Kura-kura Stinkpot, Si Kura-kura Terkecil di Dunia Cuma 5-14 Cm Loh

Anda mungkin merasa penasaran apa sih kura-kura terkecil di dunia itu? Kura-kura memang mempunyai variasi jenis yang bermacam-macam. Ragam jenis kura-kura tersebut juga membuat posturnya berbeda-beda. Ada kura-kura yang ukurannya besar sekali menyerupai kuda. Tapi ada pula kura-kura yang punya ukuran tubuh yang sangat kecil. Saking kecilnya kura-kura tersebut, panjang maksimalnya hanya 5-14 cm loh. Jadi kura-kura tersebut mempunyai postur tubuh yang tidak ubahnya seperti baby kura-kura brazil yang baru saja menetas dari telurnya. Kira-kira apa sih kura-kura yang paling kecil di dunia tersebut?

Jawabannya adalah kura-kura stinkpot (Sternotherus odoratus). Stinkpot merupakan kura-kura terkecil di dunia. Panjang tubuhnya cuma berkisar antara 5,1-14 cm dengan berat tubuh mencapai 603 gram. Ini merupakan kura-kura kecil yang berwarna hitam, abu-abu, atau kecokelatan. Stinkpot mempunyai leher yang cukup panjang dengan kaki-kaki yang pendek. Ciri-ciri khas kura-kura stinkpot yaitu terdapat garis berwarna kuning di bagian lehernya. Ukuran tubuhnya yang mini menjadikan stinkpot sebagai salah satu kura-kura yang unik. Jadi wajar sekali kalau harga kura-kura ini lumayan mahal berkat keunikannya.

Stinkpot jantan dapat dibedakan dengan mudah dari stinkpot betina. Kura-kura stinkpot jantan biasanya memiliki ekor yang lebih panjang. Alat kelaminnya terletak di bagain ujung ekor tersebut. Sementara itu, stinkpot betina umumnya mempunyai postur yang lebih besar daripada si pejantan. Kepala kura-kura ini membentuk segitiga dengan bagian moncong yang tajam. Pada dasarnya, kura-kura stinkpot merupakan kura-kura full-aquatic. Mereka menghabiskan sebagian besar hidupnya di air. Satu-satunya waktu ketika kura-kura ini naik ke daratan ialah saat hendak bertelur atau berpindah ke tempat yang lainnya.

MAKANAN

Kura-kura stinkpot merupakan kura-kura yang bersifat karnivora. Kura-kura ini mengonsumsi berbagai macam hewan invertebrata air seperti udang, kerang, siput, keong, larva, dan serangga. Stinkpot ini juga memakan ikan serta binatang-binatang air lain yang ditemukannya. Biasanya baby stinkpot mempunyai sifat yang lebih karnivora dibandingkan kura-kura yang telah dewasa, di mana stinkpot dewasa biasanya juga sesekali akan mengonsumsi tumbuh-tumbuhan air. Jadi kalau Anda mau memelihara kura-kura ini, kami sarankan untuk memberikan pakan berupa daging-dagingan saja ya.

HABITAT

Habitat alami kura-kura stinkpot terletak di wilayah perairan tawar. Di antaranya meliputi danau, sungai, sawah, dan kadang-kadang juga di rawa. Stinkpot ini merupakan kura-kura air yang biasa menghabiskan masa hidupnya lebih banyak di air. Kendati demikian, stinkpot ternyata bukanlah kura-kura yang pintar dalam berenang loh. Kura-kura ini juga senang berjalan di dasar air dibandingkan berenang. Tetapi siapa sangka kalau kura-kura stinkpot pun mampu memanjang di pohon hingga ketinggian 2 meter? kura-kura stinkpot memang kecil-kecil cabai rawit sih. Apalagi ukurannya yang mungil membuatnya terlihat begitu menggemaskan.

PERAWATAN

Berhubung ukurannya mini, kura-kura stinkpot merupakan salah satu kura-kura yang paling cocok untuk dipelihara. Khususnya buat Anda yang memang lebih menyukai binatang peliharaan yang terlihat sangat lucu, imut, dan menggemaskan, maka kura-kura ini pantas sekali untuk dupelihara. Anda dapat merawat stinkpot layaknya kura-kura full-aquatic. Gunakan bak air yang ukurannya cukup besar sebagai kandang untuk kura-kura stinkpot. Anda tak perlu menambahkan basking ke bak ini sebab stinkpot memang lebih suka berada di air. Jangan lupa memasang lampu UV supaya kesehatan kura-kura ini senantiasa terjaga dengan baik.