Agar Kura-kura Cepat Besar, Ini yang Harus Dilakukan

Para penghobi biasanya merawat kura-kura peliharanya sejak ukurannya masih kecil. Maklum sebab kura-kura yang masih berukuran kecil ini umumnya dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau. Selisih harganya jauh lebih murah daripada kura-kura dewasa. Selain itu, kura-kura yang ukurannya kecil juga terlihat lucu dan imut. Mimik mukanya pun begitu menggemaskan sampai kalau boleh kita ingin mencubit pipinya.

Kita tentu berharap bisa merawat kura-kura tersebut dengan baik sampai dia tumbuh besar. Maka rasa cinta Anda terhadap kura-kura tadi sangat dibutuhkan sehingga Anda dan kura-kura sama-sama merasa nyaman melalui hari demi hari. Hari pun berganti menjadi minggu, lalu berubah menjadi bulan dan tahun. Tanpa sadar Anda sudah merawat si kura-kura kecil selama bertahun-tahun hingga kini dia sudah menjadi kura-kura dewasa.

Berikut ini tips-tips yang dapat dilakukan untuk membuat kura-kura Anda cepat besar!

  1. Merawatnya dengan Baik

Jadikanlah kura-kura Anda sebagai teman hidup, bukan sekadar binatang peliharaan belaka. Sehingga Anda pun bisa merawatnya dengan sepenuh hati. Rawatlah kura-kura tadi dengan baik setiap hari. Perawatan harian meliputi memandikan kura-kura, membersihkan kandang, menjemur kura-kura, dan memberinya pakan. Perawatan ini harus dilaksanakan setiap hari dan tidak boleh terlewatkan.

  1. Menjaga Kesehatannya

Pantau terus kondisi kura-kura yang Anda pelihara. Sebab bila sakit, pertumbuhannya pun bakal terhambat. Anda harus memastikan kura-kura tersebut dalam kondisi yang sehat dengan memperhatikan ciri-ciri yang ditunjukkannya. Kura-kura yang sehat memiliki nafsu makan tinggi. Sehingga ketika kura-kura mengalami sakit, Anda bisa langsung memberikan penanganan yang tepat sesuai gejala-gejala awal yang muncul.

  1. Berikan Pakan yang Banyak

Kalau ingin kura-kura Anda cepat besar, Anda bisa memberinya pakan yang banyak. Kami sarankan berikan pakan kepadanya sebanyak tiga kali per hari. Pagi, siang, dan sore hari Anda wajib memberikan pakan ke kura-kura. Berikan pakan ini sedikit demi sedikit. Jika kura-kura masih mau memakannya, Anda bisa menambahkan pakan lagi. Begitu seterusnya sampai si kura-kura terlihat berhenti makan karena sudah kenyang.

  1. Jemur di Sinar Matahari

Penjemuran wajib dilakukan terhadap kura-kura yang Anda pelihara. Bukan hanya untuk menghangatkan tubuhnya, tetapi juga mampu meningkatkan nafsu makannya. Tidak masalah apakah Anda mau menjemurnya saat pagi, siang, atau sore hari. Namun saat menjemur ini Anda harus tetap menjaganya. Sebab kalau terlalu lama dijemur, kura-kura akan mati karena dehidrasi dan kepanasan.

  1. Buat Kandang yang Nyaman

Sama seperti manusia yang akan merasa betah saat tinggal di rumah yang nyaman, begitu juga dengan kura-kura. Kura-kura akan merasa bahagia dan bisa menikmati hidupnya ketika Anda meletakkannya di kandang yang nyaman. Tolak ukur kandang yang nyaman bagi kura-kura ini berbeda-beda sebab habitat alaminya pun tidak sama. Tugas Anda harus mempelajari asal usul jenis kura-kura yang Anda pelihara, lalu buat kandang yang sesuai dengan habitat aslinya.

  1. Berikan Pakan Favoritnya

Secara umum, ada tiga jenis kura-kura yaitu kura-kura darat, kura-kura air, dan kura-kura semi. Ketiganya sama-sama merupakan binatang omnivora. Berarti kura-kura mau mengonsumsi apa saja yang kita berikan untuknya, baik itu tumbuh-tumbuhan maupun daging-dagingan. Namun tahukah Anda kalau kura-kura juga mempunya makanan favorit? Kura-kura darat paling suka memakan kembang sepatu. Sedangkan kura-kura air sangat menyukai udang.

  1. Berikan Vitamin Tambahan

Untuk memenuhi kebutuhan gizi kura-kura, Anda bisa memberikan vitamin tambahan selain pakan utamanya. Vitamin ini berguna untuk mendukung pertumbuhan si kura-kura serta menjaga nafsu makannya tetap tinggi. Jika Anda mengalami kesulitan ketika memberikan vitamin, Anda bisa mencampurkannya ke dalam pakan. Berikan vitamin ini sesuai dengan dosis anjuran yang tercantum di kemasannya.