7 Jenis Rumput yang Bagus untuk Kura-kura Darat (Tortoise)

Kura-kura darat disebut pula tortoise. Meski sama-sama merupakan kura-kura, tetapi tortoise ini memiliki perbedaan tertentu dengan kura-kura air (turtle). Salah satunya yaitu perbedaan dalam kecenderungan memilih makanan. Jika turtle lebih suka mengonsumsi daging-dagingan. Sedangkan tortoise paling suka memakan tumbuh-tumbuhan termasuk sayuran, buah, serta rumput-rumputan. Dia hanya sesekali nampak memakan serangga kecil.

Tortoise paling suka mengonsumsi sayuran dari kelompok sawi-sawian. Misalnya seperti sawi hijau (caisim), sawi putih, sawi sendok (pakcoy), sawi china (fumak), siomak, dan sebagainya. Namun bukan berarti lantas Anda harus terus-menerus memberikannya sawi. Kenyataannya ialah Anda pun dapat memberikan rumput-rumputan sebagai makanan tortoise. Bahkan beberapa jenis rumput liar pun bisa Anda gunakan sebagai pakan kura-kura ini.

Rumput banyak mengandung vitamin dan mineral yang bagus untuk mendukung pertumbuhan kura-kura darat. Tidak hanya rumput yang masih segar saja, tapi kura-kura juga doyan banget dengan rumput kering. Jadi Anda bisa menyimpan rumput yang banyak sebagai stock makanan untuk kura-kura di rumah. Pertanyaannya adalah apa sajakah rumput yang bisa dimakan oleh kura-kura darat dan bagus bagi pertumbuhannya?

Rumput Gandum

Rumput gandum merupakan makanan yang bagus untuk binatang peliharaan, termasuk untuk tortoise. Rumput gandum mengandung gizi yang tinggi, terutama kandungan protein, vitamin, dan mineralnya. Anda bisa memakai rumput gandum ini sebagai makanan selingan. Sekarang tidak sulit kok untuk mendapatkan rumput ini. Anda kan bisa membelinya secara online. Kalau mau lebih hemat, beli saja bibitnya di www.tokotanaman.com lalu tanam sendiri. Gampang banget kok caranya.

Rumput Timothy

Rumput timothy berasal dari kawasan Afrika Utara, Asia Barat, dan Eropa. Rumput ini memiliki akar yang dangkal dan ruas lebih rendah. Bunganya menyerupai ekor kucing. Di dalamnya terkandung vitamin, protein, dan serat. Rumput timothy merupakan rumput yang aman dikonsumsi oleh kura-kura darat karena memiliki tekstur yang lembut. Tak ada efek samping jika tortoise mengonsumsi rumput ini, termasuk pada sistem pencernaannya. Sehingga Anda bisa menggunakan rumput ini sebagai salah satu pakan utama.

Rumput Bermuda

Rumput bermuda dikenal pula dengan sebutan rumput golf. Mirip seperti rumput timothy, rumput ini mempunyai tekstur yang lembut dan seratnya tidak mudah rusak. Rumput bermuda memiliki bentuk daun yang meruncing menyerupai jarum, warnanya hijau muda, dan memiliki akar serabut. Panjang daunnya sekitar 5-7 cm dengan panjang akar mencapai lebih dari 5 cm. Kini Anda bisa mendapatkan rumput bermuda ini secara mudah di berbagai online store. Kalau ingin mencoba menanamnya sendiri, dapatkan benih bermuda di TokoTanaman.com.

Rumput Alfalfa

Rumput alfalfa memang sudah biasa dimanfaatkan sebagai pakan hewan ternak. Sehingga rumput ini benar-benar jika Anda berikan ke tortoise sebagai makanannya. Rumput alfalfa kaya akan protein, vitamin, dan mineral. Kandungan zat alkali di dalamnya juga mampu menetralkan tingkat keasaman di dalam sistem pencernaan kura-kura. Ciri-ciri rumput alfalfa yaitu berakar tunggang, batang menyelusur tegak dari dasar kayu, tingginya sekitar 30-120 cm, dan diameter batangnya berkisar 5-30 mm.

Rumput Clover

Kalau di Indonesia, rumput clover ini dikenal dengan sebutan semanggi. Semanggi merupakan tanaman yang biasa tumbuh di daerah persawahan, area tepi sungai, dan tempat-tempat yang cukup banyak mengandung air. Ternyata semanggi termasuk salah satu makanan yang paling bagus untuk kura-kura darat loh. Di dalamnya terkandung protein, vitamin, dan mineral yang tinggi untuk mendukung pertumbuhan tortoise. Faktanya tortoise yang rutin diberikan semanggi akan lebih cepat tumbuh besar daripada pemberian sayuran sawi-sawian.

Rumput Rye

Rumput rye adalah tanaman dari keluarga Poaceae. Tanaman ini diketahui berasal dari Eropa, Asia, dan Afrika Utara. Namun sekarang rumput rye sudah tersebar ke seluruh dunia karena terbukti sangat baik digunakan sebagai makanan binatang ternak. Rumput rye mempunyai ukuran yang pendek, daunnya berwarna hijau gelap, bertekstur lembut dengan bagian tengah yang cukup kaku. Bagi kura-kura darat, rumput rye merupakan pakan yang bagus karena banyak mengandung serat.

Rumput Odot

Rumput odot juga bisa Anda berikan kepada kura-kura darat. Rumput ini banyak mengandung protein dengan kadar hingga mencapai 12-14 persen. Tortoise Anda pasti akan cepat besar kalau rutin diberi pakan memakai rumput ini. Selain itu, rumput odot baik untuk tortoise sebab memiliki urat daun yang halus, teksturnya lembut, tidak berbulu, dan tidak kasar. Sehingga rumput ini tidak akan menimbulkan efek samping bagi sistem pencernaan kura-kura darat.