3 Cara Menghilangkan Jamur Pada Kura-kura

Anda harus waspada sebab jamur bisa menyerang kura-kura. Serangan jamur menyebabkan kesehatan kura-kura menjadi terganggu. Kura-kura yang terkena serangan jamur menjadi tidak nyaman dengan kehidupannya. Nafsu makannya lambat laun akan menurun. Kura-kura terlihat lemas seperti tidak bersemangat lagi menjalani aktivitasnya. Sampai akhirnya serangan jamur ini akan semakin parah mengakibatkan bagian tubuh yang diserang terlepas.

Anda tidak boleh menganggap serangan jamur sebagai masalah yang sepele. Sebab jika Anda membiarkannya, serangan tersebut akan semakin membesar dan meluas. Dampak yang bakal ditimbulkannya pun bakal semakin parah. Bahkan tidak menutup kemungkinan kura-kura Anda akan mati mendadak akibat serangan jamur yang sudah parah tersebut. Jadi wajib hukumnya bagi Anda untuk mengobati kura-kura sampai sembuh secara total.

Kami mempunyai 3 resep jitu untuk mengobati serangan jamur pada kura-kura, yaitu :

Daun Sirih

Obat pertama yang kami rekomendasikan ialah daun sirih. Ini merupakan obat herbal yang telah terbukti mampu mengatasi serangan jamur. Anda tentu sudah mengetahui kalau daun sirih mengandung zat antiseptik. Zat inilah yang kita gunakan. Kandungan zat antiseptik pada daun sirih begitu tinggi sehingga Anda harus berhati-hati saat menggunakannya. Sebab di sisi lain, zat tersebut juga bersifat racun apabila diberikan dalam jumlah yang terlalu banyak.

Daun sirih yang akan dimanfaatkan sebagai obat perlu diolah terlebih. Anda bisa merebus dua lembar daun sirih di dalam segelas air. Masaklah sampai mendidih. Kemudian biarkan sejenak agar suhu air rebusannya menjadi normal kembali. Silakan Anda bisa mengoleskan air rebusan daun sirih ini pada jamur yang tumbuh di tubuh kura-kura sedikit demi sedikit. Oleskan setiap 1 jam sekali bila memungkinkan. Hindari merendam kura-kura di dalam air rebusan daun sirih.

Garam Ikan

Anda juga bisa mengandalkan garam ikan sebagai obat penghilang jamur yang menyerang kura-kura. Garam ikan sendiri biasanya dipakai untuk menjaga kesehatan ikan. Bahan ini mampu menormalkan tingkat kesadahan pada air. Ternyata Anda juga bisa memakainya sebagai bahan terapi untuk mengatasi jamur pada kura-kura, khususnya kura-kura air. Anda hanya perlu memberikan garam ikan ke kolam dengan dosis yang sesuai anjuran pada kemasannya. Lakukan terapi dengan garam ikan sampai jamur menghilang.

Obat Kimia

Sekarang banyak tersedia obat-obatan kimia yang berfungsi untuk memberantas jamur. Dalam kondisi yang genting, Anda juga bisa memberikan obat untuk manusia kepada kura-kura. Anda tidak perlu khawatir sebab obat tersebut sudah terbukti aman dan ampuh mengatasi penyakit pada kura-kura, tentunya dengan dosis yang lebih rendah. Salah satu obat yang kami sarankan untuk menghilangkan jamur pada kura-kura yaitu Chloramfecort. Oleskan obat salep ini tepat di bagian jamur. Dalam waktu 5-7 hari, jamur pun akan terlepas dengan sendirinya.