6 Tips Memelihara Kura-kura Hijau bagi Pemula

Kura-kura hijau merupakan sebutan lain untuk kura-kura brazil (Trachemys scripta elegans). Dinamakan demikian karena kura-kura ini memang memiliki warna hijau di sekujur tubuhnya. Tidak hanya tempurungnya saja, bagian kepala, kaki, serta ekor kura-kura ini pun berwarna hijau. Warna tersebut akan terlihat jelas terutama saat ukurannya masih kecil. Kura-kura hijau ukuran bayi mempunyai warna hijau cerah yang menarik sekali. Sayangnya warna kura-kura ini akan memudar menjadi kecokelat-cokelatan seiring dengan pertambahan usianya.

Faktanya, kura-kura hijau adalah spesies kura-kura yang paling banyak dipelihara. Sebagian besar penghobi kura-kura memilikinya. Selain karena harganya yang terjangkau, kura-kura ini juga mudah dirawat. Populasi kura-kura hijau memang sangat melimpah di habitat alaminya sehingga siapa pun boleh memeliharanya. Bahkan di tempat asalnya, kura-kura hijau termasuk hama tanaman. Tetapi bagi penghobi kura-kura seperti Anda, kura-kura hijau merupakan binatang yang pantas dipelihara dan dirawat dengan sebaik-baiknya.

Bagi Anda yang baru pertama kali mempunyai kura-kura hijau, Anda bisa mengikuti kiat-kiat di bawah ini untuk memeliharanya!

Kiat I. Gunakan Kandang yang Ideal

Kura-kura hijau termasuk kelompok kura-kura semi-aquatic. Maksudnya adalah kura-kura ini mampu hidup di dua alam. Kura-kura hijau dapat bertahan hidup di daratan maupun perairan. Oleh sebab itu, kandang yang ideal untuk digunakan memelihara kura-kura ini yaitu kandang yang mempunyai area darat dan air. Anda boleh menggunakan kolam, akuarium, atau bak plastik sebagai kandang kura-kura hijau. Tapi usahakan kandang tersebut memiliki area darat dan air dengan perbandingan 1:3.

Kiat II. Isi dengan Air yang Cukup Banyak

Sebagai kura-kura yang mampu tinggal di air, kura-kura hijau merupakan binatang yang pandai berenang. Tidak seperti kura-kura matahari, kura-kura ini sangat lihai berenang dan bergerak di dalam air. Dia sanggup bergerak dengan lincah di air, baik di dasar maupun permukaannya. Faktanya kura-kura hijau memang lebih banyak menghabiskan waktunya di perairan. Untuk membuatnya merasa nyaman, Anda bisa mengisi kandang kura-kura ini dengan air yang cukup banyak. Sehingga kura-kura ini bisa berenang dengan leluasa di dalamnya. Selain itu, volume air yang banyak juga membuatnya tidak mudah kotor.

Kiat III. Pasang Filter Air di Kandang

Kebersihan merupakan poin penting yang harus diperhatikan dalam memelihara kura-kura. Tidak hanya kebersihan kura-kura itu sendiri, tetapi kebersihan kandangnya pun wajib untuk diperhatikan dengan baik. Kura-kura yang tinggal di kandang yang bersih pasti kesehatannya akan senantiasa terjaga. Berbeda kalau kandangnya kotor, kura-kura tersebut bakal terserang kuman dan bakteri dengan mudah. Biasanya lingkungan perairan di dalam kandang gampang sekali kotor. Anda bisa menjaga kebersihan airnya dengan memasang filter. Filter ini mutlak dipasang di kolam kura-kura.

Kiat IV. Pasang Lampu UV Bila Perlu

Berbeda dengan filter air yang harus ada di kandang kura-kura hijau, Anda dapat memasang lampu ultraviolet (UV) hanya jika dibutuhkan. Pemasangan lampu ini bersifat opsional untuk menghangatkan suhu tubuh kura-kura. Anda sebaiknya memasang lampu UV apabila suhu di ruangan pemeliharaan kura-kura berada di bawah 27-29 oC. Keberadaan lampu UV ini akan membuat kura-kura merasa nyaman berkat sinar yang terasa hangat yang dipancarkannya. Pasanglah lampu ini di atas area darat. Tapi jika suhu ruangan sudah normal, Anda tidak perlu memasangnya lagi.

Kiat V. Berikan Makanan yang Disukai

Kura-kura hijau tergolong sebagai binatang omnivora. Artinya kura-kura ini mau memakan apa saja, baik sayur-mayur, buah-buahan, maupun daging-dagingan. Kenyataannya kura-kura hijau memiliki perangai yang aktif, tidak pemalu, dan rakus. Seharusnya Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam memberinya makan. Beberapa contoh makanan untuk kura-kura hijau yang kami rekomendasikan antara lain udang, ikan, cacing beku, jangkrik, ulat hongkong, pepaya, pisang, sawi putih, pelet, dan kangkung. Jika Anda ingin memberikan daging atau jeroan ayam, sebaiknya direbus terlebih dahulu sampai matang. Sesekali Anda juga perlu memberikannya pakan berupa ikan hidup.

Kiat VI. Bersihkan Tubuhnya secara Rutin

Selain mengontrol kebersihan kandang, Anda juga perlu menjaga kebersihan kura-kura. Kura-kura yang senantiasa bersih maka pasti kesehatannya akan terjaga dengan baik. Kura-kura tersebut akan terhindar dari serangan kuman dan bakteri, serta bibit penyakit. Membersihkan kura-kura sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu memandikannya dan menyikati bagian tempurungnya memakai sikat gigi. Disarankan untuk memakai pasta gigi sebagai pembersih tempurung kura-kura. Setelah selesai dimandikan, kura-kura sebaiknya dijemur di bawah sinar matahari pagi.