Inilah Kura-kura, Labi-labi, dan Penyu Terbesar di Dunia

Kura-kura mencakup semua binatang yang memiliki tempurung. Bahkan labi-labi dan penyu pun masih termasuk kura-kura loh. Tercatat bahwa saat ini ada sekitar 12-14 famili kura-kura dengan total spesies lebih dari 260. Indonesia sendiri patut berbangga sebab mempunyai setidaknya 45 spesies kura-kura asli negeri ini yang tergolong ke dalam 7 famili. Hampir setiap pulau-pulau di Nusantara memiliki kura-kura endemik. Anda mungkin tertarik untuk mengoleksi semuanya?

Ragam kura-kura memang ada banyak sekali. Tak semua kura-kura sama seperti apa yang digambarkan di dalam serial kartun. Kenyataannya kura-kura tidak selalu berwarna hijau, tapi ada pula kura-kura yang warnanya putih, hitam, merah, kuning, cokelat, dan sebagainya. Postur tubuh kura-kura pun bermacam-macam loh. Rata-rata kura-kura memang mempunyai panjang tubuh sekitar 20-30 cm. Namun ada pula spesies kura-kura yang panjangnya bahkan mencapai 3 meter lebih.

Kira-kira apa saja sih spesies kura-kura yang memiliki postur tubuh dengan ukuran yang paling besar di dunia? Kami mempunyai tiga daftarnya, antara lain :

Apa Labi-labi Terbesar di Dunia? Jawabannya Labi-labi Moncong Babi

labi-labi-moncong-babi-terbesar-di-dunia.jpg

Faktanya, labi-labi terbesar di dunia adalah labi-labi moncong babi. Labi-labi yang kerap disebut sebagai penyu air tawar ini mampu tumbuh hingga besarnya mencapai 70 cm loh. Inilah yang menobatkannya sebagai labi-labi atau kura-kura air terbesar di dunia. Coba Anda bayangkan betapa menariknya labi-labi sebesar itu berenang di dalam akuarium? Wah, pastinya bakalan menjadi pertunjukan yang sangat memukau mata. Perlu Anda ketahui, labi-labi moncong babi merupakan labi-labi asli Pulau Papua.

labi-labi-monbi-terbesar-di-dunia.jpg

Labi-labi moncong babi secara alami hidup di sungai dan danau air tawar. Di habitatnya, labi-labi monbi ini biasanya memakan ikan-ikan kecil, udang, cacing, dan serangga. Sebutan moncong babi (pig-nosed) disematkan karena kura-kura ini memang mempunyai hidung/moncong yang menyerupai babi. Dengan mimik muka yang lucu, labi-labi ini nampak menggemaskan sekali. Keunikan lain dari labi-labi moncong babi yaitu kaki-kakinya yang berbentuk kaki pendayung sehingga terlihat seperti penyu.

Apa Kura-kura Terbesar di Dunia? Jawabannya Kura-kura Galapagos

kura-kura-galapagos-terbesar-di-dunia.jpg

Kura-kura darat yang paling besar di dunia tidak lain jatuh pada kura-kura galapagos. Binatang endemik dari Kepulauan Galapagos ini memang mempunyai postur yang besar sekali. Bahkan ukurannya masih jauh lebih besar dibandingkan dengan kura-kura aldabra loh. Kura-kura galapagos mempunyai postur tubuh sebesar 120-150 cm dan berat mencapai 417 kg. Dengan ukuran sebesar itu, orang dewasa saja bahkan bisa menaiki kura-kura ini layaknya sedang menaiki kuda atau unta loh. Wah, menarik sekali ya!

kura-kura-terbesar-di-dunia.jpg

Kura-kura galapagos mempunyai leher yang ukurannya cukup panjang. Panjangnya leher kura-kura ini membantunya untuk meraih pucuk-pucuk daun yang masih muda yang memang merupakan makanan utamanya. Kura-kura galapagos tercatat sebagai salah satu vertebrata yang paling lama hidupnya yakni sampai dengan 170 tahun. Walaupun pernah sangat terancam akan punah, tetapi berkat upaya pelestarian yang berhasil, kini jumlah total spesies ini sudah diperkirakan telah melebihi 19,000 pada awal abad ke-21.

Apa Penyu Terbesar di Dunia? Jawabannya Penyu Belimbing

penyu-terbesar-di-dunia.jpg

Penyu adalah kura-kura yang tinggal di air laut. Kenyataannya, seluruh waktu dari penyu dihabiskannya di dalam laut. Penyu hanya akan naik ke daratan untuk bertelur saja. Setelah itu, penyu akan langsung kembali ke laut. Cuma ada 7 spesies penyu di seluruh dunia ini. Penyu-penyu tersebut berenang bebas di seluruh lautan dan samudera, bahkan sampai ke kutub utara dan kutub selatan loh. Dari ketujuh spesies penyu ini, penyu belimbing merupakan penyu terbesar di dunia.

penyu-belimbing-terbesar-di-dunia.jpg

Bagaimana tidak menjadi penyu yang paling besar di dunia? Rata-rata postur tubuh penyu belimbing ini mempunyai ukuran 150-200 cm. Bahkan pernah ada penyu belimbing yang panjangnya mencapai 300 cm alias 3 m loh. Wah, pastinya besar dan panjang banget tuh! Penyu sendiri merupakan kura-kura yang bersifat omnivora. Penyu biasanya memakan ikan, cumi-cumi, gurita, ubur-ubur, udang laut, dan rumput laut. Binatang ini terus berpindah-pindah tempat di sepanjang waktu hidupnya.