Kotoran Kura-kura Berwarna Putih, Apa Berbahaya?

Kondisi kura-kura Anda salah satunya dapat diketahui dari kotoran yang dikeluarkannya. Rupa kotoran tersebut bisa menggambarkan kesehatannya. Kura-kura yang sehat mempunyai kotoran yang padat, berwarna cokelat tua, dan tidak berbau menyengat. Sedangkan bila kotoran kura-kura nampak encer, warnanya putih, serta mengeluarkan bau tak sedap yang begitu kuat, maka kemungkinan besar kalau kondisinya sedang tidak sehat. Anda harus segera mengidentifikasi penyebabnya.

Untuk merangsang kura-kura supaya mengeluarkan kotorannya, caranya gampang sekali. Anda tinggal merendam kura-kura tersebut di air hangat. Rendamlah kura-kura ini selama 20-30 menit. Perendaman akan membuat kura-kura merasa rileks, tubuhnya merasa nyaman, dan perutnya pun menjadi hangat. Selang beberapa saat setelah direndam di air hangat, kura-kura biasanya akan mengeluarkan kotoran. Kotoran inilah yang bisa Anda amati untuk mengetahui kondisi kura-kura yang sebenarnya.

kotoran-kura-kura-berwarna-putih.jpg

Mungkin kura-kura Anda tib-tiba mengeluarkan kotoran berwarna putih. Apakah kotoran tersebut menandakan kondisinya sedang tidak sehat?

Terdapat dua kemungkinan mengenai kondisi kura-kura Anda yang sebenarnya. Kemungkinan pertama adalah kondisi kura-kura tersebut baik-baik saja. Kura-kura dalam keadaan yang normal tanpa terkena penyakit sama sekali. Kadang-kadang kura-kura yang sehat pun mengeluarkan kotoran yang berwarna putih. Di kalangan penghobi, kotoran ini disebut bladder stone. Kura-kura menghasilkan bladder stone untuk mengeluarkan sisa-sisa protein dari tubuhnya.

Justru kura-kura yang rutin mengeluarkan bladder stone menandakan kalau kondisinya benar-benar sehat. Ukuran bladder stone ini biasanya sebesar kerikil dengan diameter sekitar 5-10 mm. kura-kura harus mengeluarkannya secara berkala. Kalau tidak, bladder stone tersebut akan menumpuk di dalam tubuh kura-kura sehingga mengganggu pencernaannya. Anda terpaksa harus mengoperasi kura-kura ini untuk mengeluarkan bladder stone di dalam perutnya agar kura-kura tidak mati.

Sementara itu, munculnya kotoran berwarna putih yang dikeluarkan kura-kura juga dapat menandakan kondisi yang berbahaya. Terutama bila jumlah kotoran yang berwarna putih tersebut nampak banyak sekali. Bisa jadi bladder stone sudah menumpuk di dalam tubuh kura-kura sehingga perlu tindakan medis dan pengecekan menggunakan sinar X untuk mengetahui kondisi di dalam perut kura-kura yang sebenarnya. Segera lakukan pemeriksaan sebelum terlambat.

Kotoran yang berwarna putih juga bisa mengartikan kondisi kura-kura yang sedang sakit apabila kotoran tersebut memiliki wujud yang cair atau encer. Kotoran kura-kura seharusnya padat menyerupai bentuk kotoran tikus. Namun kalau wujud kotoran tersebut encer berarti kura-kura sedang mengalami masalah pada sistem pencernaannya. Kemungkinan besar kura-kura Anda tengah dilanda gangguan diare. Anda harus lekas mengobatinya serta memberikan pakan yang lebih padat. Mulai dari sekarang jagalah kebersihan kura-kura dan kandangnya dengan lebih optimal.