciri Kura-kura Darat Selengkapnya

Tahukah Anda, tidak semua kura-kura mampu berenang. Ada beberapa spesies kura-kura yang sama sekali tidak bisa berenang. Misalnya yaitu aldabra, sulcata, radiatta, emys, dan lain-lain. Kita biasa mengelompokkan kura-kura jenis ini sebagai kura-kura darat sebab memang tempat tinggalnya hanya berada di darat. Hal ini berbeda dengan kura-kura semi-aquatic yang dapat bertahan hidup di daratan maupun perairan.

Menariknya adalah rata-rata harga kura-kura darat jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan kura-kura air atau kura-kura semi-aquatic. Harga kura-kura darat yang paling murah saja yaitu kura-kura emys (Manouria emys) berada di atas Rp 500 ribu. Belum lagi untuk kura-kura impor dan langka seperti aldabra yang harganya bisa menyentuh Rp 25 juta/ekor. Alasannya mungkin karena kura-kura darat dinilai lebih unik dan istimewa.

ciri-ciri-kura-kura-darat.jpg

Bagi Anda yang merupakan penghobi kura-kura pemula, Anda mungkin masih merasa bingung bagaimana ciri-ciri kura-kura yang termasuk sebagai kura-kura darat. Oleh sebab itu, kali ini kami akan mencoba membahasnya. Berikut ini ciri-ciri dari kura-kura darat!

Hanya Tinggal di Lingkungan Daratan

Namanya juga kura-kura darat, kura-kura jenis ini hanya tinggal di lingkungan daratan saja. Fakta ini tentu saja mematahkan mentah-mentah pendapat bahwa semua kura-kura bisa hidup di darat dan air. Kenyataannya memang kura-kura darat hanya tinggal di darat saja. Kura-kura ini menghabiskan waktunya di darat, baik saat makan, tidur, dan berjalan-jalan. Jarang sekali kura-kura ini mendekati perairan. Sebab kebutuhan airnya sudah tercukupi dari buah dan sayuran yang dia makan.

Tidak Memiliki Selaput di Kakinya

Ciri-ciri kura-kura darat yang selanjutnya yakni kura-kura ini tidak memiliki selaput di kakinya. Jika Anda perhatikan dengan baik, mayoritas kura-kura memang mempunyai kaki yang menyerupai kaki bebek. Di bagian sela-sela jari-jari kakinya terdapat selaput tipis yang berfungsi untuk membantunya berenang. Namun berbeda dengan kura-kura darat yang tidak mempunyai selaput renang ini. Sehingga kaki kura-kura darat sekilas menyerupai kaki ayam.

Sama Sekali Tidak Mampu Berenang

Mengapa kura-kura darat tidak tinggal di air? Alasannya karena kura-kura ini sama sekali tidak mampu berenang. Kura-kura ini pasti akan tenggelam bila Anda memaksa memasukkannya ke dalam air. Fakta ini mungkin terdengar aneh bagi Anda yang baru mempelajari tentang kura-kura. Namun kenyataannya memang demikian. Semua kura-kura darat tidak bisa berenang. Penyebabnya tidak lain karena kaki kura-kura ini tidak dilengkapi dengan selaput renang sehingga dia tidak mampu berenang.

Lebih Suka Memakan Sayur-mayur

Semua kura-kura pada dasarnya merupakan binatang omnivora. Ini artinya kura-kura termasuk hewan pemakan segalanya, baik tumbuh-tumbuhan maupun daging. Namun untuk kelompok kura-kura darat memiliki kecenderungan sebagai binatang herbivora. Kura-kura darat lebih suka memakan sayur-sayuran daripada daging-dagingan. Meski demikian, di habitat alaminya kura-kura ini juga sering memakan serangga-serangga kecil. Hal ini berbeda dengan kura-kura air dan semi-aquatic yang lebih suka memakan daging.