Agar Labi-labi Cepat Besar, Ini 5 Kunci Utamanya!

Kura-kura air tawar disebut pula labi-labi atau bulus. Labi-labi merupakan kura-kura aquatic. Dia menghabiskan seluruh waktu hidupnya di dalam air. Seluruh aktivitas hidupnya dilakukan di air. Labi-labi hanya akan naik ke daratan untuk bertelur saja. Pantaslah bila kakinya memiliki selaput renang yang cukup besar. Beberapa spesies labi-labi bahan mempunyai kaki yang mirip seperti penyu. Misalnya seperti labi-labi moncong babi dari Papua.

Saat merawat labi-labi, Anda tidak boleh menyamakannya dengan merawat kura-kura semi-aquatic seperti kura-kura brazil, kura-kura ambon, atau kura-kura dada merah. Sebab labi-labi bukanlah kura-kura yang dapat hidup di dua alam. Tentu saja Anda juga tidak boleh merawat labi-labi sebagaimana merawat kura-kura darat. Mengingat habitatnya berbeda, maka sudah pasti labi-labi membutuhkan perawatan khusus. Kurang lebih seperti merawat ikan.

Kami sudah pernah memberikan panduan lengkap tentang tata cara memelihara labi-labi alias bulus sebelumnya. Tapi jika Anda menginginkan bulus tersebut cepat tumbuh menjadi besar, Anda membutuhkan kiat-kiat khusus.

Berikan Makanan yang Banyak

Untuk membuat labi-labi peliharaan Anda cepat tumbuh besar, trik yang paling mudah yaitu memberinya makan dengan porsi yang cukup banyak. Semakin banyak dia makan, semakin banyak pula asupan nutrisi yang diterimanya. Hal ini akan membuat posturnya menjadi gendut dan bongsor. Alhasil labi-labi tersebut akan cepat membesar. Rata-rata penghobi kura-kura memberikan pakan setiap 1-2 hari sekali. Namun bila Anda menginginkan labi-labi agar cepat besar, berikan porsi makanan sebanyak 3-5 kali per hari.

Gunakan Pakan Berprotein Tinggi

Apa zat di dalam makanan yang dapat membantu mendukung pertumbuhan badan? Tidak lain jawabannya adalah protein. Protein memiliki peranan yang sangat penting dalam mendukung pertumbuhan kura-kura supaya cepat tumbuh menjadi besar. Jika Anda menginginkan labi-labi peliharaan Anda lekas membesar, maka gunakan lah pakan berprotein tinggi sebagai makanan utamanya. Beberapa contoh pakan yang banyak mengandung protein di antaranya yaitu udang, ikan, jangkrik, cacing, ulat hongkong, jentik-jentik nyamuk, dan daging ayam.

Pelet Lebih Efektif Membesarkan

Kalau Anda menginginkan labi-labi yang dipelihara di dalam akuarium cepat tumbuh menjadi besar, Anda bisa menggunakan pelet sebagai makanan utamanya. Dibandingkan dengan pakan alami, pelet lebih efektif dalam membesarkan labi-labi dan kura-kura yang lainnya. Hal ini tidak terlepas dari kandungan nutrisi di dalamnya yang begitu tinggi. Pelet juga banyak mengandung protein yang bagus untuk mendukung pertumbuhan labi-labi. Rutin memberikan pelet kepada labi-labi akan membuatnya cepat tumbuh menjadi besar.

Jagalah Kebersihan dan Kandangnya

Kesehatan labi-labi juga perlu senantiasa dijaga agar nafsu makanannya senantiasa terkontrol. Labi-labi yang sehat akan lahap memakan pakannya. Nafsu makannya begitu tinggi dalam menghabiskan pakan yang telah Anda berikan. Guna menjaga kesehatan labi-labi tersebut, Anda perlu rutin membersihkan tubuhnya serta kandangnya. Labi-labi perlu rutin dimandikan setiap hari, atau setidaknya setiap 3 hari. Gosok tubuh labi-labi tersebut secara merata dengan sikat gigi. Bila perlu, gunakan pasta gigi sebagai bahan pembersihnya. Selain itu, Anda juga perlu membersihkan kandang labi-labi.

Rajin Menjemur Saat Pagi Hari

Aktivitas menjemur kura-kura tidak hanya ditujukan untuk kura-kura darat saja, tapi kura-kura air dan kura-kura semi-aquatic pun perlu dijemur secara berkala. Kegiatan menjemur ini memiliki manfaat yang bagus untuk labi-labi. Tidak hanya menghangatkan tubuhnya saja, sinar matahari yang mengenai labi-labi akan merangsang pembentukan vitamin D yang bermanfaat untuk mendukung pertumbuhannya. Labi-labi yang rutin dijemur akan senantiasa sehat dan cepat tumbuh besar. Jadi jangan pernah melewatkan aktivitas ini ya!