3 Cara Membedakan Jenis Kelamin Kura-kura Ambon

Membedakan jenis kelamin kura-kura ambon merupakan langkah pertama apabila Anda ingin membudidayakannya. Anda tentu harus mampu mengetahui apa jenis kelamin kura-kura yang dipelihara supaya bisa mengawinkannya nanti. Sehingga ketika sudah memasuki musim kawin kura-kura, Anda bisa langsung menjodohkan antara kura-kura jantan dan betina. Agar efektif, Anda bisa memasangkan 1 ekor kura-kura jantan dengan 2-3 ekor kura-kura betina.

Namun mengidentifikasi jenis kelamin seekor kura-kura bukanlah pekerjaan yang mudah. Anda dituntut harus teliti dalam memperhatikan ciri-ciri fisiknya dengan baik. Pasalnya tidak seperti mamalia yang bisa diketahui jenis kelaminnya hanya dengan melihat alat kelaminnya, binatang reptil seperti kura-kura ini mempunyai alat kelamin yang tersembunyi. Alat kelamin ini hanya akan terlihat pada saat kura-kura sedang ada dalam puncak berahinya.

Jadi satu-satunya cara yang dapat digunakan untuk mengetahui jenis kelamin kura-kura yaitu memperhatikan ciri-ciri fisik yang dimilikinya. Antara kura-kura ambon jantan dan kura-kura ambon betina memang mempunyai ciri-ciri fisik yang berbeda. Anda dapat mempelajarinya berdasarkan kiat-kiat di bawah ini!

  1. Bentuk Tempurung Bawah

Membedakan jenis kelamin kura-kura ambon yang paling mudah bisa Anda lakukan dengan memperhatikan tempurung bagian bawahnya. Tempurung kura-kura bagian bawah ini dikenal dengan sebutan plastron. Kura-kura ambon jantan memiliki plastron yang berbentuk cekung. Bentuk ini membantunya ketika melakukan perkawinan, di mana dia harus menaiki tubuh kura-kura betina. Sedangkan kura-kura ambon betina mempunyai plastron yang bentuknya datar atau rata.

  1. Ukuran Kuku Kaki Depan

Perbedaan lainnya antara kura-kura ambon jantan dan betina terletak pada ukuran kuku kaki bagian depan. Anda bisa mengamati ukuran panjang kuku tersebut. Kura-kura ambon jantan memiliki kuku kaki bagian depan yang cukup panjang sehingga tampak menyerupai cakar. Tidak hanya berguna saat makan, kuku kaki yang panjang ini juga membantunya ketika mempertahankan diri dan bertarung. Berbeda dengan kuku kaki depan yang dimiliki oleh kura-kura ambon betina yang cenderung pendek.

  1. Posisi Lubang Kelamin

Alat kelamin kura-kura memang hanya bisa diamati apabila kura-kura tersebut sedang dalam kondisi berahi. Pada masa tersebut, kura-kura jantan akan mengeluarkan alat kelaminnya yang berukuran cukup panjang. Namun dalam kondisi normal, Anda dapat memperhatikan posisi lubang kelamin kura-kura untuk membedakan jenis kelaminnya. Kura-kura ambon jantan mempunyai lubang kelamin yang terletak lebih dekat dengan plastron daripada kura-kura ambon betina.