Kenapa Kura-kura Diam Saja? Ini 6 Penyebabnya

Kura-kura harus dirawat dengan baik supaya kondisinya senantiasa sehat dan bebas penyakit. Merawat kura-kura wajib dilakukan dengan sepenuh hati. Sebagai penghobi kura-kura, Anda sepatutnya menikmati proses merawat kura-kura tersebut. Ada kesenangan tersendiri ketika Anda melakukan perawatan terhadap semua kura-kura yang dipelihara. Anda pun merasa puas setiap melihat kura-kura peliharaan Anda tampak sehat dan bugar.

Dalam merawat kura-kura, Anda perlu memantau kondisinya setiap saat. Biasanya gerak-gerik kura-kura tersebut akan mencerminkan kondisi asli tubuhnya. Jangan terlalu merasa kaget jika melihat perubahan perilaku kura-kura. Sama seperti manusia, kura-kura pun memiliki mood yang berbeda-beda setiap hari. Kadang-kadang dia akan bergerak dengan aktif kesana dan kemari. Namun di hari yang lain, kura-kura tersebut tampak berdiam diri. Akan tetapi, Anda juga tidak boleh menyepelekan perubahan perilaku kura-kura.

penyebab-kura-kura-diam-saja.jpg

Ada beberapa penyebab mengapa kura-kura terlihat diam saja, antara lain :

Penyebab 1. Memang sudah Sifatnya

Ada begitu banyak jenis kura-kura di dunia ini. Walaupun sama merupakan kura-kura, tetapi perangainya berbeda-beda. Tidak semua kura-kura memiliki sifat yang lincah. Ada kura-kura yang pemalu, sukanya tidur, jahil, dan sebagainya. Kalau kura-kura yang Anda pelihara tampak berdiam diri saja, coba cari tahu karakteristik dasarnya. Sebab bukan tidak mungkin kura-kura Anda memang aslinya pendiam, pemalu, dan senang berdiam diri.

Penyebab 2. Sedang Malas Bergerak

Kura-kura juga mempunyai perasaan sendiri. Tidak seperti robot, dia tahu apa yang sebaiknya dilakukan. Faktanya, kura-kura juga dapat merasa bosan. Kondisi kandang yang polos dan tidak ada yang menarik membuatnya merasa bosan. Pada akhirnya, kura-kura pun lebih memilih untuk diam saja karena sudah bosan dengan suasana di dalam kandang. Ada baiknya Anda menata ulang kandang tersebut agar kura-kura menjadi bersemangat lagi.

Penyebab 3. Suhu Udara Terlalu Dingin

Kura-kura pun lebih suka berdiam diri di sudut kandang apabila suhu udara terasa dingin. Dia melakukannya untuk mendapatkan kehangatan. Apalagi sebagai binatang berdarah dingin, kura-kura pun sulit menyesuaikan suhu tubuhnya dengan suhu udara di sekitarnya. Oleh sebab itu, kura-kura lebih memilih diam saja ketimbang bergerak di tengah suhu yang dingin. Untuk mengatasinya, Anda bisa memasang lampu ultraviolet untuk menaikkan suhu di kandang.

Penyebab 4. Dia Merasa Ketakutan

Kura-kura yang merasa ketakutan akan memilih menyembunyikan kepala dan kaki-kakinya di dalam tempurung. Secara perlahan-lahan dia juga akan bergerak ke tempat yang lebih aman, lalu kembali menyembunyikan tubuhnya lagi di dalam tempurung. Biasanya perilaku seperti ini ditunjukkan oleh kura-kura yang baru Anda beli. Kura-kura tersebut sedang membaca situasi tempat tinggalnya yang baru. Anda perlu menyediakan kandang yang aman supaya kura-kura tadi tidak merasa takut lagi.

Penyebab 5. Kura-kura Kekenyangan

Berikanlah makanan secara teratur kepada kura-kura dengan porsi yang cukup. Kura-kura yang memperoleh asupan makanan yang sesuai kebutuhannya akan tumbuh dengan baik dan cepat besar. Biasanya kura-kura yang sudah merasa kenyang ini akan bergerak menuju ke sudut kandang, lalu tidur-tiduran di sana. Dia akan menikmati rasa kenyangnya dengan berdiam diri saja. Perilaku ini lumrah dan normal dilakukan oleh semua jenis kura-kura. Anda tidak perlu mengkhawatirkannya.

Penyebab 6. Kura-kura sedang Sakit

Jika Anda melihat perubahan perilaku kura-kura terjadi secara mendadak, Anda patut curiga sebab bukan tidak mungkin sesuatu yang buruk sedang menimpa kura-kura tersebut. Mungkin saja kura-kura Anda terserang penyakit sehingga mengakibatkan keadaan tubuhnya menjadi lemas dan enggan bergerak. Segera lakukan pengobatan yang tepat untuk menyembuhkan kura-kura tersebut. Apabila kura-kura Anda tidak kunjung sembuh selama lebih dari 3 hari, kami sarankan bawalah ke dokter hewan terdekat.